Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi António Guterres, Sekjen PBB Ke-9


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau dalam bahasa Inggrisnya United Nation merupakan organisasi dunia yang menaungi banyak organisasi internasional lainnya. Tujuan utama dibentuknya organisasi ini karena ingin mencapai perdamaian dunia, karena sebelumnya telah terjadi Perang Dunia II.


Hingga saat ini, PBB telah berganti kepemimpinan sebanyak 9 kali. Dan saat ini posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB pegang oleh seorang berkebangsaan Portugal, yakni António Guterres.


Ia terpilih menggantikan Sekjen PBB sebelumnya yang berasal dari Korea Selatan bernama Ban Ki-Moon. 


Sebelum menjadi Sekjen di organisasi terbesar dunia ini, António pernah menjadi salah satu anggota perlemen di negara asalnya, Portugal dan menjabat selama 17 tahun. Selama berkarir di parlemen, ia ditempatkan beberapa kali di komisi, seperti Komisi Ekonomi, Finansial, dan Perencanaan, serta Komisi Administrasi Teritorial, Perkotaan, dan Lingkungan.


Bahkan ia juga pernah menjadi kepala fraksi partainya di parlemen. Di tahun 1992, Sekjen PBB ini didaulat menjadi Sekjen Partai Sosialis, yang merupakan partainya sendiri. Disitu ia menjabat selama tiga tahun.


Kemudian António kembali terpilih menjadi Perdana Menteri Portugal yang menjabat selama tujuh tahun dan berakhir di tahun 2002. Saat itu ia turut aktif dalam menyelesaikan krisis di Timor Timur.


António Guterres adalah sosok yang aktif berkegiatan, terlihat saat masih menjadi Perdana Menteri, ia juga ikut andil dalam ranah multilateral yang dikhususkan di kawasan Eropa. Saat itu ia menjadi Presiden European Council di tahun 2000.


Setelah karir di pemerintahan dan politiknya berakhir, namun masih aktif di ranah multilateral membuatnya dipercaya menjadi United Nations High Commissioner for Refugees pada Juni 2005 hingga Desember 2015.


Pada tanggal 13 Oktober 2016, didalam Sidang Umum PBB, ia terpilih menjadi Sekjen PBB secara aklamasi oleh 193 negara. Selama menjadi Sekretaris Jendral organisasi dunia ini, António memegang peranan penting sebagai kepala administrasi, serta menjadi juru bicara yang mengutamakan kepentingan masyarakat dunia.


Dengan terpilihnya António Guterres sebagai pemimpin ke-9 Perserikatan Bangsa-Bangsa, dapat membawa harapan dan optimisme baru di organisasi tersebut.


Biografi António Guterres

António Manuel de Oliveira Guterres lahir di Santos-o-Velho, Lisboa, Portugal, 30 April 1949. Ia adalah putra dari pasangan Virgilio Dias Guterres dan Ilda Candida de Oliveira. Mereka sekeluarga memeluk agama Katholik.


Ia pernah bersekolah di Camoes Secondary School dan merupakan lulusan dari University of Lisbon pada tahun 1971, Instituto Superior Técnico (Lulusan dibidang teknik dan fisika).


Sebelum merambah ke dunia politik, António Guterres pernah menjadi seorang akademis, namun hanya bisa bertahan hingga tahun 1974.


António Guterres sebelumnya pernah menikah dengan Luísa Guimarães e Melo di tahun 1972. Sayangnya sang istri meninggal pada tahun 1998. Ia kemudian menikah lagi dengan Catarina Vaz Pinto pada tahun 2001.


Sekretaris Jenderal PBB ke – 9 ini dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Pedro Guimaraes e Melo Guterres dan Mariana Guimaraes e Melo de Oliveira Guterres.


Itulah informasi seputar perjalanan karir dan biografi singkat dari Sekjen PBB ke-9, António Guterres. Semoga menambah pengentahuan kamu tentang organisasi-organisasi dunia serta pemimpinnya.

Posting Komentar

0 Komentar