Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Prabowo Subianto, Mantan Letnan Jendral TNI Kini Jadi Capres 2024


Prabowo Subianto Djojohadikusumo dilahirkan di Jakarta pada 17 Oktober 1951. Ia merupakan anak ketiga dan putra pertama dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo, yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah, dan Dora Marie Sigar, yang lebih dikenal sebagai Dora Soemitro. Ibu Prabowo adalah seorang wanita Kristen Protestan berdarah Minahasa, yang berasal dari keluarga Maengkom di Langowan, Sulawesi Utara, dan merupakan cucu dari Benyamin Thomas Sigar, seorang prajurit yang menangkap Diponegoro pada tahun 1830. Meskipun Ibunya memeluk agama Kristiani, namun agama Prabowo Subianto adalah Islam

Sedangkan dari pihak ayahnya, Prabowo adalah cucu dari Margono Djojohadikusumo, yang merupakan pendiri Bank Negara Indonesia dan Ketua Dewan Pertimbangan Agung yang pertama. Nama pertamanya diambil dari pamannya, Kapten Soebianto Djojohadikoesoemo, seorang perwira Tentara Keamanan Rakyat yang gugur dalam Pertempuran Lengkong pada Januari 1946 di Tangerang.

Keluarga Djojohadikusumo juga memiliki catatan keturunan yang menarik. Mereka dikatakan berasal dari Raden Tumenggun Kertanegara, seorang panglima laskar Pangeran Diponegoro di wilayah Kedu, serta Adipati Mrapat, yang merupakan bupati Banyumas yang pertama. Oleh karena itu, garis keturunan keluarga ini dapat ditelusuri hingga pada penguasa-penguasa awal Kesultanan Mataram.

Maka tidak heran apabila masa kecil Prabowo banyak dihabiskan di luar negeri, terutama setelah ayahnya terlibat dalam perlawanan terhadap pemerintahan Presiden Soekarno dalam Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia di Sumatera Barat. Prabowo menyelesaikan pendidikan menengahnya di luar negeri, menghadiri Victoria Institution di Kuala Lumpur, Malaysia; Zurich International School di Zurich, Swiss; dan The American School di London, Inggris. Setelah Soekarno jatuh dari kekuasaan dan Soeharto mengambil alih, keluarga Soemitro kembali ke Indonesia. Prabowo kemudian masuk ke Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Pada bulan Mei tahun 1983, Prabowo menikahi Siti Hediati Hariyadi, yang merupakan putri dari Presiden Soeharto dan Tien Soeharto. Pasangan Prabowo dan Siti Hediati memiliki seorang anak laki-laki bernama Ragowo Hediprasetyo atau Didiet. Namun, pernikahan mereka tidak berlangsung lama. Tak lama setelah Orde Baru runtuh pada tahun 1998, mereka berpisah. Anak prabowo subianto yaitu Didiet, tumbuh besar di Boston, Amerika Serikat, dan memilih karier sebagai desainer yang berbasis di Paris, Prancis.

Biodata Prabowo Subianto:

Nama: Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Keluarga: Soemitro Djojohadikusumo (Ayah), Dora Marie Sigar (Ibu)

Saudara: Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati (Kakak) Hashim Djojohadikusumo (Adik)

Istri  : Siti Hediati Hariyadi / Titiek Soeharto (menikah tahun 1983–1998)

Anak: Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo / Didit Hediprasetyo

Agama: Islam

Media Sosial: 

Instagram: @Prabowo

Twitter: @Prabowo

Riwayat Pendidikan Prabowo Subianto:

Elementary School (Hongkong)

Victoria Institution (Malaysia)

Zurich International School (Swiss)

American School In London, United Kingdom (Inggris)

AKABRI Magelang

Sekolah Staf Dan Komando TNI-AD

Perjalanan Karier

Dalam karier militernya, Prabowo pernah menduduki posisi puncak di Kopassus dari tahun 1996 hingga 1998. Ia juga sempat menjabat sebagai Panglima Kostrad pada tahun 1998, meskipun masa jabatannya tidak berlangsung lama karena situasi politik nasional yang berubah pada saat itu.

Setelah pensiun dari karier militer, Prabowo tinggal di Yordania dan Jerman. Selama masa itu, ia terlibat dalam berbagai bisnis bersama adiknya, Hasyim, yang telah lebih dulu menjadi seorang pengusaha. Kemudian, Prabowo kembali ke Indonesia dan memasuki dunia politik.

Karier politik Prabowo Subianto dimulai sejak 2004 silam, dimana dirinya pernah mencalonkan dirinya sebagai presiden dari Partai Golkar melalui Konvensi Capres 2004. Padahan saat itu tahap awal pencalonan paling awal melalui internal partai.

Walaupun Pria kelahiran Jakarta ini masih sempat bertahan di putaran pertama, Ia kalah suara oleh Wiranto dan juga mengakui keunggulannya dalam jumlah suara. Maka Prabowo gagal sebagai calon Presiden di Pemilu 2004.

Setelah beberapa tahun kemudian, Prabowo berinisiatif bersama dengan tokoh-tokoh politik besar seperti Hashim Djojohadikusumo, Fadli Zon, dan Muchdi Purwopradjono (Deputi V Badan Intelijen Negara Bidang Penggalangan), mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 6 Februari 2008.

Prabowo dan koleganya berhasil membawa partainya meraih suara 4,46 persen dalam Pemilu Legislatif Indonesia pada 2009. Gerinda pun sukses menempatkan 26 wakilnya di DPR RI.

Sementara pada pemilu 2009, Prabowo digandeng Megawati Soekarno untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden (cawapres) melawan pasangan Yudhoyono Boediono. Namun hasilnya sama seperti sebelumnya yaitu kalah.

Gagal di pemilu 2009, Tak membuat Prabowo gentar untuk maju lagi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2014. Kali ini ia optimis menjadi capres, dengan menggandeng Hatta Rajasa. Namun hasilnya tetap sama seperti sebelumnya.

Setelah lima tahun, pada pemilu 2019 Prabowo maju lagi, didamping oleh Sandiaga Uno seorang pengusaha kondang Indonesia. Sayangnya hasilnya masih sama seperti 2014 silam.

Meskipun kalah beberapa kali, Prabowo tetap optimis menjadi capres tahun ini, dengan menggandeng Gibran Rakabuming Raka, untuk mencapai capres dan cawapres dalam kontestasi Pemilu 2004 ini.

Cawapres Prabowo subianto Gibran Rakabuming Raka, Anak Sulung dari Joko Widodo Presiden Indonesia.

Kehidupan pribadi prabowo subianto

Prabowo Subianto menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, putri dari Presiden Soeharto dan Tien Soeharto, pada bulan Mei 1983. Pasangan ini dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Ragowo Hediprasetyo.

Anak Prabowo Subianto tumbuh besar di Boston, Amerika Serikat, dan mengejar karier sebagai seorang desainer di Paris, Prancis.

 Sayangnya, pernikahan Prabowo dan Siti Hediati tidak berjalan hingga usia tua, mereka memutuskan untuk berpisah pada tahun 1998. Meskipun mereka telah lama berpisah mereka berdua masih menjalin hubungan silaturahim yang baik, dan sama-sama tetap sendiri dan tidak menikah lagi bahkan sampai mereka tua.

Kekayaan prabowo subianto

Berdasarkan informasi dari laporan Harta Kekayaab Penyelenggara Negara (LHKPN) tercatat harta kekayaan Prabowo Subianto mencapai 2 Triliun. Dimana harta tersebu terbagi dari 10 bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan, Kota Bogor maupun Kabubapten. Jumlah kekayaan aset tanah dan bangunan Prabowo mencapai Rp. 275.320.450.000. Prabowo juga tercatat memiliki aset kendaraan bergerak senilai Rp 1.258.500.000 yang terdiri dari tujuh mobil dan satu motor. Selain itu, ia juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp 16.415.023.500, surat berharga senilai Rp 1.701.879.000.000, serta harta dalam bentuk kas dan setara kas mencapai Rp 47.809.759.191. Dalam laporan LHKPN terbaru yang dilaporkan sejak tanggal 18 Oktober 2023 lalu, Prabowo dicatat tidak memiliki hutang apapun.

Posting Komentar

0 Komentar