Ticker

6/recent/ticker-posts

Dari Solo ke Istana: Inilah Profil dan Biografi Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo pada tanggal 1 Oktober 1987, merupakan anak sulung dari pasangan Joko Widodo dan Iriana, dan memiliki dua adik, yaitu Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Sejak usia dini, Gibran tumbuh di kota kelahirannya. 

Namun, setelah menyelesaikan SMP, ia melanjutkan pendidikannya di Orchid Park Secondary School, Singapura. 

Gibran kemudian melanjutkan studinya di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch, Sydney, Australia, dan berhasil menyelesaikan pendidikan pada tahun 2010 setelah tinggal di luar negeri selama hampir delapan tahun.

Meskipun hidup jauh dari keluarga, Gibran tumbuh mandiri dan mengejar pendidikannya dengan tekun. 

Pada tahun 2005, saat Gibran masih di luar negeri, ayahnya, Joko Widodo, menjabat sebagai walikota Solo. 

Setelah kembali ke Indonesia, ayahnya mengalami kenaikan jabatan menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan kemudian terpilih sebagai Presiden RI ke-7 untuk periode 2014-2019.

Meski memiliki ayah yang menjabat sebagai presiden, Gibran memilih untuk membangun karirnya sendiri tanpa memanfaatkan posisi orang tuanya. 

Ia memulai perjalanan bisnisnya dengan mendirikan catering Chilli Pari pada Desember 2010. Karena keberhasilannya dalam bisnis tersebut, Gibran dipercaya sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. 

Selain itu, ia juga mendirikan House of Knowledge, sebuah lembaga pelatihan bagi karyawan lepas catering Chilli Pari, terutama dalam keterampilan berbahasa Inggris.

Gibran juga bersama adiknya, Kaesang Pangarep, mengembangkan bisnis Kafe Markobar yang awalnya berlokasi di Solo dan berhasil mencuri perhatian di media sosial. 

Selanjutnya, Gibran mengeksplorasi bisnis reparasi produk Apple dengan mendirikan Icolor, yang menawarkan layanan reparasi di lokasi pelanggan.

Tak hanya itu, Gibran kembali berkolaborasi dengan adiknya untuk meramaikan dunia e-commerce dengan menjual jas hujan bertuliskan "Tugas Negara Bos!" dengan harga terjangkau.

Dalam hal asmara, pada bulan Juni 2015, Gibran menikahi Putri Solo Selvi Ananda Putri. 

Pasangan ini diberkahi dengan seorang putra bernama Jan Ethes Srinarendra, yang lahir pada 10 Maret 2016 dan La Lembah Manah yang lahir pada 15 November 2019.

Meskipun sebagai anak presiden, Gibran Rakabuming tetap memilih menjalani kehidupannya dengan penuh inovasi, berusaha membuka lapangan kerja baru, dan membangun karirnya sendiri secara mandiri.

KELUARGA

Orang Tua        : Joko Widodo dan Iriana

Saudara            : Kahiyang Ayu (adik)

                           Kaesang Pangarep (adik)

Istri                   : Selvi Ananda Putri

Anak                 : Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah

PENDIDIKAN

Orchid Park Secondary School, Singapura (2002)

Management Development Institute of Singapore (MDIS) (2007)

University of Technology Insearch, Sydney, Australia (2010)

KARIER

Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo

Pemilik Katering Chilli Pari

Pemilik Kafe Markobar

Pemilik Pastel (Pasta Buntel)

Pemilik Icolor

Posting Komentar

0 Komentar