Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Presiden Republik Indonesia ke-4, K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur)


K.H Abdurrahman Wahid, atau yang sering kita kenal dengan sebutan Gus Dur, lahir pada tanggal 7 September 1940 di Jombang, Jawa Timur.

Nama aslinya adalah Abdurrahman ad-Dakhil yang memiliki makna sang penakluk, ia merupakan anak tertua dari 6 bersaudara yang terlahir dari pasangan bapak Wahid Hasyim dan ibu Sholehah.

K.H Abdurrahman Wahid terlahir dari keluarga terpandang, kakeknya yang bernama K.H Hasyim Asyari merupakan pendiri komunitas Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama atau sering disingkat sebagai NU.

Ayah K.H Abdurrahman Wahid juga merupakan orang penting, ayahnya pernah menduduki jabatan sebagai Mentri Agama pada tahun 1949. Sementara ibunya merupakan anak dari pendiri Pondok Pesantren Denanyar di daerah Jombang.

Lalu mengapa presiden keempat Indonesia ini mendapat panggilan Gus Dur? Panggilan Gus Dur ia dapat karena beliau dilahirkan didalam lingkungan pesantren.

Kata Gus didapat dari singkatan kata Bagus, yakni sebutan untuk anak kyai yang diberikan sebagai bentuk penghormatan di daerah Jawa.

Sedangkan sebutan Dur merupakan singkatan dari namanya sendiri yakni Abdurrahman. Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord dinda jangan marah marah ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.



Gus Dur pernah menempuh pendidikan dasar di 2 sekolah yang berada di Jakarta yakni SD Kris, kemudian pindah ke SD Matraman Perwari.

Lalu pada tahun 1954 dia melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMP, namun saat sekolah disana dia mengalami tidak naik kelas.

Kemudian ibunya mengirimnya ke daerah Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikannya, Gus Dur pun tamat pada tahun 1957.

Setelah itu, Gus Dur memulai pendidikan agama di Pesantren Tegalrejo yang berada di Kota Magelang dan setelah 2 tahun ia kembali pindah sekolah yakni ke Pesantren Tembakberas yang berada di Kota Jombang.

Sambil bersekolah, dia juga mengajar di sebuah madrasah dan pada akhirnya juga menjadi kepala sekolah.

Pada tahun 1963, K.H Abdurrahman Wahid pernah mendapatkan beasiswa dari Departemen Agama untuk belajar di Universitas Al Azahar, Kairo, Mesir, namun sayang tidak selesai.

Tetapi ia tidak menyerah, dia tetap melanjutkan pendidikan agamanya yakni menempuh pendidikan di Universitas Baghdad dan tamat pada tahun 1970.

Kemudian ia ingin melanjutkan bersekolah di Universitas Leiden, namun sayang ijazah pendidikan dari Universitas Baghdad tidak diakui oleh universitas itu. Akhirnya beliau pun beralih ke Jerman dan Prancis, dan pada tahun 1971 kembali lagi ke Indonesia.

Setelah kembali, K.H Abdurrahman Wahid bekerja sebagai Sekretaris Umum Pesantren Tebu Ireng hingga tahun 1980 dan pada tahun 1984, dia diangkat sebagai Ketua Dewan Tahfiz PBNU.

Setelah 3 tahun menjabat, ia naik jabatan menjadi anggota MPR RI dan pada tanggal 20 Oktober 1999 23 Juli 2001 K.H Abdurrahman Wahid diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia dengan Megawati Soekarnoputri sebagai wakilnya.

Karena di masa dimasa jabatannya, terdapat banyak masalah pada tanggal 23 Juli 2001, K.H Abdurrahman Wahid berhenti sebagai presiden.

Pada tahun 2009 dia mengalami komplikasi yakni mulai dari stroke, diabetes, sampai gangguan ginjal. Setelah beberapa lama berjuang melawan penyakit pada tanggal 30 Desember 2009 ia pun meninggal tepatnya pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Kemudian dimakamkan di sebelah utara makam kakeknya yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Cukir, Jombang.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran