Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil dan Biodata Budiono, Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia

Budiono adalah seorang politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Ia lahir pada tanggal 4 Agustus 1941 di Semarang, Jawa Tengah. Budiono memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan mengambil gelar doktor dalam bidang ekonomi dari Universitas Illinois, Amerika Serikat.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden, Budiono memiliki pengalaman yang luas dalam bidang ekonomi dan keuangan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia pada periode 2005-2010, dan sebelumnya bekerja di berbagai lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia.

Pada tahun 2009, Budiono menjadi pasangan calon Wakil Presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono dalam pemilihan umum presiden. Pasangan ini berhasil memenangkan pemilihan dan Budiono dilantik sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2009. Ia menjabat sebagai Wakil Presiden hingga akhir masa jabatan pada tahun 2014.

Selama masa jabatannya sebagai Wakil Presiden, Budiono terlibat dalam berbagai kebijakan ekonomi dan pembangunan di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai sosok yang mengedepankan pendekatan ekonomi yang berfokus pada pemberantasan kemiskinan dan pengentasan kesenjangan sosial.

Setelah masa jabatannya sebagai Wakil Presiden berakhir, Budiono kembali fokus pada keterlibatannya dalam bidang ekonomi dan kebijakan publik. Ia masih aktif dalam beberapa organisasi dan kelompok advokasi ekonomi di Indonesia.

Biodata Budiono 

Berikut adalah biodata singkat mengenai Budiono, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia:

Nama Lengkap: Dr. H. Muhammad Budiono

Tempat Tanggal Lahir: Semarang, 4 Agustus 1941

Pendidikan:

S-1 Ekonomi Pertanian dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia

S-2 Ilmu Ekonomi dari Iowa State University, Amerika Serikat

S-3 Ilmu Ekonomi dari University of Illinois, Amerika Serikat

Karier:

Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM)

Direktur Eksekutif Bank Indonesia

Direktur Pelaksana Bank Dunia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia (2004-2005)

Menteri Keuangan Indonesia (2005-2010)

Wakil Presiden Republik Indonesia (2009-2014)

Prestasi:

Menerima berbagai penghargaan dalam bidang ekonomi dan keuangan

Partai Politik: Partai Demokrat

Budiono dikenal sebagai seorang ekonom dengan pengalaman internasional yang luas. Selain perannya dalam pemerintahan dan lembaga keuangan, ia juga dikenal sebagai pendidik di bidang ekonomi. Sebagai Wakil Presiden, ia terlibat dalam berbagai kebijakan ekonomi dan pembangunan nasional.

Itulah profil dan biodata Budiono mantan Wakil Presiden Republik Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar