Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew


Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan.


Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh.


Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional.


Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew.


Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew dan juga akan di jelaskan peran Lee Kuan Yew bagi Negara Singapura.



Lahir pada 16 September 1923, di Singapura, Lee Kuan Yew adalah keturunan dari generasi keempat keluarga China Hakka yang sudah tinggal sejak 1863 di Singapura. Namanya sendiri memiliki arti Cahaya yang cerah dan membawa kejayaan dari leluhur.


Lee pernah bersekolah di SD Telok Kurau, Raffles Institution dan Raffles College. Namun dimasa Perang Dunia II pada 1942-1945 dan penduduk Jepang berada di Singapura saat itu, sempat membuat beliau menunda kuliahnya.


Kemudian dia menyelesaikan pendidikannya di sekolah lokal. Saat itu dia mengambil jurusan bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Dari situlah Lee bekerja sebagai penulis laporan Sekutu bagi Jepang, serta editor bahasa Inggris untuk Koran Jepang, Hobudu (alat propaganda Jepang).


Kemudian, Lee Kuan Yew masuk ke London School of Economics and Political Science, di Inggris. Dari sana, dia meraih gelar sarjana hukum Fitzwilliam Colege di Cambridge. Dan di tahun 1950, Lee muda memutuskan kembali ke negaranya, Singapura dan bekerja sebagai pengacara di biro Laycock & Ong.


Karier Politik Lee Kuan Yew



Sosok Lee Kuan Yew bersama temannya di kelas menengah pendidikan di Inggris membentuk sebuah partai yang dinamai Partai Aksi Rakyat (PAP). PAP mereka dirikan karena memiliki tujuan yang mendorong pemerintahan Singapura yang berdaulat sehingga masa-masa kolonialisme Britania Raya berakhir [ada 1954.


Lima tahun kemudian, Lee Kuan Yew terpilih sebagai Perdana Menteri pertama di Singapura. Beliau menggantikan posisi kepala menteri Singapura, David Saul Masrshall. Lee menjabat sebapai kepala pemerintahan Negara Singapura selama 31 tahun.


Bagaimana masa kepemimpinan Lee Kuan Yew di Negara Singapura? Pasti banyak yang mempertanyakan hal ini.


Selama Lee menjabat sebagai orang nomor satu di Singapura, dia dianggap sebagai kepala Negara yang otoriter. Sistem kepemerintahannya lebih condong kepada kaum elit dan dia pernah mengatakan bahwa dirinya lebih suka ditakuti daripada disayang rakyatnya.


Kepala Negara Singapura ini juga dikenal sebagai perdana menteri yang suka melakukan NEPOTISME. Hal itu terbukti dari selama dia menjabat, beberapa anggota keluarganya memegang posisi terkemuka di bagian aspek kehidupan di Singapura.


Istri Lee, Kwa Geok Choo, tadinya merupakan salah satu kompanyon biro pengacara terkemuka Lee & Lee. Sedangkan anak-anaknya memegang posisi di berbagai badan usaha milik negara. Lee Hsien Loong kini menjabat sebagai Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Singapura serta Wakil Ketua Perusahaan Investasi Pemerintah (GIC) Singapura (ketuanya ialah ayahnya).


Lee Hsien Yang memegang posisi penting di perusahaan telekomunikasi SingTel. Anak perempuannya, Lee Wei Ling, mengurus Institusi Saraf Nasional. Menantu perempuannya, Ho Ching (istri Lee Hsien Loong), mengurus Temasek Holdings, sebuah perusahaan perseroan terkemuka yang memegang saham mayoritas di berbagai perusahaan pemerintah.


Pada November 1990, Lee Kuan Yew resmi mengundurkan diri dari kepala Negara Singapura. Kemudia dia kembali menjabat sebagai menteri senior pada cabinet Goh Chok  Tong.


Setelah 14 tahun vakum, terdengar kabar bahwa Lee dilarikan ke rumah sakit karena mengidap pneumonia, pada 5 Februari 2015. Dan pada 23 Maret 2015, Lee Kuan Yew mengembuskan nafas terakhirnya di usianya yang ke 91 tahun.


Itulah sekilas biografi singkat kepala negara Singapura, Lee Kuan Yew. Kamu juga mendengarkan lagu chord satu rasa cinta yang sangat banyak di putar orang hari-hari ini. Semoga melalui Blog ini, bisa menambah informasi yang kamu butuhkan. Sehingga kamu dapat lebih mengenal sosok Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew. Sampai ketemu di Blog-blog selanjutnya. See you…

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran