Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Kim Jong Un, Kepala Negara Korea Utara



Republik Rakyat Demokratis Korea atau yang lebih dikenal sebagai Korea Utara merupakan salah satu Negara yang berada di Asia Timur yang meliputi Semenanjung Korea. Ibukota Negara ini adalah Pyongyang yang juga menjadi kota terbesar Negara Korea Utara.


Negara yang memiliki luas wilayah 120.540 km2, berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Tiongkok dan Rusia di Utara, serta dengan Korea Selatan di sepanjang Zona Demiliterisasi Korea. Titik tertinggi Negara ini berada di Gunung Paektu-san yang mencapai 2.744 m (9.003 ft).


Korea Utara termasuk Negara yang menganut satu partai yang berada di bawah front penyatuan dan dipimpin oleh Partai Buruh Korea. Sistem Pemerintahan Negara ini mengikuti ideology Juche, yang merupakan gagasan dari Kim Il-sung, pemimpin Korea Utara yang pertama.


Beberapa Negara besar yang ada didunia ini, memandang Korea Utara sebagai Negara kediktatoran totaliter berpaham Stalinis.


Saat ini, Korea Utara dipimpin seorang kepala Negara bernama Kim Jong Un.  Apakah diantara kamu masih ada yang belum mengenal siapa Kim Jong Un? Sebelum kita membahas lebih dalam, sebaiknya kamu mendengarkan musik atau lagu chord runtah saat membaca artikel ini agar kamu lebih fresh. Langsung saja yuk, sama-sama mengenal sosok Kim Jong-un melalui biografinya.


Biografi Kim Jong Un


Lahir di Pyongyang, Korea Utara pada 8 Januari 1983, Kim Jong-un atau yang juga diromanisasikan sebagai Kim Jong-eun, Kim Jung-eun atau Kim Jong Un merupakan putra termuda dari pasangan Kim Jong Il, ayahnya yang merupakan pemimpin Korea Utara sebelumnya (1941-2011) dan Ko Yong Hee, ibunya. Dan cucu dari Kim Il-sung (1912-1994).


Kim Jong Un memiliki 5 saudara, yakni Kim Jong-chul, Kim Hye-kyung,  Kim Sol-song dan Kim Jong Nam, kakaknya  dan Kim Yo-jong adik Kim Jong Un.


Tidak banyak informasi yang bisa didapat terkait masa kecil orang nomor satu di Korea Utara ini. Informasi yang ada saat ini berasal dari pembelot Korea Utara atau orang-orang yang mengaku telah melihatnya.


Dilangsir dari media Jepang, Kim Jong-un pernah bersekolah di dekat Bern, Swiss dengan menggunakan identitas Chol Pak (Pak Chol) dari 1993 hingga 1998. Dilanjut bersekolah di negeri Liebefeld Steinhoelzli yang berada di Koenzi, dengan menggunakan identitas Pak Un dari tahun 1998 sampai 2000.


Setelah kembali dari Pyongyang, cucu Kim Il-sung ini meneruskan pendidikannya di Universitas Militer Kim II Sung, dari 2002 sampai 2007, dengan menyabet dua gelar sekaligus.


Di tahun 2009, Kim Jong-un mempersiapkan diri untuk menjadi putra mahkota menggantikan kakak tirinya, Kim Jong-nam.  Awalnya yang diunjuk sebagai pengganti ayahnya adalah Kim Jong-nam, namun dia mempermalukan rezim di 2001 dengan upaya gagal mengunjungi Disneyland Tokyo dengan menggunakan paspor palsu.


Alasan lain mengapa saudara tiri Kim Jong Un ini gagal memimpin, yakni karena sudah mendukung adanya reformasi.


Pada tanggal 15 Januari 2009, media Korsel Yonhap memberitakan Kim Jong-un telah diangkat menjadi pemimpin Korea Utara oleh Kim Jong Il, ayahnya. Dan mendapat julukan Yŏngmyŏng-han Tongji (dalam bahasa Indonesia artinya Kamerad Cerdas).


Kim Jong Un mendapat posisi di Komisi Pertahanan Nasiolan (NDC) pada bulan April dan dua bulan kemudian dia diangkat menjadi Kepala Departemen Keamanan Negara. Lalu dibulan September 2010, Kim kembali mendapat pangkat jenderal bintang empat walau tak memiliki pengalaman sedikit pun di bidang militer.


Akhirnya Resmi Menjadi Kepala Negara Korea Utara


Ayah Kim Jong-un meninggal pada 17 desember 2011 ketika sedang melakukan perjalanan ke luar Pyongyang menggunakan kereta. Diduga, Kim Jong Il terkena serangan jantung.


Kim Jong Un yang belum juga diangkat sebagai pengganti ayahnya, sempat memunculkan spekulasi diantara para analis yang menyakini pamannya, Jang Song Thaek-lah yang akan menjadi penerus sementara pemimpin sebelumnya.


Hal ini juga diduga karena Kim belum memiliki pengalaman yang cukup dalam memimpin sebuah Negara. Namun, semua spekulasi tersebut terbantahkan dengan diangkatnya Kim Jong-un sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara.


Status pengukuhannya didapat setelah dia mendapat berbagai posisi, seperti Sekretaris Perrtama Partai Buruh pada April 2012. Dan sampai saat ini, Kim Jong Un masih memimpin Korea Utara dengan ideologi Juche sebagai pandangan hidup dan sebagai identitas politik.


Keluarga Kim Jong-un


Kim Jong-un dinikahkan ayahnya pada tahun 2008 disaat Kim Jong Il telah terserang stroke. Namun, ada sumber lainnya yang mengungkapkan bahwa dia dan istrinya menikah pada tahun 2009. Wanita yang dinikahinya bernama Ri Sol-ju.


Saat itu istri Kim Jong un berusia 20 tahunan dan kini mereka memiliki seorang putri. Anak Kim Jong Un diberi nama Kim Ju-ae.


Itulah sekilas biografi singkat pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Semoga melalui blog ini, bisa menambah informasi yang kamu butuhkan. Sehingga kamu dapat lebih mengenal sosok Kepala Negara Korea Utara, Kim Jong Un. Sampai ketemu di blog-blog selanjutnya. See you..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran