Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi Kim Jong Un, Kepala Negara Korea Utara



Republik Rakyat Demokratis Korea atau yang lebih dikenal sebagai Korea Utara merupakan salah satu Negara yang berada di Asia Timur yang meliputi Semenanjung Korea. Ibukota Negara ini adalah Pyongyang yang juga menjadi kota terbesar Negara Korea Utara.


Negara yang memiliki luas wilayah 120.540 km2, berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Tiongkok dan Rusia di Utara, serta dengan Korea Selatan di sepanjang Zona Demiliterisasi Korea. Titik tertinggi Negara ini berada di Gunung Paektu-san yang mencapai 2.744 m (9.003 ft).


Korea Utara termasuk Negara yang menganut satu partai yang berada di bawah front penyatuan dan dipimpin oleh Partai Buruh Korea. Sistem Pemerintahan Negara ini mengikuti ideology Juche, yang merupakan gagasan dari Kim Il-sung, pemimpin Korea Utara yang pertama.


Beberapa Negara besar yang ada didunia ini, memandang Korea Utara sebagai Negara kediktatoran totaliter berpaham Stalinis.


Saat ini, Korea Utara dipimpin seorang kepala Negara bernama Kim Jong Un.  Apakah diantara kamu masih ada yang belum mengenal siapa Kim Jong Un? Yuk, sama-sama mengenal sosok Kim Jong-un melalui biografinya.


Biografi Kim Jong Un


Lahir di Pyongyang, Korea Utara pada 8 Januari 1983, Kim Jong-un atau yang juga diromanisasikan sebagai Kim Jong-eun, Kim Jung-eun atau Kim Jong Un merupakan putra termuda dari pasangan Kim Jong Il, ayahnya yang merupakan pemimpin Korea Utara sebelumnya (1941-2011) dan Ko Yong Hee, ibunya. Dan cucu dari Kim Il-sung (1912-1994).


Kim Jong Un memiliki 5 saudara, yakni Kim Jong-chul, Kim Hye-kyung,  Kim Sol-song dan Kim Jong Nam, kakaknya  dan Kim Yo-jong adik Kim Jong Un.


Tidak banyak informasi yang bisa didapat terkait masa kecil orang nomor satu di Korea Utara ini. Informasi yang ada saat ini berasal dari pembelot Korea Utara atau orang-orang yang mengaku telah melihatnya.


Dilangsir dari media Jepang, Kim Jong-un pernah bersekolah di dekat Bern, Swiss dengan menggunakan identitas Chol Pak (Pak Chol) dari 1993 hingga 1998. Dilanjut bersekolah di negeri Liebefeld Steinhoelzli yang berada di Koenzi, dengan menggunakan identitas Pak Un dari tahun 1998 sampai 2000.


Setelah kembali dari Pyongyang, cucu Kim Il-sung ini meneruskan pendidikannya di Universitas Militer Kim II Sung, dari 2002 sampai 2007, dengan menyabet dua gelar sekaligus.


Di tahun 2009, Kim Jong-un mempersiapkan diri untuk menjadi putra mahkota menggantikan kakak tirinya, Kim Jong-nam.  Awalnya yang diunjuk sebagai pengganti ayahnya adalah Kim Jong-nam, namun dia mempermalukan rezim di 2001 dengan upaya gagal mengunjungi Disneyland Tokyo dengan menggunakan paspor palsu.


Alasan lain mengapa saudara tiri Kim Jong Un ini gagal memimpin, yakni karena sudah mendukung adanya reformasi.


Pada tanggal 15 Januari 2009, media Korsel Yonhap memberitakan Kim Jong-un telah diangkat menjadi pemimpin Korea Utara oleh Kim Jong Il, ayahnya. Dan mendapat julukan Yŏngmyŏng-han Tongji (dalam bahasa Indonesia artinya Kamerad Cerdas).


Kim Jong Un mendapat posisi di Komisi Pertahanan Nasiolan (NDC) pada bulan April dan dua bulan kemudian dia diangkat menjadi Kepala Departemen Keamanan Negara. Lalu dibulan September 2010, Kim kembali mendapat pangkat jenderal bintang empat walau tak memiliki pengalaman sedikit pun di bidang militer.


Akhirnya Resmi Menjadi Kepala Negara Korea Utara


Ayah Kim Jong-un meninggal pada 17 desember 2011 ketika sedang melakukan perjalanan ke luar Pyongyang menggunakan kereta. Diduga, Kim Jong Il terkena serangan jantung.


Kim Jong Un yang belum juga diangkat sebagai pengganti ayahnya, sempat memunculkan spekulasi diantara para analis yang menyakini pamannya, Jang Song Thaek-lah yang akan menjadi penerus sementara pemimpin sebelumnya.


Hal ini juga diduga karena Kim belum memiliki pengalaman yang cukup dalam memimpin sebuah Negara. Namun, semua spekulasi tersebut terbantahkan dengan diangkatnya Kim Jong-un sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara.


Status pengukuhannya didapat setelah dia mendapat berbagai posisi, seperti Sekretaris Perrtama Partai Buruh pada April 2012. Dan sampai saat ini, Kim Jong Un masih memimpin Korea Utara dengan ideologi Juche sebagai pandangan hidup dan sebagai identitas politik.


Keluarga Kim Jong-un


Kim Jong-un dinikahkan ayahnya pada tahun 2008 disaat Kim Jong Il telah terserang stroke. Namun, ada sumber lainnya yang mengungkapkan bahwa dia dan istrinya menikah pada tahun 2009. Wanita yang dinikahinya bernama Ri Sol-ju.


Saat itu istri Kim Jong un berusia 20 tahunan dan kini mereka memiliki seorang putri. Anak Kim Jong Un diberi nama Kim Ju-ae.


Itulah sekilas biografi singkat pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Semoga melalui blog ini, bisa menambah informasi yang kamu butuhkan. Sehingga kamu dapat lebih mengenal sosok Kepala Negara Korea Utara, Kim Jong Un. Sampai ketemu di blog-blog selanjutnya. See you..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah