Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Kepala Negara di Dunia


Di dunia ini banyak wilayah baik itu daratan, perairan, maupun pegunungan yang sudah dibagi-bagi membentuk sebuah Negara. Dimulai dari Negara dengan wilayah terluas hingga terkecil, Negara berkembang hingga belum berkembang, Negara yang beriklim tropis hingga yang memiliki 4 iklim, dan masih banyak yang lainnya.

Adanya Negara bukan hanya sekedar wilayahnya yang luas, iklimnya yang banyak, atau yang lainnya melainkan factor-faktor pendukung penting lainnya sesuai kesepakatan bersama. Negara juga harus memiliki kepala Negara yang nantinya akan bertugas memipin Negara tersebut.

Baiklah, kali ini penulis akan berbagi sedikit informasi tentang Negara, syarat dikatakan sebagai Negara, dan juga kepala Negara. Jadi jangan dilewatkan informasi penting yang satu ini.

Pengertian Negara

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian Negara dibagi menjadi dua, yaitu:

Pertama, Negara dalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat.

Kedua, Negara adalah kelompok sosial yang menduduki suatu wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.

Secara umum, Negara adalah organisasi kekuasaan tertinggi yang berdaulat dengan kewenangan untuk mengatur perihal yang berhubungan dengan kepentingan bangsa.

Sebuah wilayah sah dikatakan sebagai Negara jika memiliki faktor primer dan sekunder penting berikut:

1. Faktor Primer, memiliki rakyat, memiliki wilayah, serta memiliki pemerinyah yang berdaulat, sedangkan

2. Faktor Sekunder, adanya pengakuan dari Negara lain.

Negara-negara yang ada didunia memiliki dua bentuk yang menunjukan kekuasaan sebuah Negara dipegang kepala Negara yang sebagai berikut.

a. Negara Kesatuan

Negara kesatuan adalah Negara yang kekuasaan tertingginya berada di pemerintahan pusat. Secara hierarki, Negara kesatuan merupakan Negara yang hanya terdiri atas satu Negara atau bersusun tunggal. Ciri-ciri Negara kesatuan sebagai berikut:

• Hanya terdiri atas satu undang-undang dasar, kepala Negara, dewan menteri dan dewan perwakilan rakyat.

• Kedaulatan Negara mencakup kedaulatan ke dalam dank e luar yang telah ditanda tangani oleh pemerintah pusat.

• Menganut dua sistem, yaitu sentralistik atau dari pusat dan desentralistik atau dari daerah.

• Hanya menggunakan satu kebijakan terhadap masalah yang dihadapi seperti ekonomi, sosial, politik, budaya, keamanan, dan pertahanan.

b. Negara Serikat

Negara serikat adalah bentuk Negara yang di dalamnya terdapat beberapa Negara yang disebut Negara bagian. Negara-negara tersebut ada yang merupakan penggabungan diri atau hasil pemekaran bagian.

Terdapat dua macam pemerintahan di dalam Negara serikat, yakni pemerintahan federal dan pemerintahan Negara bagian. Pemerintahan federal biasanya mengatur urusan bersama dari semua anggota Negara bagian seperti hubungan internasional, pertahanan, mata uang dan komunikasi.


Ciri-ciri dari Negara federasi sebagai berikut:

Kepala Negara yang telah dipilih rakyat dan bertanggung jawab terhadap seluruh rakyatnya.

Kepala Negara memiliki hak veto yang dapat diajukan oleh parlemen.

Tiap-tiap Negara bagian memiliki kekuasaan asli namun tidak memiliki kedaulatan.

Pemerintah pusat memiliki kedaulatan terhadap Negara bagian dalam urusan dalam maupun luar.

Kepala Negara



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebuah wilayah akan sah dikatakan sebagai sebuah Negara karena memiliki faktor primer dan sekunder, salah satunya adalah kepala Negara.

Negara adalah sebuah jabatan
atau kedudukan individual atau kolektif yang memiliki peran sebagai wakil tertinggi dari sebuah Negara, seperti federasi, repbulik, monarki, persekutuan atau bentuk-bentuk lainnya.

Kepala Negara yang terpilih memiliki tanggung jawab dan hak politis yang ditetapkan sesuai konstitusi sebuah Negara. Di beberapa Negara di dunia ini, terdapat dua cara dalam menentukan siapa kepala negaranya, yaitu dengan diadakannya Pemilihan Umum (rakyat yang memilih) dan berdasarkan garis keturunan sebuah kerajaan.

Oleh karena itu, di beberapa Negara bagian masih menggunakan sistem kepemerintahan secara kepresidenan dan kerajaan. Salah satu contoh nyata yang bisa kita lihat sendiri untuk Negara dengan sistem kepresidenan adalah Negara Indonesia, sementara sistem kerajaan di anut oleh Negara Inggris.

Itulah sekilas tentang Negara dan Kepala Negaranya. Di next blog, kita akan membahas Kepala Negara disetiap Negara yang ada. Mari sama-sama saling belajar, agar tidak ketinggalan informasi lainnya seputar kepala Negara yang ada diberbagai penjuru dunia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah