Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi Singkat Soekarno Bapak Proklamator Indonesia

17 Agustus 1945, warga Indonesia meraih kemenangan dari semua penjajah yang pernah menjajah tanah air. Kemerdekaan Indonesia sudah dirasakan selama 77 tahun.  Selama kemerdekaan itu, Indonesia telah 7 kali berganti sosok pemimpin Negara.


Presiden pertama Indonesia adalah Bapak Ir Soekarno Hatta. Presiden Soekarno mendapat julukan sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, sosok Soekarno adalah teladan karena kegigihannya dalam melawan penjajah, hingga membangun bangsa ini menjadi seperti saat ini.


Semua jasa-jasa sang Bapak Proklamator tidak akan lekang oleh waktu dan akan selalu dikenang seluruh bangsa di tanah air dari generasi ke generasi.


Profil Presiden RI Pertama


Dikutip dari laman Perpustakaan Nasional RI, Bapak Proklamator lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Beliau merupakan anak kedua dari dua bersaudara, yang lahir dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Sang kakak perempuan bernama Raden Soekarmini. Soekarno lahir dengan nama asli Koesno Sosrodihardjo. Namun karena sering sakit ketika kecil, nama tersebut diganti menjadi Soekarno yang terinspirasi dari nama Pewayangan, Karna.

Sang ayah Presiden RI pertama ini adalah seorang bangsawan kelas priyayi, sementara sang ibu berasal dari kalangan Brahmana.

Soekarno pertama kali masuk sekolah dasar pada tahun 1907, pada saat itu sekolah dasar disebut sekolah rakyat (SR). Beliau bersekolah di Tulung Agung Jawa Timur dan selama disana tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo.

Ditahun berikutnya, Soekarno kecil pindah sekolah ke Sekolah Dasar di Hollandsch Inlandsche School (HIS). Lalu kemudian melanjutkan sekolah ke Europesche Legore School (ELS) di Mojokerto pada tahun 1913. Setelah lulus, beliau kembali melanjutkan pendidikan di Hogere Burger School (HBS) di Surabaya.

Di masa itulah Soekarno bertemu dengan Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau H.O.S Tjokroaminoto. Ia bahkan pernah indekos di rumah pemilik pendiri Sarekat Islam itu.

Pada tahun 1921, menyelesaikan studinya di HBS yang kemudian kembali melanjut ke studi di Technische Hoge School (THS), yang kini dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung (ITB). Presiden Soekarno berhasil mendapatkan gelar insinyurnya pada 25 Mei 1926.

Selama hidup, Soekarno telah beberapa kali menikahi perempuan, yakni Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Kartini Manopo, Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar. Dari pernikahannya itu, Soekarno dikarunia 11 orang anak. Sebagian keturunan Soekarno ada yang mengikuti jejak sang ayah di dunia politik Indonesia.

Contohnya, Megawati Soekarnoputri, anaknya Soekarno yang pernah menjabat sebagai presiden ke-5 RI, Rachmawati Soekarnoputri, dan Sukmawati Soekarnoputri. Putra pertama Istri Soekarno yang bernama Fatmawati, Guntur Soekarnoputra justru tidak terjun ke dunia politik seperti dirinya dan adik-adik perempuannya.

Biodata Presiden RI Pertama



Nama Lengkap: Ir Soekarno

Nama Panggilan: Bung Karno

Julukan: Bapak Proklamator Indonesia

Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 6 Juni 1901

Agama: Islam

Nama Istri: Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Kartini Manopo, Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar

Nama Anak: Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, Guruh (dari Fatmawati) Taufan, Bayu (dari Hartini) Kartika (dari Ratna Sari Dewi)

Riwayat Pendidikan: HIS di Surabaya, Hogere Burger School (HBS), Technische Hoogeschool (THS) di Bandung

Meninggal: Jakarta, 21 Juni 1970

Dimakamkan: Blitar Jawa Timur


Itulah sekilas biografi singkat soekarno bapak proklamator Indonesia. Semoga isi dari blog ini menambah informasi kamu, sehingga kamu nantinya lebih mengenal sosok Presiden RI yang pertama ini. Sampai ketemu di Blog-blog selanjutnya. See you..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah