Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Singkat Soekarno Bapak Proklamator Indonesia

17 Agustus 1945, warga Indonesia meraih kemenangan dari semua penjajah yang pernah menjajah tanah air. Kemerdekaan Indonesia sudah dirasakan selama 77 tahun.  Selama kemerdekaan itu, Indonesia telah 7 kali berganti sosok pemimpin Negara.


Presiden pertama Indonesia adalah Bapak Ir Soekarno Hatta. Presiden Soekarno mendapat julukan sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, sosok Soekarno adalah teladan karena kegigihannya dalam melawan penjajah, hingga membangun bangsa ini menjadi seperti saat ini.


Semua jasa-jasa sang Bapak Proklamator tidak akan lekang oleh waktu dan akan selalu dikenang seluruh bangsa di tanah air dari generasi ke generasi.


Profil Presiden RI Pertama


Dikutip dari laman Perpustakaan Nasional RI, Bapak Proklamator lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Beliau merupakan anak kedua dari dua bersaudara, yang lahir dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Sang kakak perempuan bernama Raden Soekarmini. Soekarno lahir dengan nama asli Koesno Sosrodihardjo. Namun karena sering sakit ketika kecil, nama tersebut diganti menjadi Soekarno yang terinspirasi dari nama Pewayangan, Karna.

Sang ayah Presiden RI pertama ini adalah seorang bangsawan kelas priyayi, sementara sang ibu berasal dari kalangan Brahmana.

Soekarno pertama kali masuk sekolah dasar pada tahun 1907, pada saat itu sekolah dasar disebut sekolah rakyat (SR). Beliau bersekolah di Tulung Agung Jawa Timur dan selama disana tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo.

Ditahun berikutnya, Soekarno kecil pindah sekolah ke Sekolah Dasar di Hollandsch Inlandsche School (HIS). Lalu kemudian melanjutkan sekolah ke Europesche Legore School (ELS) di Mojokerto pada tahun 1913. Setelah lulus, beliau kembali melanjutkan pendidikan di Hogere Burger School (HBS) di Surabaya.

Di masa itulah Soekarno bertemu dengan Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau H.O.S Tjokroaminoto. Ia bahkan pernah indekos di rumah pemilik pendiri Sarekat Islam itu.

Pada tahun 1921, menyelesaikan studinya di HBS yang kemudian kembali melanjut ke studi di Technische Hoge School (THS), yang kini dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung (ITB). Presiden Soekarno berhasil mendapatkan gelar insinyurnya pada 25 Mei 1926.

Selama hidup, Soekarno telah beberapa kali menikahi perempuan, yakni Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Kartini Manopo, Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar. Dari pernikahannya itu, Soekarno dikarunia 11 orang anak. Sebagian keturunan Soekarno ada yang mengikuti jejak sang ayah di dunia politik Indonesia.

Contohnya, Megawati Soekarnoputri, anaknya Soekarno yang pernah menjabat sebagai presiden ke-5 RI, Rachmawati Soekarnoputri, dan Sukmawati Soekarnoputri. Putra pertama Istri Soekarno yang bernama Fatmawati, Guntur Soekarnoputra justru tidak terjun ke dunia politik seperti dirinya dan adik-adik perempuannya.

Biodata Presiden RI Pertama



Nama Lengkap: Ir Soekarno

Nama Panggilan: Bung Karno

Julukan: Bapak Proklamator Indonesia

Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 6 Juni 1901

Agama: Islam

Nama Istri: Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Kartini Manopo, Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar

Nama Anak: Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, Guruh (dari Fatmawati) Taufan, Bayu (dari Hartini) Kartika (dari Ratna Sari Dewi)

Riwayat Pendidikan: HIS di Surabaya, Hogere Burger School (HBS), Technische Hoogeschool (THS) di Bandung

Meninggal: Jakarta, 21 Juni 1970

Dimakamkan: Blitar Jawa Timur


Itulah sekilas biografi singkat soekarno bapak proklamator Indonesia. Semoga isi dari blog ini menambah informasi kamu, sehingga kamu nantinya lebih mengenal sosok Presiden RI yang pertama ini. Kepoin juga yuk chord pingal, lagu yang lagi viral saat ini. Sampai ketemu di Blog-blog selanjutnya. See you..

Posting Komentar

2 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)