Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Tugas dan Wewenang Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan dan Negara di Indonesia



Presiden merupakan kepala pemerintahan tertinggi di Negara Indonesia dan termasuk sebagai lembaga eksekutif.

Sebagai lembaga eksekutif, tugas utama presiden adalah menjalankan pemerintahan dan kedudukan sebagai kepala pemerintahan.

Masa jabatan presiden maksimal lima tahun dalam satu periode. Kemudian presiden bisa mencalonkan diri lagi untuk satu periode berikutnya, batas maksimal jabatan presiden hanya mampu selama dua periode saja.

Kekuasaan umum Presiden sebagai eksekutif berasal dari Undang-Undang Dasar dan Undang-Undang, termasuk pula kekuasaan administartif, legislatif, militer, dan diplomatik.

Agar lebih mudah dipahami, artikel ini akan menjelaskan tugas dan wewenang presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Berikut ini tugas dan wewenang presdien yang perlu kalian ketahui lengkap berdasarkan pasalnya dalam Undang-Undang:



          ·         Tugas Presiden sebagai kepala negara

1.       Memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angakatan Udara (undang-undang Pasal 10).

2.       Presiden memilih dan memutuskan pengangkatan duta dan konsul (Undang-undang Pasal 13 ayat 1).

3.       Menerima dan menempatkan duta negara lain dengan memerhatikan pertimbangan dari (DPR) Dewan Perwakilan Rakyat (Undang-undang Pasal 13 ayat 1).

 

           ·         Tugas Presiden sebagai kepala pemerintahan

1.       Memegang kekuasaan pemerintahan (Undang-Undang Dasar Pasal 4 ayat 1).

2.       Menetapkan peraturan pemerintahan untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya (Undang-undang Pasal  3 ayat 2).

3.       Mengangkat dan memberhentikan para menteri (Undang-undang Pasal 17 ayat 2).

4.       Mengesahkan rancangan Undang-Undang yang telah disetujui bersama untuk menjadi Undang-Undang baru (Undang-undang Pasal 2 ayat 4).

5.       Merancang Undang-undang Anggran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang kemudian diajukan presiden untuk dibahas bersama DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD, (Undang-undang Pasal 23 ayat 2).

6.       Meresmikan anggota BPK yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD, (Undang-undang Pasal 23F ayat 1).

7.       Memberikan persetujuan dan menetapkan Hakim Agung yang pencalonannya diusulkan oleh komisi yudisial dan DPR (Undang-undang Pasal 24A ayat 3).

8.       Mengangkat dan memberhentikan anggota yudisial dengan persetujuan DPR, (Undang-undang Pasal 24B ayat 3).

9.       Menetapkan anggota hakim konstitusi di MK yang diajukan oleh MA, DPR, dan Presiden, (Undang-Undang Pasal 24C ayat 3).

 

           ·         Wewenang dari Presiden

1.       Dapat mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR untuk akhirnya ditindaklanjuti, (Undang-Undang Pasal 5 ayat 1).

2.       Dapat menyatakan perang,membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain melalui persetujuan DPR, (Undang-Undang Pasal 11 ayat 1).

3.       Dapat membuat perjanjian internasional lainnya yang dapat menimbulkan akibat yang luas dan mendasar bagi kehidupan rakyat yang terkait dengan beban keuangan negara dan/atau mengharuskan pembentukan dan perubahan UU dengan persetujuan DPR (Undang-Undang Pasal 11 ayat 2).

4.       Berwenang menyatakan keadaan bahaya yang syarat-syarat dan akibatnya dalam keadaan bahaya telah ditetapkan dalam Undang-Undang, wewenang presiden  (Undang-Undang Pasal 12).

5.       Berwenang memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung, (Undang-Undang Pasal 14 ayat 1).

6.       Berwenang memberi amnesti dan abolasi dengan memperhatikan pertimbangan DPR, (Undang-Undang Pasal 14 ayat 2).

7.       Berwenang memberi gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan lainnya yang telah diatur dalam Undang-Undang, wewenang presiden ini  berdasarkan Undang-Undang Pasal 15.

8.       Membentuk suatu dewan pertimbangan yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden yang kemudian telah diatus dalam Undang-Undang, wewenang presiden ini berdasarkan Undang-Undang Pasal 16.

Berwenang menetapkan peraturan pemerintan penganti Undang-Undang jika dalam hal genting yang memaksa, wewenang presideb ini berdasarkan Undang-Undang Pasal 22 ayat 1.

Nah, itulah penjelasan tentang tugas dan wewenang presiden yang perlu kalian ketahui dan pahami. Sebagai orang nomor satu di Indonesia, presiden memiliki peran dan tanggung jawab yang besar bagi keberlangsungan negara dan juga rakyatnya.

Dari penjelasan mengenai tugas dan wewenang Presiden sebagai Kepala Pemerintahan dan Negara di Indonesia, maka dapat kita simpulkan bahwa Presiden adalah jabatan yang memegang peran penting dalam pembentukan dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan di dalam suatu negara.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah