Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil Silvio Berlusconi, Mantan Perdana Menteri Italia



Silvio Berlusconi merupakan salah tokoh besar di Italia. Dia dikenal sebagai salah satu politisi ulung dari Negeri Pizza.  Ia menjadi Perdana Menteri selama tujuh bulan (10 Mei 1994-17 Januari 1995), namun pada 2001, ia kembali diangkatkan ke dalam kedudukan itu. 

Bukan cuma politisi, nama Berlusconi juga dikenal sebagai seorang pengusaha. Usaha terbesarnya bergerak di industri media. Berlusconi juga tercatat sebagai pemilik klub besar sepakbola AC Milan yang pada akhirnya dijual. 

Pada 26 Januari 1994, Silvio Berlusconi secara terbuka mengumumkan keputusannya untuk terjun ke dalam politik dengan platform yang dipusatkan pada upaya untuk mengalahkan komunisme.  Ia memimpin partai Forza Italia yang dibuat khusus pada 1994 untuk keikutsertaannya dalam politik.

Pada 23 April 2005, ia membentuk pemerintahan baru tanpa adanya sejumlah perubahan. Ia terpilih kembali tahun 2008. 

Berlusconi pun berani mencoba menggoyang dominasi partai politik di media. Berlusconi dan rekan-rekan bisnisnya mendirikan stasiun penyiaran TV nasional menandingi televisi yang dikuasai partai politik.

Lewat stasiun televisinya, Berlusconi menyulap politik menjadi lebih personal dan menghibur. Bahkan acara bincang-bincang politik dibuat menghibur, dengan orang-orang saling berteriak dan sesekali melemparkan gelas air. Bahkan, dia sempat mengimpor beragam acara televisi yang laku di luar negeri, salah satunya Baywatch yang banyak ditonton di Amerika Serikat


Pada bulan November 2011,  Silvio Berlusconi memutuskan untuk mengundurkan diri dan digantikan oleh mantan Komisioner Eropa, Mario Monti. Hal itu terjadi setelah sejumlah desakan dari partai dan parlemen, 

Kejatuhannya dirayakan oleh jutaan orang Italia karena akhirnya dapat merasakan pemerintahan baru setelah 17 tahun merasakan dominasi politik oleh Silvio Berlusconi yang membuat Italia terpuruk. Harapan baru pun berada di pundak PM Monti yang baru terpilih dan diharapkan mampu menyelesaikan masalah ekonomi Italia yang sedang dalam keadaan bangkrut.

Pada bulan Desember 2012, Berlusconi menyatakan niatnya untuk kembali memimpin partai dalam Pemilu 2013 yang akan diadakan di bulan Febuari untuk menjadi Perdana Menteri lagi. Pada 24 Juni 2013, pengadilan Italia, menjatuhkan hukuman penjara selama tujuh tahun untuk Silvio Berlusconi terkait kasus hubungan seksual dengan seorang penari erotis di bawah umur.

Hingga saat ini, salah satu masalah yang paling banyak diperdebatkan mengenai Silvio adalah alasan-alasan sebenarnya mengapa Silvio Berlusconi terjun ke dalam politik. Sebagian kritikus berpendapat bahwa Berlusconi melakukannya demi kepentingannya sendiri, untuk menyelamatkan perusahaan-perusahaannya yang hampir bankrut dan dirinya sendiri dari tuntutan hukum

Silvio Berlusconi memang sosok yang kontroversial. Namun, bagi fans AC Milan, nama Silvio Berlusconi akan dikenang sebagai salah satu bagian dari era kejayaan klub di masa lalu.

Biodata Silvio Berlusconi

Tanggal Lahir : 29 September 1936 (umur 85), Milan, Italia

Partai politik :  Rakyat Merdeka (sejak 2009)

Istri : Carla Dall'Oglio (1965–1985), Veronica Lario (1990–2010)

Anak : Marina, Pier Silvio, Barbara, Eleonora, Luigi

Tempat tinggal : Arcore, Italia


Posting Komentar

0 Komentar