Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Abraham Lincoln, Presiden Penumpas Perbudakan Di Amerika Serikat

 


Pada 20 Januari 2009, orang kulit hitam pertama, Barrack Obama, dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-44. Dia mengucap sumpahnya untuk menjabat dan mengabdi kepada Amerika Serikat. Ini akan sulit terjadi jika tidak ada campur tangan Abraham Lincoln untuk menghentikan perbudakan terhadap orang kulit hitam beratus tahun sebelumnya.

Awal hidup Abraham Lincoln

Abraham lahir pada tanggal 12 Februari 1809 di sebuah peternakan di Hardin County, Kenctucky. Pada saat itu, Kentucky, negara bagian yang ia tempati masih merupakan salah satu negara yang menerapkan perbudakan.

Pada saat Abraham berumur 9 tahun tepatnya pada tahun 1818, wabah penyakit sedang melanda tempat ia tinggal. Wabah ini merenggut bibi, paman, dan juga ibunya. 2 tahun setelah kematian ibunya, ayah Abraham memutuskan untuk menikah lagi dengan sorang janda bernama Sarah Bush Johnson. Ia lah yang nantinya akan berperan besar dalam kehidupan Abraham Lincoln.

Pada tahun 1830 keluarganya pindah ke Macon County di selatan Illinois. Lincoln bekerja di kapal yang membawa persediaan menyusuri Sungai Mississippi ke New Orleans.

Lalu ia pindah dan menetap di kota New Salem, Illinois dan bekerja sebagai penjaga togo, kemudian menjadi kepala kantor pos, dan akhirnya mennjadi pemilik toko. Disini melalui bekerja dengan orang banyak, Lincoln mengembangkan keterampilan sosial dan bakatnya dalam menyampaikan pendapat yang menjadikannya banyak dikenal oleh penduduk setempat.

Pada tahun 1834, Lincoln memulai karir politiknya dan terpilih menjadi anggota Legislatif Illinois sebagai anggota Partai Whig. Dia sangat menentang adanya perbudakan yang menyebar ke wilayah lainnya. Ia mempunyai visi untuk menjadikan Amerika Serikat menjadi negara yang berpusat pada perdagangan dam bukan pertanian.

Dia juga memutuskan untuk menjadi pengacara dan belajar sendiri hukum dengan membaca komentar William Blackstone tentang hukum Inggris. Setelah lulus ujian pengacara 1836/1837, ia pindah ke Springfield, Illinois, di mana ia menjabat sebagai John T. Stuart. Dia bekerja selama beberapa tahun sebagai pengacara. Pelanggan yang dilayani berkisar dari penduduk individu kota-kota kecil hingga kereta api nasional.  Dia kemudian bertemu Mary Todd dan menikah pada tahun 1842.

Karir Politik untuk Menumpas Perbudakan

Kemenangan Abraham Lincoln sebagai Presiden Amerika Serikat ke-16 mengakibatkan pemisahan Selatan dari Utara (Union). Ini dikarenakan mereka masih ingin menerapkan sistem perbudakan sementara Lincoln menentangnya. Tujuh negara bagian dari selatan kemudian membentuk negara baru, Konfederasi Amerika.

Pada 1 Januari 1863, Lincoln mengeluarkan Proklamasi Emansipasi. Hal ini menyatakan bahwa semua orang yang diperbudak di negara pemberontak akan dibebaskan. Namun, aturan ini hanya berlaku untuk negara Konfederasi.

Meskipun tidak sepenuhnya mengakhiri perbudakan di Amerika, Proklamasi Emansipasi adalah awal dari penghapusan perbudakan. Deklarasi ini juga mengarah pada Amandemen ke-13, yang bertujuan untuk menghapus perbudakan di Amerika.

Kematian Abraham Lincoln

Abraham Lincoln terpilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat pada November 1864. Selama masa jabatan barunya, Lincoln fokus pada pembebasan empat juta budak setelah berakhirnya Perang Saudara. Amandemen ke-13 juga disahkan pada 31 Januari 1965.

Pada malam 14 April 1865, Lincoln menghadiri pertunjukan di Ford's Theatre. Ia datang bersana dengan istrinya, juga Henry R. Rathbone dan tunangannya.

Ketika mereka sedang menonton pertunjukan, seorang pria tiba-tiba masuk ke kantor presiden dan menembak Lincoln. Rathbone segera menyerang si pembunuh tetapi pelaku dengan cepat melompat dari balkon dan melarikan diri. Peluru tembus ke telinga kiri Lincoln dan bersarang di belakang mata kanannya. Lincoln meninggal sembilan jam kemudian pada tanggal 15 April 1865.

Pembunuh Lincoln akhirnya terungkap. Dia adalah simpatisan Konfederasi John Wilkes Booth. Booth ditembak dan ditangkap saat bersembunyi di gudang Virginia dan meninggal pada 26 April 1865. Sementara itu, empat rekannya digantung.

Perjuangan Abraham Lincoln untuk menghapus perbudakan di Amerika Serikat adalah jalan yang naik turun. Dia meninggal, tetapi mimpinya mulai menjadi kenyataan. Dengan berakhirnya Perang Saudara, perbudakan dihapuskan di seluruh Amerika Serikat, dan Amandemen ke-13 perlahan-lahan diberlakukan secara nasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran