Ticker

6/recent/ticker-posts

Daftar Pulau Terkecil di Dunia yang Diakui PBB


Di dunia ini, terdapat kurang lebih 900 ribu pulau yang berpenghuni maupun tidak. Dan seluruh pulau tersebut memiliki luas yang berbeda-beda. Dimulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar.


Di Indonesia sendiri, terdapat 17.504 pulau 5 diantaranya merupakan pulau-pulau yang besar. Dan di dunia, pulau Kalimantan dan Papua termasuk ke dalam 10 daftar pulau terbesar di dunia.


Namun kali ini kita tidak membahas pulau terbesar di dunia, melainkan pulau terkecil di dunia serta mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).


Salah satu pulau terkecil yang diakui PBB setelah melakukan beberapa riset berada di tanah air, tepatnya di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau tersebut bernama Pulau Simping atau yang dulunya dikenal dengan nama Pulau Kelapa Dua.


Pulau Simping tercatat sebagai pulau terkecil di dunia menurut PBB karena memiliki luas yang hanya sekitar 0,5 ha atau setara dengan luas lapangan Futsal. Pertimbangan lainnya mengapa terpilih menjadi pulau terkecil di dunia adalah karena berada di garis pasang tertinggi. Dengan kata lain, saat air laut pasang, pulau ini tidak tenggelam.


Dulunya pulau Simping memiliki penghuni, namun karena mengalami abrasi yang cukup parah membuat pulau ini ditinggalkan para penghuninya. Jika berkunjung kesana, kamu akan menemukan sebuah Klenteng kecil yang didirikan warga sekitar karena mayoritas masyarakat Singkawang beragama Budha.


Sedikit mengulik sejarah seputar salah satu pulau terkecil di dunia ini, awal muka diberikannya nama pulau Kelapa Dua karena pertama kali ditemukan, terdapat sepasang pohon kelapa yang tumbuh di Pulau tersebut. Akan tetapi saat ini pulau Simping sudah banyak ditumbuhi pohon kelapa.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak hanya Indonesia yang memiliki pulau. Negara – negara bagian lainnya juga memiliki pulau yang dinobatkan PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Berikut 10 daftar pulau terkecil beserta negara asalnya di dunia versi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).


1. Pulau Just Room Enough, berada di Amerika Serikat dengan luas kurang lebih 0,00026 km2.

2. Pulau Simping, berada di Singkawang, Indonesia dengan luas kurang lebih 0,005 km2.

3. Pulau Dangar, berada di Australia dengan luas kurang lebih 0,259 km2.

4. Pulau Wizard, berada di Amerika Serikat dengan luas kurang lebih 1,27 km2.

5. Pulau Bryher, berada di Kepulauan Scilly dengan luas kurang lebih 1.32 km2.

6. Pulau Isla Mujeres, berada di Meksiko dengan luas kurang lebih 4,2 km2.

7. Pulau Baltrum, berada di Jerman dengan luas kurang lebih 6,47 km2.

8. Pulau Singa Laut, berada di Kepulauan Falkland dengan luas kurang lebih 9,04 km2.

9. Pulau Suwarrow Atoll, berada di Samudera Pasifik dengan luas kurang lebih 9,8 km2.

10. Pulau Monhegan, berada di Amerika Serikat dengan luas kurang lebih 11,63 km2.


Nah, itulah 10 daftar pulau terkecil yang ada di dunia versi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Semoga dapat menambah informasi kamu seputar dunia dan organisasi yang ikut berperan.

Posting Komentar

0 Komentar