Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya


Negara-negara terbesar di dunia dapat dikelompokkan menggunakan tolok ukur yang berbeda, mulai dari populasi hingga luas wilayah.

Luas wilayah suatu negara diukur berdasarkan total area, wilayah daratan, dan daerah perairan. Luas tersebut diukur dalam satuan mil persegi atau kilometer persegi.

Setiap negara memiliki dua ukuran luas yang berbeda, yaitu luas daratan dan luas total. Luas total dipakai untuk menunjukkan luas wilayah suatu negara.

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Namun, Indonesia bukanlah negara terbesar berdasarkan luas wilayah. Berikut adalah daftar 5 negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah.

Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya

Jika diukur berdasarkan luas artinya dihitung berdasarkan total luas suatu negara termasuk danau, waduk, sungai, dan terkadang perairan pesisir dan teritorial. Berikut 10 negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya.

1. Rusia

Dari segi luas, Rusia merupakan negara terluas di dunia dengan total luas 17,1 juta kilometer persegi. Wilayah Rusia meliputi perairan seperti danau Baikal yang merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Di sisi lain, total luas daratan Rusia bahkan mencapai 11% dari total luas daratan dunia.

2. Kanada

Luas total negara ini adalah 9,9 juta kilometer persegi, atau sekitar 6,1% dari total luas daratan Bumi. Terletak di Amerika Utara, Kanada menempati sekitar dua perlima bagian utara benua Amerika Utara. Kanada memiliki banyak danau, di mana sekitar 500 di antaranya memiliki luas lebih dari 100 km².

Dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik, Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia sepanjang 243.977 kilometer. Lanskap Kanada juga beragam, dari pegunungan megah hingga lembah berhutan.

3. Amerika Serikat

Dengan luas 9.8 kilometer persegi, Amerika Serikat merupakan negara terbesar ketiga di dunia. Sebagai perbandingan, luas wilayah Amerika Serikat sekitar empat kali luas Indonesia.

Bentang alam Amerika Serikat berkisar dari pantai tropis Florida hingga puncak Pegunungan Rocky. Ini juga memiliki padang rumput dan gurun tandus di barat, dan daerah hutan belantara yang lebat di timur laut dan barat laut.

4. Cina

China merupakan negara terbesar keempat di dunia dengan luas total 9,5 juta kilometer persegi. China memiliki wilayah perairan yang lebih sedikit, sehingga total luas daratan China lebih kecil dari Amerika Serikat.

Namun, Cina lebih besar dari Amerika Serikat di wilayah daratan. Luas daratan China 9,3 juta kilometer persegi, atau 2,2%, lebih besar dari Amerika Serikat yang hanya 9,1 juta kilometer persegi.

Kondisi geografis China meliputi pegunungan, dataran tinggi, gurun dan hutan lebat. Faktanya, sepertiga daratan China terdiri dari pegunungan, termasuk Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia di perbatasan China dan Nepal.

5. Brasil

Dengan luas negara 8.5 juta kilometer persegi, Brasil merupakan negara terluas kelima di dunia. Brasil juga merupakan salah satu negara dengan jumlah danau terbanyak, dengan lebih dari ribuan danau besar dan kecil tersebar di negara ini.

Selain itu, sekitar 519 juta hektar lahan di Brasil adalah hutan. Brasil juga memiliki perbukitan terjal, hutan pinus, dataran tinggi yang luas, dan pantai yang panjang.

Sedangkan Indonesia sendiri menempati urutan ke 15 sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah. Indonesia memiliki luas 1,9 juta kilometer persegi dan luas daratan 1,81 juta kilometer persegi.

Indonesia hampir seperdelapan ukuran Rusia. Namun, penduduk Indonesia hampir dua kali lipat dari Rusia dengan sekitar 144 juta orang dibandingkan dengan sekitar 273 juta.

Posting Komentar

0 Komentar