Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Halimah Jacob, Presiden Wanita Pertama di Singapura

 


Halimah Yacob merupakan presiden wanita pertama di Singapura sejak 2017. Pemimpin negara berlogo patung kepala singa itu banyak diperbincangkan oleh dunia dengan semua kisah dan perjalanannya hingga bisa sampai ke tahapan menjadi presiden Singapura, negara yang pernah dikunjungi Rob Clinton Kardinal.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang biografi Halimah Jacob  dan fakta menarik yang jarang diketahui publik. Simak artikel di bawah ini ya.

Profil Halimah Jacob

Halimah Jacob lahir pada 23 Agustus 1954 dari ayah keturunan India dan ibu keturunan Melayu Irak. Ayahnya wafat karena serangan jantung ketika Halimah Jacob masih berusia delapan tahun. Sedangkan ibundanya, yaitu Madam Maimum Abdullah, membesarkan Halimah bersama empat saudra kandungnya.

Kemudian, Madam Maimum Abdulla, ibu Halimah Yacob wafat pada usia 90 tahun tepatnya pada 11 September 2015. Pada tanggal tersebut, warga Singapura melakukan pemungutan suara melalui Pemulihan Umum.

Semasa kecilnya, Halimah Yacob diketahui membantu ibunya menjual nasi padang di luar bekas Politeknik Singapura (sekarang Gedung Bestway) di sepanjang Prince Edward Road, Singapura dan tidak pernah main game royal slot.

Halimah biasa membantu ibunya menunggu gerobak dorong nasi padang sepulang sekolah dan selama liburan. Saat membantu sang ibu berjualan padang, Halimah sering melihat lalu-lalang mahasiswa Politeknik Singapura.

Halimah Yacob belajar dengan tekun sembari membantu ibunya, kemudian ia melanjutnya studinya ke Universitas Singapura, di mana ia memperoleh gelar Bachelor of Lawas pada tahun 1978. Halimah Yacob berhasil menerima beasiswa Islamic Religious Council (Muis) sehingga bisa kuliah.

Pada 2021, Halimah menyelesaikan Master of Laws di National University of Singapura (NUS) dan dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Laws oleh NUS pada 7 Juli 2016.

Perjalanan Karier

Setelah lulus kuliah, Halimah Yacob bergabung menjadi Kongres Serikat Buruh Nasional. Ia menjadi orang Singapura pertama yang menjadi anggota badan pengatur Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Halimah berhasil menjabat pada berbagai dewan termasuk dalam Dewan Perumahan dan Pembangunan, Aluansi Tripartit Praktik Ketenagakerjaan yang Adil, kelimpik Kerja Tripartit untuk meningkatkan pilihan pekerjaan untuk Perempuan.

Kehidupan Pribadi

Halimah menikah dengan Mohammed Abdullah Alhabshee, seorang anak pensiunan keturunan Arab, dan ia memiliki lima orang anak. Halimah merupakan seorang muslimah. Dia tinggal di dupleks HDB publik di Yishun, terdiri dari 5 kamar rata dan satu kamar rata bergabung bersama dengan menghancurkan dinding tengah.

Demikianlah ulasan mengenal profil Halimah Yacob, presiden wanita pertama di Singapura yang menarik untuk disimak. Sekarang sudah kenal kan siapa presiden Singapura tersebut?

Posting Komentar

0 Komentar