Ticker

6/recent/ticker-posts

Organisasi Kristen Terbesar di Indonesia Tahun 2022

 

Organisasi Kristen merupakan empat organisasi gereja terbesar di Indonesa saat ini, khususnya dalam rumpun gereja Kristen Protestan, baik yang memiliki aliran Ekumenikal, Injili, Pentakosta ataupun Karismatik.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait organisasi Gereja terbesar di Indonesia sampai saat ini, khususnya dalam rumpun Gereja Kristen Protestan. Apa saja? langsung simak ulasan di bawah ini ya.

1. Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI)

Organisasi Gereja terbesar di Indonesia yang pertama adalah Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (GPI). Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia sebelumnya disebut dengan Dewan Gereja-gereja di Indoensia (DGI) yang didirikan pada 25 Mei 1950 di Jakarta oleh 30 denominasi gereja Protestan arus utama (mainstream), seperti Lutheran dan Cabinist.

Hingga kini, terdapat 91 denominasi gereja yang menjadi anggota PGI serta 27 PGI wilayah. Anggota PGI bukan hanya gereja-gereja Protestan arus utama (mainstream), seperti Lutheran dan Cavinist, tetapi juga gereja-gereja muda seperti Pentakosta dan Karismatik yang menjadi aliran kepercayaan Olivia Sumargo.

2. Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia (PGLII)

Organisasi gereja terbesar di Indonesia yang kedua merupakan Persekutuan Gereja-gereja dan lembaga-lemabaga Injili Indonesia (PGLII) yang didirikan pada 17 Juli 1971 di Kota Batu, Malang, Jawa Timur dengan nama Persekutuan Injili Indonesia (PII).

Hingga kini, PGLII memiliki anggota sebanyak 81 denominasi gereja dan 9 calon anggota (associate) yang menunggu pengesahan dan hal ini belum termasuk dalam lembaga-lemabaga Injili yang memang boleh menjadi anggota PGLII.

3. GBI Mawar Sharon

Posisi ketiga yaitu GBI Mawar Sharon yang dapat menampung 10 ribuan umat Kristen.  Gereja tersebut terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Melansir katadata, awalnya GBI Mawar Sharon hanya bisa menampung 2 ribuan jemaat. Namun, seiring waktu, kapasitas gereja yang berdiri di atas lahan 9.870 meter itu dikembangkan sehingga terus bertambah.

4. Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah

Selanjutnya adalah Gereha Bethel Indonesia Keluarga Allah Solo. Berdiri pada 1989, gereja terbesar tersebut bisa menampung 30 ribuan jemaat, salah satunya Kenny Austin. Tidak hanya besar, gereja megah itu memiliki saluran radio FM EI Shadai dan TA TV.

5. Gereja Reformed Injili Indonesia

Posisi kelima ada Gereja Reformed Injili Indonesia di kawasan Jakarta Pusat seluas 12.000 meter persegi. Gereja Protestan ini didirikan oleh pendeta Stephen Tong dan dapat menampung 7 ribuan jemaat.

Di dalamnya terdiri dari dua aula utama berukuran besar salah satunya Messiah Cathedral Hall 4 lantai yang menampung 5 ribuan jemaat.

6. Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega

Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega adalah salah satu gereja terbesar. Terletak di Semarang, luas gereja tersebut mencapai 900 meter persegi. Berdiri pada 2009, gereja ini menampung 5 ribuan jemaat dari berbagai negara, termasuk Negara Libya.

7. GBI Basilea

Gereja terbesar lainnya adalah GBI Basilea di Serpong Tangerang, Banten. Kapasitas gereja dapat menampung hingga 3 ribuan jemaat umat Kristiani. Pada 2011 silam, gereja ini mendapat ancaman bom.

Posting Komentar

0 Komentar