Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil Hasyim Asy'ari, Ketua KPU Periode 2022 - 2027

Hasyim Asy'ari terpilih menjadi ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasyim dipercaya memimpin lembaga penyelenggara pemilu dari hasil rapat pleno pertama anggota KPU periode 2022 - 2027. Hasyim pernah menjabat sebagai komisioner KPU menggantikan Husni Kamil Malik yang meninggal dunia

Baca : Resep Buko Mangga

Hasyim kembali mencalonkan diri sebagai komisioner pada 2017 dan lolos menjadi komisioner KPU periode 2017 - 2022. Selama di KPU, ia banyak menangani persoalan hukum, termasuk dalam setiap sidang sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi.

Pada tahun2012, Hasyim pernah menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden SBY, penghargaan bagi pegawai negeri sipil yang telah berdedikasi dan mengabdi.

Baca : Fakta menarik capybara

Pada 1999, Hasyim menjabat Sekretaris Presidium Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) untuk Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Ia pun aktif sebagai peneliti di berbagai lembaga, seperti Bappenas bidang hukum dan kelembagaan, peneliti pada Pusat Kajian Konstitusi, Fakultas Hukum, Undip dan hingga konsultan Partnership for Gevernance Reform in Indonesia.

Baca : Contoh Pidato Isra Miraj 2023

Hasyim aktif di organisasi, diantaranya Nahdhatul Ulama (NU), Ikatan Putera Nadhatul Ulama (IPNU) Cabang Kudus. Ia juga pernah menjabat sebagai wakil ketua pengurus wilayah gerakan pemuda ansor, Jawa Tengah.

Selain itu, Hasyim juga dosen di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang. Hasyim menamatkan studi S1 hukum di Universitas Jenderal Soedirman  Purwokerto pada 1995. Kemudian melanjutkan S2 bidang politik di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan selesai tahun 1998. 

Pada 2012, Hasyim meraih gelar doktoral di bidang sosiologi politik University of Malaya, Malaysia.

Mengenai harta kekayaan, berdasarkan data Hasyim memiliki harta kekayaan senilai Rp7,677 miliar.

Baca : Resep Madu Mongso

Posting Komentar

0 Komentar