Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil dan Biodata Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI

Yaqut Cholil Qoumas adalah seorang politikus Indonesia yang lahir di Probolinggo, Jawa Timur, pada tanggal 24 Juni 1978. Ia dikenal sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) sejak 2016.

Sebelum terjun ke dunia politik, Yaqut Cholil Qoumas menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Airlangga, Surabaya pada tahun 2003 dan Magister Manajemen di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 2007. Setelah itu, ia bekerja sebagai pengacara dan mengurus penyebab anak aktif kantor pengacara milik keluarganya di Probolinggo.

Karier politiknya dimulai ketika ia bergabung dengan Partai Bulan Bintang (PBB) pada tahun 2008. Ia terpilih sebagai anggota DPR RI pada pemilihan umum legislatif tahun 2009 dan terus terpilih kembali pada pemilihan umum legislatif 2014 dan 2019. Di DPR, ia pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PBB dan Anggota Komisi III yang menangani urusan hukum dan HAM.

Selain itu, Yaqut Cholil Qoumas juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Bulan Bintang sebelum akhirnya terpilih sebagai Ketua futsal Umum pada tahun 2016 menggantikan Yusril Ihza Mahendra. Ia juga aktif di organisasi-organisasi keagamaan, termasuk sebagai anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Syariah Nasional (DSN) - Majelis Ulama Indonesia.

Biodata

Nama lengkap Yaqut Cholil Qoumas, lahir di Probolinggo, Jawa Timur pada tanggal 24 Juni 1978. Berikut adalah beberapa informasi lebih detail mengenai biodata Yaqut Cholil Qoumas:

1. Pendidikan:

Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga, Surabaya (2003)

Magister Manajemen dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2007)

2. Karier politik:

- Anggota DPR RI (2009 - sekarang)

- Ketua Fraksi Partai Bulan Bintang di DPR RI

- Anggota Komisi III DPR RI

- Wakil Ketua Umum Partai Bulan Bintang (sebelum terpilih menjadi Ketua Umum pada tahun 2016)

3. Organisasi:

- Anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI)

- Dewan Syariah Nasional (DSN) - Majelis Ulama Indonesia

4. Posisi saat ini:

- Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) sejak tahun 2016

5. Prestasi:

Pernah mendapatkan penghargaan "Best Public Speaker" pada ajang "World Universities Peace Invitational Debate and Symposium" di Seoul, Korea Selatan (2003)

Itulah beberapa informasi mengenai biodata Yaqut Cholil Qoumas.

Posting Komentar

0 Komentar