Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil dan Biodata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin adalah Menteri Kesehatan Indonesia saat ini yang menjabat sejak 23 Desember 2020. Lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 21 September 1965.

Meraih gelar sarjana dalam bidang Ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1988, kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford, Amerika Serikat dan meraih gelar Master of Business Administration pada tahun 1993.

Karirnya dimulai di perusahaan konsultan global McKinsey & Company di Singapura pada tahun 1993. Selama 24 tahun di McKinsey, Budi Gunadi Sadikin telah bekerja dengan banyak klien di Asia Tenggara, terutama di sektor perbankan, keuangan, energi, dan kesehatan.

Pada tahun 2017, ia ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Selama menjabat sebagai Dirut, ia membawa perusahaan ke posisi terdepan di industri perbankan Indonesia. Selain berkarir di perusahaan swasta, Budi Gunadi Sadikin juga terlibat dalam beberapa proyek sosial, termasuk proyek pembangunan Rumah Sakit Jiwa Tampan di Pekanbaru, Riau.

Pada tahun 2020, Budi Gunadi Sadikin dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk mengisi posisi Menteri Kesehatan Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok yang energik, inovatif, dan berorientasi pada hasil.

Sebagai Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin berperan penting dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia, termasuk dalam mempercepat program vaksinasi nasional dan memperkuat sistem kesehatan Indonesia.

Biodata Budi Gunadi Sadikin

Nama lengkap: Budi Gunadi Sadikin

Tempat dan tanggal lahir: Bandung, 21 September 1965

Pendidikan:

Sarjana Ekonomi, Universitas Indonesia (1988)

Master of Business Administration, Stanford Graduate School of Business, Amerika Serikat (1993)

Karir:

Konsultan McKinsey & Company di Singapura (1993-2017)

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2017-2020)

Menteri Kesehatan Indonesia (2020-sekarang)

Penghargaan:

Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia (2011)

The McKinsey Leadership Award (2016)

Proyek sosial:

Pembangunan Rumah Sakit Jiwa Tampan di Pekanbaru, Riau

Pendirian Indonesia Health Fund, sebuah yayasan yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas

Posisi lain:

Dewan Penasehat Yayasan Bhakti Kesehatan Indonesia

Anggota Dewan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Itulah  informasi  mengenai biodata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar