Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Profil dan Biografi Raja Malaysia Abdullah Sultan Ahmad Shah

Negara Malaysia memiliki sistem pemerintahan yang berbentuk kerajaan. Namun, sebutan gelar Raja di negara ini  berbeda dengan kerajaan lainnya, yakni Yang di Pertuan Agong.

Pada tanggal 15 Januari 2019, Tengku Abdullah resmi dilantik sebagai Sultan Pahang, Malaysia. Ia resmi menjadi Raja Malaysia ke-16 yang pengangkatan jabatan ini berdasarkan giliran.

Dia menggantikan Muhammad V dari Kelantan yang memutuskan turun takha setelah dirumorkan menikahi Miss Moscow pada tahun 2018 lalu.

Abdullah Sultan Ahmad Shah

Profil Raja Malaysia: Abdullah Sultan Ahmad Shah

Pria yang memiliki nama lengkap Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah atau sering disapa dengan nama Sultan Abdullah.

Sultan Abdullah lahir pada tanggal 30 Juli 1959, yang kini telah berusia 63 tahun. Ia merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara dari pasangan Sultan Ahmad Shah dan Tengku Ampuan Afzan.

Pada 1975, Abdullah telah dilantik sebagai sebagai putra mahkota, padahal disaat itu ia masih berusia 16 tahun.

Disaat usianya telah genap 20 tahun, dia pernah sempat dilantik menjadi Sultan Pahang untuk menggantikan ayahnya tapi tidak jadi.

Saat itu ayah Sultan Abdullah telah mendapat giliran menjadi Raja Malaysia selama periode lima tahun,  yakni mulai 1979 hingga 1984.

Namun pada bulan Januari 2019, setelah Muhammad V turun takhta, Abdullah kembali diangkat menjadi Sultan Pahang menggantikan ayahnya yang kesehatannya sudah menurun.

Dahulu Abdullah bersekolah di Inggris, yakni kuliah di jurusan hubungan luar negeri Queen Elizabeth College, Oxford University, dan dilatih di Akademi Militer Kerajaan Inggris, Sandhurst.

Kemudian pada tahun 1986, Sultan Abdullah menikah dengan Azizah Aminah Maimunah Iskandariah yang kini telah dikaruniai sembilan anak.

Saat ini Abdullah juga memimpin beberapa organisasi olahraga, di antaranya sebagai Presiden di Federasi Hoki Asia dan anggota dewan di FIFA.

Raja Malaysia yang satu ini terkenal dengan pribadi yang rendah hati dan juga dermawan. Ia memilki kebiasaan setiap salat Jumat, ia akan membagikan sedekah berupa uang tunai kepada anak-anak di masjid.

Masyarakatnya juga mengaku bahwa Sultan Abdullah tidak pernah canggung atau pun gengsi ketika berada ditengah rakyat jelata.

Bahkan ia sering turun langsung kelokasi kejadian bila terjadi bencana, seperti banjir, badai atau pun orang tenggelam.

Biografi Raja Malaysia: Abdullah Sultan Ahmad Shah

Abdullah Sultan Ahmad Shah

Nama Asli: Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah

Nama Panggilan: Yang di Pertuan Agong Tengku Abdullah

Tempat Lahir: Pekan, Malaysia

Tanggal Lahir: 30 Juli 1959

Zodiak: Leo

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Malaysia

Profesi: Pemimpin Negara Malaysia

Tahun Aktif: 15 Januari 2019 sampai sekarang

Orang Tua: Sultan Ahmad Shah (ayah) dan Tengku Ampuan Afzan (ibu)

Istri: Julia Rais dan Azizah Aminah Maimunah Iskandariah

Anak: Tiga orang putri yakni Tengku Puteri Iman Afzan, Tengku Ilisha Ameera dan Tengku Ilyana Tengku Abdull.

Demikianlah informasi sekilas mengenai profil dan biografi Yang di Pertuan Agong Tengku Abdullah yang merupakan Raja Negara Malaysia saat ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran