Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil dan Biografi Raja Malaysia Abdullah Sultan Ahmad Shah

Negara Malaysia memiliki sistem pemerintahan yang berbentuk kerajaan. Namun, sebutan gelar Raja di negara ini  berbeda dengan kerajaan lainnya, yakni Yang di Pertuan Agong.

Pada tanggal 15 Januari 2019, Tengku Abdullah resmi dilantik sebagai Sultan Pahang, Malaysia. Ia resmi menjadi Raja Malaysia ke-16 yang pengangkatan jabatan ini berdasarkan giliran.

Dia menggantikan Muhammad V dari Kelantan yang memutuskan turun takha setelah dirumorkan menikahi Miss Moscow pada tahun 2018 lalu.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahui agama deva mahenra, aktor muda asal Indonesia. Langsung saja yuk kita bahas.

Abdullah Sultan Ahmad Shah

Profil Raja Malaysia: Abdullah Sultan Ahmad Shah

Pria yang memiliki nama lengkap Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah atau sering disapa dengan nama Sultan Abdullah.

Sultan Abdullah lahir pada tanggal 30 Juli 1959, yang kini telah berusia 63 tahun. Ia merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara dari pasangan Sultan Ahmad Shah dan Tengku Ampuan Afzan.

Pada 1975, Abdullah telah dilantik sebagai sebagai putra mahkota, padahal disaat itu ia masih berusia 16 tahun.

Disaat usianya telah genap 20 tahun, dia pernah sempat dilantik menjadi Sultan Pahang untuk menggantikan ayahnya tapi tidak jadi.

Saat itu ayah Sultan Abdullah telah mendapat giliran menjadi Raja Malaysia selama periode lima tahun,  yakni mulai 1979 hingga 1984.

Namun pada bulan Januari 2019, setelah Muhammad V turun takhta, Abdullah kembali diangkat menjadi Sultan Pahang menggantikan ayahnya yang kesehatannya sudah menurun.

Dahulu Abdullah bersekolah di Inggris, yakni kuliah di jurusan hubungan luar negeri Queen Elizabeth College, Oxford University, dan dilatih di Akademi Militer Kerajaan Inggris, Sandhurst.

Kemudian pada tahun 1986, Sultan Abdullah menikah dengan Azizah Aminah Maimunah Iskandariah yang kini telah dikaruniai sembilan anak.

Saat ini Abdullah juga memimpin beberapa organisasi olahraga, di antaranya sebagai Presiden di Federasi Hoki Asia dan anggota dewan di FIFA.

Raja Malaysia yang satu ini terkenal dengan pribadi yang rendah hati dan juga dermawan. Ia memilki kebiasaan setiap salat Jumat, ia akan membagikan sedekah berupa uang tunai kepada anak-anak di masjid.

Masyarakatnya juga mengaku bahwa Sultan Abdullah tidak pernah canggung atau pun gengsi ketika berada ditengah rakyat jelata.

Bahkan ia sering turun langsung kelokasi kejadian bila terjadi bencana, seperti banjir, badai atau pun orang tenggelam.

Biografi Raja Malaysia: Abdullah Sultan Ahmad Shah

Abdullah Sultan Ahmad Shah

Nama Asli: Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah

Nama Panggilan: Yang di Pertuan Agong Tengku Abdullah

Tempat Lahir: Pekan, Malaysia

Tanggal Lahir: 30 Juli 1959

Zodiak: Leo

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Malaysia

Profesi: Pemimpin Negara Malaysia

Tahun Aktif: 15 Januari 2019 sampai sekarang

Orang Tua: Sultan Ahmad Shah (ayah) dan Tengku Ampuan Afzan (ibu)

Istri: Julia Rais dan Azizah Aminah Maimunah Iskandariah

Anak: Tiga orang putri yakni Tengku Puteri Iman Afzan, Tengku Ilisha Ameera dan Tengku Ilyana Tengku Abdull.

Demikianlah informasi sekilas mengenai profil dan biografi Yang di Pertuan Agong Tengku Abdullah yang merupakan Raja Negara Malaysia saat ini.

 

Posting Komentar

0 Komentar