Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Profil Singkat Raja Ke-7 Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz

Negara Arab Saudi adalah negara yang memiliki sistem pemerintahan berbentuk kerajaan.  Negara ini berada di daerah Asia Barat dengan luas wilayah sekitar 2.150.000 km2.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas profil Raja yang sedang memerintah di Negara ini. Orang yang dimaksud adalah Raja Salman bin Abdulaziz yang merupakan Raja ketujuh Arab Saudi.  

Riwayat Hidup Salman bin Abdulaziz

Salman bin Abdulaziz

Pria yang memiliki nama lengkap Salman bin Abdulaziz Al Saud, lahir pada tanggal 31 Desember 1935 di kota Riyadh, Arab Saudi.

Salman sering disebut sebagai Sudayri Seven, ia memiliki enam saudara laki-laki yang lahir dari istri yang paling dicintai oleh Abdulaziz bin al-Saud, Hussa binti Ahmad Sudayri.

Salman dibesarkan di Istana Murabba dan menjalani pendidikan awal di Princes School, Riyadh, yakni tempat anak-anak raja menimba ilmu.

Salman menikah sebanyak tiga kali, yang mana istri pertamanya yang bernama Sultana binti Turki Al Sudairi meninggal di usia 71 pada tahun 2011.

Pada pernikahan ini, Salman mendapatkan enam orang anak, yakni Fahd bin Salman, Ahmad bin Salman, Sultan bin Salman, dan Abdulaziz bin Salman, Faisal bin Sultan, dan Hussa binti Salman.

Kemudian menikah untuk keduanya dengan Sarah binti Faisal Al Subai'ai, kemudian mendapatkan seorang putra bernama Saud bin Salman.

Sementara dari pernikahan ketiganya dengan Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn, Salman dikaruniai lima orang anak, yakni Mohammed bin salman, Turki bin Salman, Khalid bin Salman, Nayif bin Salman, Bandar bin Salman, dan Rakan bin Salman.

Perjalanan Karir Hingga Diangkat Menjadi Raja Arab

Raja Arab

Salman bin Abdulaziz menjabat sebagai Raja Arab Saudi yang ketujuh, sekaligus Penjaga Dua Kota Suci, dan pemimpin Wangsa Saud.

Raja Arab ini merupakan anak ke-25 dari Ibnu Saud dan menjadi raja untuk menggantikan kakaknya, Raja Abdullah, yang meninggal.

Sebelumnya, Salman juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur kota Riyadh pada tahun 1954-1955, akhirnya pada periode tahun 1955-1960 dan periode 1963-2011 ia dipercaya untuk menjabat sebagai Gubernur Riyadh.

Jika ditotalkan, Raja Salman telah memegang jabatan menjadi seorang Gubernur Riyad selama 53 tahun, atau sampai ia menginjak usia 76 tahun.

Setelah itu, Raja Salman juga pernah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Kerajaan Saudi Arabia selama setahun (2011-2012), kemudian jabatannya meningkat pada tahun 2012.

Ditahun ini Salman resmi dinobatkan sebagai Pangeran Mahkota ketika salah satu saudaranya, Nayef bin Abdul-Aziz al Saud meninggal dunia. Ia memegang kekuasaan ini selama 3 tahun atau sampai tahun 2015.

Pada akhirnya, Raja Salman resmi dinobatkan sebagai Raja Arab saudi pada tanggal 23 Januari 2015 ketika usianya sudah menginjak 79 tahun dan masih menjabat hingga sekarang.

Penyebab ia diangkat adalah karena ia dikenal sebagai orang yang memiliki pandangan konservatif dan tradisional, sama dengan saudaranya yang telah menjabat sebelumnya.

Sebelumnya ia resmi menjabat, Raja Salman juga telah banyak mengurus urusan kerajaan ketika kakaknya menghadapi masalah kesehatan saat memimpin sebagai raja.

Setelah memegang kuasa, Salman melakukan reshuffle kabinet pada 30 Januari 2015. Namun, pada tahun 2010 silam, Raja Salman pernah dikabarkan mengalami stroke dan harus menjalani operasi di Amerika Serikat.

Penghargaan yang Pernah Didapatkan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mendapatkan banyak penghargaan hingga saat ini. Apa saja penghargaan yang sudah berhasil diraihnya dari berbagai negara, berikut daftarnya.

- 2008, Doktor Honoris Causa dari Universitas Umm Al-Qura Arab saudi

- 2010, Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia,India

- 2011, Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi

- 2013, Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Teknologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina

- 2014, Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda, Jepang

- 2016, Doktor Honoris Causa bidang Sejarah dan Peradaban dari Universitas Raja Saud, Riyadh, Arab Saudi

- 2016, Doktor Honoris Causa dari Universitas Kairo, Kairo, Mesir

- 2016, Doktor Honoris Causa dari Universitas Raja Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi

- 2017, Bintang Republik Indonesia Adipurna dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Indonesia

- 2017, Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Politik dari Universitas Islam Internasional Malaysia, Malaysia

- 2017, Doktor Honoris Causa dari Universitas Beijing, Republik Rakyat Tiongkok

- 2017, Doktor Honoris Causa dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Rusia

Demikianlah informasi mengenai Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang dapat menambah wawasan kamu. Semoga dapat membantu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran