Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil Singkat Raja Ke-7 Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz

Negara Arab Saudi adalah negara yang memiliki sistem pemerintahan berbentuk kerajaan.  Negara ini berada di daerah Asia Barat dengan luas wilayah sekitar 2.150.000 km2.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas profil Raja yang sedang memerintah di Negara ini. Orang yang dimaksud adalah Raja Salman bin Abdulaziz yang merupakan Raja ketujuh Arab Saudi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahui profil dari mikha tambayong, aktris muda asal Indonesia. Langsung saja yuk kita bahas.

Riwayat Hidup Salman bin Abdulaziz

Salman bin Abdulaziz

Pria yang memiliki nama lengkap Salman bin Abdulaziz Al Saud, lahir pada tanggal 31 Desember 1935 di kota Riyadh, Arab Saudi.

Salman sering disebut sebagai Sudayri Seven, ia memiliki enam saudara laki-laki yang lahir dari istri yang paling dicintai oleh Abdulaziz bin al-Saud, Hussa binti Ahmad Sudayri.

Salman dibesarkan di Istana Murabba dan menjalani pendidikan awal di Princes School, Riyadh, yakni tempat anak-anak raja menimba ilmu.

Salman menikah sebanyak tiga kali, yang mana istri pertamanya yang bernama Sultana binti Turki Al Sudairi meninggal di usia 71 pada tahun 2011.

Pada pernikahan ini, Salman mendapatkan enam orang anak, yakni Fahd bin Salman, Ahmad bin Salman, Sultan bin Salman, dan Abdulaziz bin Salman, Faisal bin Sultan, dan Hussa binti Salman.

Kemudian menikah untuk keduanya dengan Sarah binti Faisal Al Subai'ai, kemudian mendapatkan seorang putra bernama Saud bin Salman.

Sementara dari pernikahan ketiganya dengan Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn, Salman dikaruniai lima orang anak, yakni Mohammed bin salman, Turki bin Salman, Khalid bin Salman, Nayif bin Salman, Bandar bin Salman, dan Rakan bin Salman.

Perjalanan Karir Hingga Diangkat Menjadi Raja Arab

Raja Arab

Salman bin Abdulaziz menjabat sebagai Raja Arab Saudi yang ketujuh, sekaligus Penjaga Dua Kota Suci, dan pemimpin Wangsa Saud.

Raja Arab ini merupakan anak ke-25 dari Ibnu Saud dan menjadi raja untuk menggantikan kakaknya, Raja Abdullah, yang meninggal.

Sebelumnya, Salman juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur kota Riyadh pada tahun 1954-1955, akhirnya pada periode tahun 1955-1960 dan periode 1963-2011 ia dipercaya untuk menjabat sebagai Gubernur Riyadh.

Jika ditotalkan, Raja Salman telah memegang jabatan menjadi seorang Gubernur Riyad selama 53 tahun, atau sampai ia menginjak usia 76 tahun.

Setelah itu, Raja Salman juga pernah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Kerajaan Saudi Arabia selama setahun (2011-2012), kemudian jabatannya meningkat pada tahun 2012.

Ditahun ini Salman resmi dinobatkan sebagai Pangeran Mahkota ketika salah satu saudaranya, Nayef bin Abdul-Aziz al Saud meninggal dunia. Ia memegang kekuasaan ini selama 3 tahun atau sampai tahun 2015.

Pada akhirnya, Raja Salman resmi dinobatkan sebagai Raja Arab saudi pada tanggal 23 Januari 2015 ketika usianya sudah menginjak 79 tahun dan masih menjabat hingga sekarang.

Penyebab ia diangkat adalah karena ia dikenal sebagai orang yang memiliki pandangan konservatif dan tradisional, sama dengan saudaranya yang telah menjabat sebelumnya.

Sebelumnya ia resmi menjabat, Raja Salman juga telah banyak mengurus urusan kerajaan ketika kakaknya menghadapi masalah kesehatan saat memimpin sebagai raja.

Setelah memegang kuasa, Salman melakukan reshuffle kabinet pada 30 Januari 2015. Namun, pada tahun 2010 silam, Raja Salman pernah dikabarkan mengalami stroke dan harus menjalani operasi di Amerika Serikat.

Penghargaan yang Pernah Didapatkan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mendapatkan banyak penghargaan hingga saat ini. Apa saja penghargaan yang sudah berhasil diraihnya dari berbagai negara, berikut daftarnya.

- 2008, Doktor Honoris Causa dari Universitas Umm Al-Qura Arab saudi

- 2010, Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia,India

- 2011, Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi

- 2013, Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Teknologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina

- 2014, Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda, Jepang

- 2016, Doktor Honoris Causa bidang Sejarah dan Peradaban dari Universitas Raja Saud, Riyadh, Arab Saudi

- 2016, Doktor Honoris Causa dari Universitas Kairo, Kairo, Mesir

- 2016, Doktor Honoris Causa dari Universitas Raja Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi

- 2017, Bintang Republik Indonesia Adipurna dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Indonesia

- 2017, Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Politik dari Universitas Islam Internasional Malaysia, Malaysia

- 2017, Doktor Honoris Causa dari Universitas Beijing, Republik Rakyat Tiongkok

- 2017, Doktor Honoris Causa dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Rusia

Demikianlah informasi mengenai Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang dapat menambah wawasan kamu. Semoga dapat membantu!

Posting Komentar

0 Komentar