Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi dan Profil Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina

Mulai dari tanggal 24 Februari 2022 hingga saat ini, Negara Ukraina dan Rusia masih berperang. Konflik dua negara yang pecah hingga hari ini ternyata memiliki cerita sejarah di baliknya. Bermula dari tahun 1991, setelah Ukraina memisahkan diri dari Uni Soviet.

Walaupun dapat dikatakan tingkat serangan sudah mulai menurun, tapi dikabarkan Presiden Ukraina yang bernama Volodymyr Zelenskyy masih berada di pengungsian yakni di Polandia.

Sebagian besar orang  yang penasaran mengenai latar belakang presiden Ukraina yang disebut-sebut sebagai mantan komedian ini. Bagaimana profil dan biodatanya? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari yawi echo, gamer esport mobile legends Indonesia. Mari simak pembahasan berikut ini.  

Profil Volodymyr Zelenskyy

Volodymyr Zelenskyy

Awal Karir Volodymyr Zelenskyy

Zelensky lahir pada tanggal 25 Januari 1978, di kota industri Kryvyi Rih yang berada di Negara Ukraina bagian selatan.

Namun, ketika dia masih kecil, keluarganya pindah ke Erdenet , Mongolia , selama empat tahun sebelum kembali ke Kryvyi Rih, tempat Zelensky masuk sekolah.

Ibunya bernama Rimma Zelenskaya merupakan seorang insyinyur, sedangkan ayahnya yang bernama Oleksandr Zelensky berprofesi sebagai ahli komputer.

Pada tahun 1995 ia memasuki Institut Ekonomi Kryvyi Rih, kampus lokal Universitas Ekonomi Nasional Kiev, dan pada tahun 2000 ia lulus dengan gelar sarjana hukum.

Meskipun Volodymyr Zelensky memiliki latar belakang Pendidikan dibidang ilmu Hukum, hanya saja sepanjang karirnya dia tidak pernah menggunakannya.

Pada saat ia masih menjadi seorang mahasiswa, dia aktif di dunia seni teater. Ia juga menggapai banyak prestasi dari bidang ini. Salah satunya di tahun 1997 grup teaternya yakni, Kvartal 95 tampil di final televisi KVN ( Klub vesyólykh i nakhódchivykh.

Acara ini merupakan kompetisi komedi improvisasi populer yang disiarkan di seluruh Commonwealth of Independent States, ini yang menyebabkan mereka sering tampil di TV hingga tahun 2003.

Setelah itu, Zelensky juga pernah mendirikan Studio Kvartal 95, yakni sebuah perusahaan produksi yang menjadi salah satu studio hiburan paling sukses dan produktif di Ukraina.

Zelensky akan menjabat sebagai direktur artistik Studio Kvartal 95 dari pendirian perusahaan hingga 2011. Zelensky juga pernah menjabat sebagai produser umum saluran televisi di Ukraina yakni, Inter TV.

Pada tahun 2012 dirinya mengambil keputusan untuk meninggalkan Inter TV demi melanjutkan karirnya bersama  Kvartal 95.

Keputusan ini membuatnya mendapat kontrak perjanjian produksi bersama dengan jaringan Ukraina 1+1. Jaringan itu dimiliki oleh Igor Kolomoisky, salah satu orang terkaya di Ukraina.

Selain bekerja di televisi, dulu Zelensky juga berprofesi sebagai aktor. Ia pernah membintangi sejumlah film layar lebar, seperti Rzhevskiy Versus Napoleon (2012) dan film komedi romantis 8 First Date (2012) dan 8 First Date (2015).

Zelensky menikah dengan teman masa kecilnya, yakni Olena Kiyashko, pada September 2003. Mereka berdua belajar di Sekolah Tata Bahasa yang sama.

Pada Juli 2004, pasangan itu dikaruniai seorang putri, yang mereka beri nama Oleksandra. Sembilan tahun kemudian, mereka dikaruniai seorang putra, bernama Cyril.

Karier Volodymyr Zelenskyy di Bidang Politik

Pada tanggal 21 April Volodymyr Zelensky terpilih sebagai presiden Ukraina dengan 73 persen suara, dan pada tanggal 20 Mei 2019, Zelensky resmi dilantik sebagai presiden.

Dia menggunakan pidato pelantikannya, yang dia sampaikan dalam campuran bahasa Rusia dan Ukraina, untuk menyerukan persatuan nasional dan untuk mengumumkan pembubaran Verkhovna Rada (Dewan Tertinggi).

Dalam beberapa hari dalam masa jabatannya, Presiden Ukraina yang satu ini mulai menghadapi beberapa tantangan kebijakan luar negeri.

Pertama, ketika Putin mengumumkan keputusannya untuk menawarkan paspor Rusia kepada warga Ukraina di daerah yang dikuasai separatis di timur Ukraina yang dilanda perang.

Perang hibrida yang didukung Rusia di sana memasuki tahun kelimanya, dan ratusan ribu orang Ukraina telah mengungsi akibat konflik tersebut.

Namun, Zelensky malah mencemooh tawaran itu, dia menanggapi dengan posting Facebook yang memperpanjang kewarganegaraan Ukraina ke Rusia.

Masalah kedua terjadi di bulan September 2019, Negara Ukraina didorong ke pusat skandal politik di Amerika Serikat.

Hal ini disebabkan karena adanya seorang pelapor di komunitas intelijen Amerika mengajukan keluhan resmi tentang tindakan Pres AS.Donald Trump.

Masalah tersebut kemudian berkaitan dengan keputusan Trump, mengenai penahanan pengiriman bantuan militer ke Ukraina.

Tidakan itu akan dibatalkan, jika Ukraina memulai penyelidikan atas dugaan pelanggaran oleh mantan wakil presiden AS.Joe Biden dan putranya.

Hunter Biden pernah menjabat di dewan konglomerat energi Ukraina Burisma Holdings, dan Trump mengklaim, tanpa bukti, bahwa Joe Biden telah menggunakan kantornya untuk menguntungkan putranya.

Volodymyr Zelensky mengungkapkan kekecewaannya terhadap Amerika Serikat dan Sekutu yang dinilai membiarkan negaranya sendirian menghadapi agresi militer yang dilancarkan Rusia sejak Kamis (24/2).

Padahal saat ini ia sangat mengharapkan bantuan dari para petinggi dunia untuk menjadikan negaranya sebagai sekutu dan dapat menghancurkan perlawanan dari Rusia terhadap Negaranya.

Biodata Volodymyr Zelenskyy

Volodymyr Zelenskyy

Nama Asli: Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy

Nama Panggilan: Presiden Volodymyr Zelensky

Tempat Lahir: Kryvyi Rih, RSS Ukraina, Uni Soviet,

Tanggal Lahir: 25 Januari 1978

Zodiak: Aquarius

Agama: Kristen

Kewarganegaraan: Ukraina

Profesi: Komedian, Aktor, dan Presiden Ukraina

Tahun Aktif: 20 Mei 2019 sampai sekarang

Tinggi Badan: 170 cm

Orang Tua: Oleksandr Zelensky (ayah) dan Rimma Zelenskaya (ibu)

Istri: Olena Zelenska

Anak: Oleksandra Zelenska (putri), dan Kyrylo Zelenskyy (putra)

Itulah informasi sekilas mengenai profil dan biografi Presiden Volodymyr Zelensky yang merupakan Presiden Negara Ukraina.

Semoga isi dari blog ini menambah informasi kamu, sehingga nantinya kamu dapat lebih mengenal sosok Presiden Ukraina ini. Sampai ketemu di Blog-blog selanjutnya.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar