Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi dan Profil Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina

Mulai dari tanggal 24 Februari 2022 hingga saat ini, Negara Ukraina dan Rusia masih berperang. Konflik dua negara yang pecah hingga hari ini ternyata memiliki cerita sejarah di baliknya. Bermula dari tahun 1991, setelah Ukraina memisahkan diri dari Uni Soviet.

Walaupun dapat dikatakan tingkat serangan sudah mulai menurun, tapi dikabarkan Presiden Ukraina yang bernama Volodymyr Zelenskyy masih berada di pengungsian yakni di Polandia.

Sebagian besar orang  yang penasaran mengenai latar belakang presiden Ukraina yang disebut-sebut sebagai mantan komedian ini. Bagaimana profil dan biodatanya? Mari simak pembahasan berikut ini.  

Profil Volodymyr Zelenskyy

Volodymyr Zelenskyy

Awal Karir Volodymyr Zelenskyy

Zelensky lahir pada tanggal 25 Januari 1978, di kota industri Kryvyi Rih yang berada di Negara Ukraina bagian selatan.

Namun, ketika dia masih kecil, keluarganya pindah ke Erdenet , Mongolia , selama empat tahun sebelum kembali ke Kryvyi Rih, tempat Zelensky masuk sekolah.

Ibunya bernama Rimma Zelenskaya merupakan seorang insyinyur, sedangkan ayahnya yang bernama Oleksandr Zelensky berprofesi sebagai ahli komputer.

Pada tahun 1995 ia memasuki Institut Ekonomi Kryvyi Rih, kampus lokal Universitas Ekonomi Nasional Kiev, dan pada tahun 2000 ia lulus dengan gelar sarjana hukum.

Meskipun Volodymyr Zelensky memiliki latar belakang Pendidikan dibidang ilmu Hukum, hanya saja sepanjang karirnya dia tidak pernah menggunakannya.

Pada saat ia masih menjadi seorang mahasiswa, dia aktif di dunia seni teater. Ia juga menggapai banyak prestasi dari bidang ini. Salah satunya di tahun 1997 grup teaternya yakni, Kvartal 95 tampil di final televisi KVN ( Klub vesyólykh i nakhódchivykh.

Acara ini merupakan kompetisi komedi improvisasi populer yang disiarkan di seluruh Commonwealth of Independent States, ini yang menyebabkan mereka sering tampil di TV hingga tahun 2003.

Setelah itu, Zelensky juga pernah mendirikan Studio Kvartal 95, yakni sebuah perusahaan produksi yang menjadi salah satu studio hiburan paling sukses dan produktif di Ukraina.

Zelensky akan menjabat sebagai direktur artistik Studio Kvartal 95 dari pendirian perusahaan hingga 2011. Zelensky juga pernah menjabat sebagai produser umum saluran televisi di Ukraina yakni, Inter TV.

Pada tahun 2012 dirinya mengambil keputusan untuk meninggalkan Inter TV demi melanjutkan karirnya bersama  Kvartal 95.

Keputusan ini membuatnya mendapat kontrak perjanjian produksi bersama dengan jaringan Ukraina 1+1. Jaringan itu dimiliki oleh Igor Kolomoisky, salah satu orang terkaya di Ukraina.

Selain bekerja di televisi, dulu Zelensky juga berprofesi sebagai aktor. Ia pernah membintangi sejumlah film layar lebar, seperti Rzhevskiy Versus Napoleon (2012) dan film komedi romantis 8 First Date (2012) dan 8 First Date (2015).

Zelensky menikah dengan teman masa kecilnya, yakni Olena Kiyashko, pada September 2003. Mereka berdua belajar di Sekolah Tata Bahasa yang sama.

Pada Juli 2004, pasangan itu dikaruniai seorang putri, yang mereka beri nama Oleksandra. Sembilan tahun kemudian, mereka dikaruniai seorang putra, bernama Cyril.

Karier Volodymyr Zelenskyy di Bidang Politik

Pada tanggal 21 April Volodymyr Zelensky terpilih sebagai presiden Ukraina dengan 73 persen suara, dan pada tanggal 20 Mei 2019, Zelensky resmi dilantik sebagai presiden.

Dia menggunakan pidato pelantikannya, yang dia sampaikan dalam campuran bahasa Rusia dan Ukraina, untuk menyerukan persatuan nasional dan untuk mengumumkan pembubaran Verkhovna Rada (Dewan Tertinggi).

Dalam beberapa hari dalam masa jabatannya, Presiden Ukraina yang satu ini mulai menghadapi beberapa tantangan kebijakan luar negeri.

Pertama, ketika Putin mengumumkan keputusannya untuk menawarkan paspor Rusia kepada warga Ukraina di daerah yang dikuasai separatis di timur Ukraina yang dilanda perang.

Perang hibrida yang didukung Rusia di sana memasuki tahun kelimanya, dan ratusan ribu orang Ukraina telah mengungsi akibat konflik tersebut.

Namun, Zelensky malah mencemooh tawaran itu, dia menanggapi dengan posting Facebook yang memperpanjang kewarganegaraan Ukraina ke Rusia.

Masalah kedua terjadi di bulan September 2019, Negara Ukraina didorong ke pusat skandal politik di Amerika Serikat.

Hal ini disebabkan karena adanya seorang pelapor di komunitas intelijen Amerika mengajukan keluhan resmi tentang tindakan Pres AS.Donald Trump.

Masalah tersebut kemudian berkaitan dengan keputusan Trump, mengenai penahanan pengiriman bantuan militer ke Ukraina.

Tidakan itu akan dibatalkan, jika Ukraina memulai penyelidikan atas dugaan pelanggaran oleh mantan wakil presiden AS.Joe Biden dan putranya.

Hunter Biden pernah menjabat di dewan konglomerat energi Ukraina Burisma Holdings, dan Trump mengklaim, tanpa bukti, bahwa Joe Biden telah menggunakan kantornya untuk menguntungkan putranya.

Volodymyr Zelensky mengungkapkan kekecewaannya terhadap Amerika Serikat dan Sekutu yang dinilai membiarkan negaranya sendirian menghadapi agresi militer yang dilancarkan Rusia sejak Kamis (24/2).

Padahal saat ini ia sangat mengharapkan bantuan dari para petinggi dunia untuk menjadikan negaranya sebagai sekutu dan dapat menghancurkan perlawanan dari Rusia terhadap Negaranya.

Biodata Volodymyr Zelenskyy

Volodymyr Zelenskyy

Nama Asli: Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy

Nama Panggilan: Presiden Volodymyr Zelensky

Tempat Lahir: Kryvyi Rih, RSS Ukraina, Uni Soviet,

Tanggal Lahir: 25 Januari 1978

Zodiak: Aquarius

Agama: Kristen

Kewarganegaraan: Ukraina

Profesi: Komedian, Aktor, dan Presiden Ukraina

Tahun Aktif: 20 Mei 2019 sampai sekarang

Tinggi Badan: 170 cm

Orang Tua: Oleksandr Zelensky (ayah) dan Rimma Zelenskaya (ibu)

Istri: Olena Zelenska

Anak: Oleksandra Zelenska (putri), dan Kyrylo Zelenskyy (putra)

Itulah informasi sekilas mengenai profil dan biografi Presiden Volodymyr Zelensky yang merupakan Presiden Negara Ukraina.

Semoga isi dari blog ini menambah informasi kamu, sehingga nantinya kamu dapat lebih mengenal sosok Presiden Ukraina ini. Sampai ketemu di Blog-blog selanjutnya.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah