Langsung ke konten utama

Biografi Norodom Sihamoni, Raja Kamboja yang Pernah Menjadi Duta UNESCO

Kamboja adalah sebuah negara kerajaan monarki konstitusional dengan sistem trias politica , dimana negara tersebut dipimpin oleh kepala negara yang bergelar raja. Raja di Kamboja adalah raja seumur hidup, dengan kata lain pemimpin negara tersebut merupakan keturunan asli raja sebelumnya. Kini negara yang berbatasan dengan Thailand, Laos, Vietnam dan Teluk Thailand dipimpin oleh raja yang bernama Norodom Sihamoni yang merupakan penerus raja sebelumnya, Norodom Sihanouk yang turun takhta pada tahun 2004. Ia pernah menjabat sebagai Duta Besar Kamboja untuk UNESCO, hingga ketika didaulat sebagai Raja Kamboja menggantikan sang ayah, Norodom diberi gelar: Preah Karuna Preah Bat Sâmdech Preah Bâromneath Norodom Sihamoni, Preahmâhaksat. Yang secara harafiah, gelarnya tersebut bermakna sebagai berikut: Preah ("suci", yang berasal dari kata dalam bahasa India Brahmana) Karuna ("welas asih", sebuah konsep Buddhis, lihat Karuna) Preah ("suci") Bat ("kaki",

Biografi Maha Vajiralongkorn, Kepala Negara Thailand, Rama X


Hai sobat bloger, pembahasan kali ini seputar biografi dari kepala Negara Thailand yang terkadang berpenampilan nyentrik. Beliau adalah Maha Vajiralongkorn. Yuk, disimak biografi Maha Vajiralongkorn berikut ini.


Biografi Maha Vajiralongkorn


Sistem pemerintahan Negara Thailand menganut sistem kerajaan, dimana yang berhak memimpin negara tersebut adalah keturunan asli raja pendahulunya. Saat ini, negara yang berada di wilayah Asia Tenggara itu dipimpin Paduka Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn, yang dinobatkan sebagai raja sejak 13 Oktober 2016.


Maha Vajiralongkorn yang lahir di Bangkok, 28 Juli 1952 menjadi raja kesepuluh dari Dinasti Chakri, dan mendapat gelar sebagai Rama X. Beliau merupakan putra tunggal dari Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand, dan Ratu Sirikit.


Di saat putra mahkota ini berusia satu tahun Agung Patriark Thailand dari Era Rattanakosin, memberinya dengan nama pertamanya saat lahir, yaitu[7] "Vajiralongkorn Borommachakkrayadisonsantatiwong Thewetthamrongsuboriban Aphikhunuprakanmahittaladunladet Phumiphonnaretwarangkun Kittisirisombunsawangkhawat Borommakhattiyaratchakuman".


Pendidikan pertamanya dimulai pada tahun 1965, di taman kanak-kanak Sekolah Chitralada di Istana Dusit.


Setelah menyelesaikan Mathayom 1 (kelas tujuh), ia dikirim untuk dididik di sekolah independen di Inggris. Ia pertama kali sekolah persiapan, King's Mead, Seaford, Sussex, dan kemudian di Millfield School, di Somerset, di mana ia menyelesaikan pendidikan menengahnya pada Juli 1970. Pada bulan Agustus 1970, ia mengikuti kursus pelatihan militer selama lima minggu di The King's School, di Sydney, Australia.


Kemudian di tahun 1972,Beliau mendaftar di Royal Military College, Duntroon di Canberra, Australia. Pendidikannya di Duntroon dibagi menjadi dua bagian, pelatihan militer oleh Angkatan Darat Australia dan program sarjana di bawah naungan Universitas New South Wales. Ia lulus pada tahun 1976 sebagai kopral baru dengan gelar seni liberal.


Dan tahun 1982, ia telah berhasil menyelesaikan gelar sarjana hukum kedua, serta mendapat penghargaan kelas dua di Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat.


Setelah menyelesaikan pendidikannya, Maha Vajiralongkorn pernah bertugas di militer Thailand sebagai pilot helicopter. Serta ikut andil dalam operasi militer penumpasan Partai Komunis Thailand pada dekade 70-an. Ia juga memimpin kontak sendajata dalam sengketa perbatasan dengan kamboja.


Setelah kematian ayahnya pada 13 Oktober 2016, ia diprediksi akan menjadi penerus takhta kerajaan Thailand meskipun harus menunggu masa berkabung selesai. Ia menerima kekuasaan pada 1 Desember 2016, tetapi belum akan dimahkotai secara resmi hingga kremasi dari ayahnya selesai dilakukan.


Keluarga Maha Vajiralongkorn


Diketahui Maha Vajiralongkorn telah menikah sebanyak 5 kali. Putri Soamsawali yang merupakan sepupu pertamanya dinikahinya pada 3 Januasri 1977 dan hanyan memiliki satu putri bernama Putri Bajrakitiyabha. Kemudian keduanya memutuskan bercerai.


Setelah perceraiannya yang pertama, dia kembali menikah dengan Sujarinee Vivacharawongse. pada akhir 1980-an. Dan mendapat 4 buah hati dari pernikahan keduanya ini. Lagi-lagi rumah tangga Maha Vajiralongkorn harus kandas.


Tak lama berselang dari perceraian yang kedua, dia menikah lagi dengan Yuvadhida pada tahun 1994, yang kemudian dikenal sebagai Sujarinee Vivacharawongse. Dan untuk ketiga kalinya kembali gagal. Pernikahan tersebut hanya berjalan selama dua tahun saja.


Pasca bercerai, Yuvadhida memboyong semua anaknya pindah ke Amerika Serikat. Namun saat itu Vajiralongkorn marah dan membawa kembali putrinya ke Thailand, serta menanggalkan gelar dan paspor diplomatik Yuvadhida beserta keempat anak mereka yang lainnya.


Pada tahun 2001, Maha Vajiralongkorn kembali menikah dengan mantan pelayan bernama Srirasmi Suwadee. Srirasmi Suwadee, yang telah berada dalam dinasnya sejak 1992. Di tahun 2005, sang raja menyembunyikan pernikahannya dari publik hingga Srirasmi Suwadee melahirkan seorang putra yang diberi nama Pangeran Dipangkorn Rasmijoti.


Di tahun 2015, mereka bercerai, serta menanggalkan gelar kerajaannya dan mengasingkannya ke lokasi yang dirahasiakan di Thailand dengan uang cerai dilaporkan sebesar 4,5 juta Poundsterling.


Setelah bercerai dengan Srirasmi Suwadee, pada 1 Mei 2019, Maha Vajiralongkorn menikahi Suthida dan menetapkan hari ulang tahun istrinya tersebut sebagai hari libur nasional Thailand.


Ratu Suthida dinobatkan sebagai pendamping raja pada 4 Mei 2019. Pernikahannya tersebut sempat menjadi kontroversi karena hari pernikahan berdekatan dengan penobatannya.


Disisi lain, Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi diangkat sebagai permaisuri yang mulia bulan lalu, pada hari ulang tahun raja ke-67. Ini adalah gelar yang belum dianugerahkan sejak Thailand menghapuskan monarki absolutnya pada tahun 1932. Sebelum memulai tugas permaisuri, Jenderal Sineenat lulus dari Army Nursing College pada tahun 2008. Ia sekarang menjadi anggota korps pengawal raja, dengan pangkat tersebut. jenderal besar.


Posisi permaisuri yang mulia, yang biasanya merujuk pada selir raja, terpisah dari posisi ratu. Gelar itu dipegang oleh Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, mantan pramugari yang merupakan istri keempat raja. Ratu Suthida kemudian menjadi seorang jenderal dan membantu memerintahkan pengawal raja. Berita bahwa keduanya telah menikah dirilis tiga hari sebelum raja secara resmi dimahkotai pada bulan Mei.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi dan Latar Belakang Kehidupan Vladimir Putin

Presiden Vladimir Putin merupakan presiden dengan masa jabatan terlama kedua di negara yang ada di Benua Eropa setelah Alexander Lukashenko yang merupakan Presiden asal Negara Belarus. Nama presiden ini mulai terkenal di berbagai penjuru dunia karena kebijakannya untuk mengirimkan pasukan militer khusus untuk menyerang ke Negara Ukraina. Oleh sebab itu, pasti banyak orang yang menjadi penasaran mengenai latar belang kehidupan dari Presiden Rusia yang satu ini. Seperti apa kehidupannya, mari simak penjelasannya pada ulasan yang telah kami rangkum untuk anda di bawah ini. Latar Belakang Kehidupan Presiden Rusia, Vladimir Putin Presiden Rusia yang satu-satunya telah menjabat selama 2 kali ini memiliki nama lengkap Vladimir Vladimirovich Putin. Ia lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di kota Leningrad, yang mana pada saat ini telah diubah namanya menjadi kota Saint Petersburg. Vladimir Putin dilahirkan dari seorang ayah yang bernama Vladimir Spiridonovich Putin yang merupakan se