Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi Singkat Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Malaysia yang Menjabat 2 Periode


Negara Malaysia yang dikenal menganut sistem pemerintahan Federal Parlementer Monarki Konstitusional, dipimpin oleh seorang raja yang memiliki gelar Sri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong.


Namun, pemerintahannya dikepalai oleh seorang Perdana Menteri. Salah satu Perdana Menteri Malaysia yang pernah menjabat 2 periode adalah Mahathir Mohamad. Berikut biografinya.


Perjalanan Karir Mahathir Mohamad

Pemilik nama Tun Dr. Mahathir bin Mohamad lahir di Alor Setar, 10 Juli 1925. Ia merupakan seorang dokter dan politikus senior yang sempat menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia di tahun 1981 hingga 2003, untuk periode ke-4.


Kemudian dirinya kembali terpilih untuk kali keduanya diperiode ke-7, dari tahun 2018 sampai 2020. Berikut perjalanan karir Mahathir Mohamad.


Tun Dr. Mahathir bin Mohamad mengawali karirnya sebagai seorang dokter setelah meraih gelar Sarjana Muda Kedokteran dan Pembedahan (MBBS) di dinas pemerintahan. Kemudian ia kembali ke tanah kelahirannya, Alor Setar dan membuka praktik sendiri.


Kala itu, pria berusia 96 tahun ini menjadi dokter Melayu pertama yang meraih kesuksesan di kampung halamannya.


Mahathir Mohamad kemudian mencoba terjun ke dunia politik pasca berakhirnya pendudukan Jepang di Malaya pada tahun 1945. Saat itu dia ikut aktif dalam menentang Uni Malaya. Selain itu ia juga menjadi salah satu orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai anggota Organisasi Kebangsaan Melayu Baersatu.


Dan perdana menteri Malaysia yang pernah menjabat semalam 2 periode ini resmi dilantik pada tanggal 16 Juli 1981, diusianya yang menginjak 56 tahun.


Menjabat selama 22 tahun, Mahathir dianggap sebagai pemimpin terpilih dengan masa jabatan terlama di dunia. Di tahun 2002, ia mengumumkan mengundurkan diri pada musyawarah nasional UMNO. Namun keputusannya tersebut segera disanggah para pendukungnya dan meminta dia untuk tetap menjabat. Akan tetapi dia tetap keukeuh pension di bulan Oktober 2003.


Pada 8 Januari 2018, Tun Dr. Mahathir bin Mohamad kembali mencalonkan diri sebagai perdana menteri aliansi oposisi Pakatan Harapan di pemilu 9 Mei 2018. Saat itu yang menjadi lawan politiknya adalah Najib Razak. Wan Azizah Wan Ismail, istri mantan musuh politiknya, Anwar Ibrahim.


Akhirnya ia memenangkan pemilihan tersebut, dan kembali menjabat sebagai Perdana Negeri sepertu dulu dari tahun 2018 sampai 2020. Mahathir pun dinobatkan sebagai perdana menteri tertua yang ada di Malaysia.


Keluarga Mahathir Mohamad

Diketahui, Mahathir Mohamad merupakan anak bungsu dari 10 bersaudara yang lahir dari pasangan Mohammad Iskandar dan Wan Tempawan Wan Hanapi.


Ayah Mahathir, Mohammad Iskandar etnis Melayu Penang keturunan Melayu dan India. Kakek dari pihak ayah Mahathir berasal dari Rangunia, Kepresidenan Benggala, Kemaharajaan Britania (sekarang Divisi Chittagong, Bangladesh) dan menikah dengan seorang perempuan etnis Melayu. Sedangkan ibunya, Wan Tempawan Wan Hanapi merupakan seorang perempuan berketurunan Melayu dari Kedah.


Mahathir Mohamad menikahi putri dari Mohamad Ali bin Taib dan Siti Khatijah binti Ahmad yang memiliki garis keturunan Minangkabau, bernama Siti Hasmah pada 1956.


Dari pernikahan mereka, dikaruniai 7 orang anak. Ketujuh anak mereka bernama Marina Mahathir,Mirzan Mahathir,Melinda Mahathir,Mokhzani Mahathir,Mukhriz Mahathir,Mazhar Mahathir,Maizura Mahathir.


Beberapa informasi seputar anaknya, yakni putri sulung Mahathir Marina Mahathir, menjadi seorang novelis dan aktivis di beberapa lembaga non-pemerintah. Putra ketiganya Mokhzani Mahathir, menjadi konglomerat Malaysia terkemuka. Dan putra keempat Mukhriz Mahathir, menjabat sebagai Menteri Besar Kedah.


Koleksi Buku Mahathir Mohamad

The Malay Dilemma (1970)

The Challenge,(1986)

Regionalism, Globalism, and Spheres of Influence: ASEAN and the Challenge of Change into the 21st century

The Pacific Rim in the 21st century,(1995)

The Challenges of Turmoil, (1998)

The Way Forward, (1998)

A New Deal for Asia, (1999)

Islam & The Muslim Ummah, (2001)

Globalisation and the New Realities (2002)

Reflections on Asia, (2002)

The Malaysian Currency Crisis: How and why it Happened,(2003)

Achieving True Globalization, (2004)

Islam, Knowledge, and Other Affairs, (2006)

Principles of Public Administration: An Introduction, (2007)

Chedet.com Blog Merentasi Halangan (Bilingual), (2008)

A Doctor in the House: The Memoirs of Tun Dr Mahathir Mohamad, 8 Maret 2011

Doktor Umum: Memoir Tun Dr. Mahathir Mohamad, 30 April 2012. Buku ini adalah versi bahasa Malaysia dari memoar larisnya yang berjudul "A Doctor in the House".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah