Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Singkat Presiden Korea Selatan Ke-20, Yoon Seok-yeol


Saat ini negara Korea Selatan tengah naik daun karena kepopulerannya akan produk kecantikan serta industri hiburan, seperti grup bernyanyi baik laki-laki maupun perempuan dan drama-dramanya yang selalu membuat penasaran.


Bagi kamu pecinta K-pop maupun drama Korea, apakah mengetahui informasi seputar kepemimpinan negara tersebut? Siapa kepala negara yang saat ini tengah menjabat? Jika belum, yuk simak artikel berikut ini.


Republik Korea atau Korea Selatan merupakan negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Sistem pemerintahan negara ini sama dengan negara-negara demokrasi lainnya, dimana sistem pemerintahannya dipimpin oleh sorang presiden.


Di tahun 2022 ini, Korea Selatan dipimpin oleh Yoon Seok-yeol. Dia terpilih menjadi presiden setelah memenangkan pemilihan umum Presiden Korea Selatan 2022 dan menjadi presiden ke-20. Untuk mengenal lebih jauh sosoknya, berikut biografi Yoon Seok-yeol.


Biografi Yoon Seok-yeol

Lahir di Distrik Seodaemun, Seoul pada 18 Desember 1960 merupakan presiden Korea Selatan ke-20 yang dilantik pada tahun 2022 yang sebelumnya menjabat sebagai seorang politikus dan mantan jaksa agung.


Ia lahir dari pasangan yang identik dengan akademis. Ayahnya, Yoon Ki Jong adalah seorang professor dan pendiri Departemen Statistik di Universitas Yonsei. Diketahui ayahnya juga seorang pendiri Himpunan Statistik Korea dan menjadi anggota Ilmu Pengetahuan Korea,


Sementara ibunya, Choi Jeong Ja merupakan seorang pengajar di ewha Womans University. Bahkan keahliannya dibidang akademik membuat ibu Yoon ini meraih gelar profesor.


Yoon Seok-yeol bersekolah di Sekolah Dasar Daegwang, kemudian melanjut ke Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Chungam.


Setelah itu, dia meneruskan pendidikannya dengan memilih jurusan hukum di Universitas Nasional Seoul di tahun 1979 dan mendapat gelar sarjana hukum pada tahun 1983. Di tahun 1988, dia menyelesaikan pendidikan megister hukum dari universitas yang sama.


Pada tahun 2012, Yoon memutuskan menikah dengan Kim Keon-hee saat usianya menginjak 52 tahun dan sang istri 40 tahun. Hingga saat ini, mereka belum juga dikaruniai buah hati. Dan untuk mengisi keseharian, mereka memutuskan untuk memelihara tiga kucing dan empat anjing.


Perjalanan Karir Yoon Seok-yeol

Presiden Korsel ke-20 yang kini berusia 61 tahun ini termasuk lambat dalam memulai karir. Hal itu dikarenakan dirinya yang mengalami beberapa kali kegagalan saat mengikuti ujian hukum. Ia dinyatakan lulus setelah mencoba sebanyak 9 kali di tahun 1991.


Pada tahun 1994, ia memulai karirnya sebagai jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Daegu. Kala itu dia bekerja sebagai asisten jaksa di Divisi Investigasi Khusus yang menangani kasus-kasus korupsi.


Selain menjadi asisten jaksa, dia juga pernah diberi kepercayaan untuk memegang beberapa posisi penting di Divisi tersebut, seperti Direktur Divisi Kasus 1 Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul dan Kepala Divisi 1 dan 2 Kantor Kejaksaan Agung.


Berkat keahliannya dalam menangani kasus-kasus korupsi yang terjadi saat itu di Korea Selatan, membuat nama Yoon melambung tinggi dan semakin banyak dikenal warga Korsel.


Salah satu kasus yang berhasil ditanganinya adalah penangkapan kepala dinas Intelejen Badan Kepolisian Nasional di era pemerintahan Kim Dae-jung. Kasus tersebut awalnya sempat ditentang oleh atasannya.


Park Yong-soo, investigator independen memintanya untuk bergabung dalam tim investigasi kasus penyalahgunaan kekuasaan oleh presiden Park Geun-hye di tahun 2016. Hasil kerjasama tersebut membuahkan skandal politik besar yang akhirnya menyeret sejumlah tokoh, termasuk Choi Soon-sil dan Lee Jae-yong, eksekutif Samsung.


Delapan tahun berkarir di kejaksaan Daegu, dirinya memutuskan mengundurkan diri dan terpilih menjadi direktur Divisi pertama departemen investigasi pusat Kejaksaan Agung dan kepala departemen investigasi khusus pertama Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul, yang saat itu dipilih langsung oleh presiden Moon Jae-in.


Hubungan Yoon dan presiden yang menjabat saat itu semakin memburuk. Hal ini disebabkan Yoon mengizinkan penyelidikan keterlibatan Cheong Wa Dae dalam pemilihan sela di Ulsan yang memenangkan teman dekat Moon.


Pada Maret 2021, Yoon Seok-yeol mengundurkan diri sebagai bentuk protesnya terhadap rencana reformasi kejaksaan saat itu.


Ditahun yang sama pada bulan Juli, Yoon naik sebagai calon presiden, kemudia bergabung dengan partai oposisi utama, Partai Kekuatan Rakyat. Ia resmi menjadi kandidat capres dari partai tersebut pada November 2021.


Siapa sangka, dirinya yang masih baru di dunia politik dapat memenangkan pemilihan tersebut dengan mengungguli lawannya, Lee Jae-myung dengan perolehan suara sebanyak 48,6%, yang digelas pada 9 Maret 2022. Dan resmi dilantik pada 10 Mei 2022.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran