Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Singkat Barack Obama, Presiden Amerika Serikat Pertama yang Berkulit Hitam

 


Amerika Serikat merupakan sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Penduduk asli negara adikuasa ini adalah orang Indian, yang disebut juga dengan Indian Amerika, Amerindian, Amerin, Aborigin Amerika atau First Nation.


Negara ini dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih melalui pemilihan umum. Dari sekian banyak presiden yang pernah memimpin  AS, masih satu orang yang berasal dari ras kulit hitam. Mengingat adanya perbedaan antara warna kulit di negara tersebut, berkat sosok pemimpin yang satu ini, semuanya menjadi terlihat sama.


Sosok yang dimaksud adalah Barack Obama, Presiden Amerika Serikat ke-44, periode 2009 – 2017. Untuk mengenal lebih dekat sang presiden AS ke-44, yuk simak biografi singkat beliau.


Biografi Barack Obama

Lahir dengan nama lengkap Barack Hussein Obama II di Honolulu, Hawai pada 4 Agustus 1961, ia adalah seorang politikus Amerika yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika ke-44. Ia merupakan anak dari pasangan Barack Hussein Obama dan Ann Dunham. Obama diketahui memiliki 7 orang saudara. Agama Obama dan keluarga adalah Kristen Protestan.


Saat masih muda, ia dipanggil “Barry”, kemudian setelah duduk dibangku pergguruan tinggi, dia meminta agar dipanggil dengan nama aslinya. Sebagai lulusan Universitas Columbia dan Harvard Law School, dia pernah menjadi penggerak masyarakat di Chicago sebelum mendapat gelar hukumnya.


Obama pernah bersekolah di Jakarta, Indonesia selama empat tahun. dari situ dia mempelajari bahasa Indonesia.


Presiden Amerika Serikat ke-44 ini menikahi seorang gadis bernama Michelle Robinson. Kala itu pertemuan keduanya terjadi saat dirinya bekerja sebagai pengacara pembantu di firma hukum Sidley Austin, Chicago pada bulan Juni 1989.


Mereka sempat ditugaskan bersama sebagai penasihat selama tiga bulan, namun menolak untuk kencan pertama.


Keduanya mulai kencan pada musim panas, dan kemudian memutuskan bertunangan pada tahun 1991. Di tanggal 3 Oktober 1992, Barack dan Michelle resmi menjadi pasangan suami istri. Dan mereka dikaruniai 2 orang putri, Malia Ann dan Natasha.


Perjalanan Karir Barack Obama

Sebelum menjabat sebagai presiden, Obama memulai karirnya sebagai jaksa hak-hak sipil di Chicago dan mengajar hukum konstitusi di University of Chicago Law School sejak 1992 sampai 2004. Ia juga pernah sampai tiga kali mewakili Distrik ke-13 di Senat illinos pada tahun 1997 hingga 2004, namun gagal di tahap Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat tahun 2000.


Saat berkampanye mewakili Illionis di Senat Amerika Serikat pada kemenangannya di pemilu pendahuluan Partai Demokrat bulan Maret 2004, mendapat perhatian nasional. Di tahun 2007, ia memulai kampanye presidennya, kemudian pada tahun 2008, kampanye pendahuluan melawan Hillary Rodham Clinton.


Dari situ Obama memenangkan suara delegasi dalam pemilu pendahuluan Partai Demokrat yang akan dijadikan calon presiden. Dan masih di tahun yang sama, ia berhasil mengalahkan calon dari pasrta Republik John McCain pada pemilihan umum presiden tahun 2008.


Barack Obama dilantik sebagai presiden pada tanggal 20 Januari 2009 dan disusul meraih kemenangan atas Hadiah Nobel Perdamaian 2009. Ia terpilih menjadi pemimpin Amerika Serikat selama dua periode. Dirinya kembali memenangkan pemilihan dan dilantik untuk kedua kalinya pada tanggal 20 Januari 2013, yang berakhir di tahun 2017.


Di awal masa jabatannya, Obama mengesahkan undang-undang stimulus ekonomi sebagai tanggapan terhadap resesi 2007–2009 di Amerika Serikat dalam bentuk American Recovery and Reinvestment Act of 2009 dan Tax Relief, Unemployment Insurance Reauthorization, and Job Creation Act of 2010.


Selain itu, terdapat inisiatif besar dalam negeri lainnya seperti Patient Protection and Affordable Care Act; Dodd–Frank Wall Street Reform and Consumer Protection Act; Don't Ask, Don't Tell Repeal Act of 2010; Budget Control Act of 2011; dan American Taxpayer Relief Act of 2012.


Untuk kebijakan luar negeri, Obama mengambil keputusan untuk mengakhiri keterlibatan militer A.S. dalam Perang Irak, menambah jumlah tentara di Afganistan, menandatangani perjanjian pengendalian senjata New START bersama Rusia, memerintahkan intervensi militer A.S. di Libya, dan melaksanakan operasi militer yang berujung pada kematian Osama bin Laden.


Dan yang membuat menarik dari Obama selama menjabat sebagai presiden Amerika Serikat adalah mendukung pengesahan pernikahan sesame jenis secara terbuka pada bulan Mei 2012.


Sedikit informasi tambahan, pada bulan Desember 2007, Money memperkirakan kekayaan bersih keluarga Obama sebesar $1,3 juta. Formulir pajak mereka tahun 2009 mencantumkan pendapatan rumah tangga senilai $5,5 juta, naik dari $4,2 juta tahun 2007 dan $1,6 juta tahun 2005, yang kebanyakan merupakan hasil penjualan buku-bukunya.


Dari pendapatannya sebesar $1,7 juta pada tahun 2010, ia memberikan 14%-nya ke organisasi nirlaba, termasuk $131.000 ke Fisher House Foundation, badan amal yang membantu keluarga veteran terluka dan mengizinkan mereka tinggal dekat tempat veteran tersebut dirawat. Dalam informasi keuangannya yang dilepaskan ke publik tahun 2012, kekayaan Obama bisa mencapai $10 juta.

Posting Komentar

0 Komentar