Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Profil Presiden Sri lanka, Mahinda Rajapaksa



Sri lanka merupakan sebuah negara pulau kecil yang terletak di sebelah utara Samudera Hindia, tepatnya di pesisir tenggara India. Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya.

Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara yang beribukota di Kolombo ini dengan Ceylon (dalam bahasa Indonesia dibaca Sailan).

Pada tahun 1947, negara ini memperoleh kedaulatan . Kepala pemerintahannya adalah seorang presiden yang dipilih untuk masa jabatan selama enam tahun. Kemudian ia mengangkat seorang perdana menteri dan anggota kabinet.  

Salah satu Perdana Menteri Sri lanka yang cukup kontroversial karena membuat Sri Lanka seperti perusahaan Keluarga adalah Mahinda Rajapaksa.

Beliau juga pernah dicekal pengadilan Sri Lanka bersama putranya Namal, dan 15 orang-orang kepercayaannya untuk meninggalkan negara itu karena mereka diduga kuat terlibat dalam tindakan kekerasan terhadap demonstran anti-pemerintah.

Diawal masa jabatannya,  Rajapaksa merupakan seseorang Perdana Menteri yang sangat diandalkan oleh rakyatnya. Penarasan dengan profil lengkapnya nya ? Simak profilnya lengkapnya dibawah ini sambil mendengarkan lagu Chord Buih Jadi Permadani  

Profil Mahinda Rajapaksa

Rajapaksa menghabiskan masa remajanya di rumah keluarga di Medamulana. Pada usia enam tahun, ia dikirim ke sekolah ayahnya Richmond College di Galle. Awalnya, dia dan kakak laki-lakinya tinggal di sebuah keluarga di Galle, kemudian ibu mereka menyewa sebuah rumah di Galle yang disebut 'Singapore House' dan pindah ke sana untuk memfasilitasi pendidikan keluarga yang sedang tumbuh. 

Pada pertengahan tahun lima puluhan, Rajapaksa bersama keluarganya pindah ke Kolombo. Disana, Mahinda Rajapaksa diterima di Nalanda College. Kemudian pada tahun 1957, ia dipindahkan ke Thurstan College. Dia dikenal cukup aktif dalam olahraga seperti kriket, rugger dan atletik. Bahkan pernah menjuari lari estafet 400m.

Pada pertengahan tahun enam puluhan, ia mulai bekerja sebagai asisten perpustakaan di Vidyodaya Pirivena dan segera menjadi aktif dalam politik sayap kiri. Ia menjadi anggota Ceylon Mercantile Union dan terpilih sebagai sekretaris cabangnya pada 1967. 

Ayahnya yang kehilangan kursi parlemen dalam pemilihan umum 1965, meninggal pada November 1967. Pemimpin partai Sri Lanka Freedom Party (SLFP) Sirima Bandaranaike menawarkan jabatan ayahnya sebagai penyelenggara partai SLFP untuk pemilih Beliatta kepada kakak laki-lakinya Chamal. Chamal yang telah bergabung dengan Kepolisian Sri Lanka sebagai Sub-inspektur, menolak tawaran tersebut demi adiknya. Akhirnya, jabatan tersebut diserahkan kepada Mahinda Rajapaksa dan ditunjuk sebagai perwakilam SLFP untuk Beliatta pada tahun 1968.


Karir Mahinda Rajapaksa

Pria yang lahir pada 18 November 1945 ini memasuki dunia politik sejak usia muda. Bahkan ia pernah menjadi anggota parlemen termuda di usia 24 di kursi yang dulu diduduki ayahnya. 

Setelah kehilangan kursi pada 1977, Mahinda fokus pada karier hukumnya.  Ia kembali ke parlemen pada 1989. 

Mahinda Rajapaksa sendiri lahir dari keluarga yang menguasai dunia politik Sri Lanka selama lebih dari dua dekade. Ia merupakan putra pertama dari 9 bersaudara. 

Ayah dan pamannya sempat menjabat sebagai anggota parlemen negara. Hampir semua saudara-saudaranya memiliki catatan karier politik yang cemerlang

Pada April 2004, ia dilantik sebagai Perdana Menteri Kabinet yang terbentuk setelah pembubaran pemerintahan Wickremesinghe oleh President Chandrika Kumaratunga. 

Setahun setelah menjabat sebagai Perdana Menteri, Mahinda terpilih untuk menjadi kandidat calon presiden dari Partai Kebebasan Sri Lanka. Ia mengalahkan capres Ranil Wickremesinghe dari Partai Persatuan Nasional dalam pemilu Sri Lanka November 2005. Dia menjabat sebagai Presiden Sri Lanka dari 2005 hingga 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran