Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil Presiden Sri lanka, Mahinda Rajapaksa



Sri lanka merupakan sebuah negara pulau kecil yang terletak di sebelah utara Samudera Hindia, tepatnya di pesisir tenggara India. Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya.

Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara yang beribukota di Kolombo ini dengan Ceylon (dalam bahasa Indonesia dibaca Sailan).

Pada tahun 1947, negara ini memperoleh kedaulatan . Kepala pemerintahannya adalah seorang presiden yang dipilih untuk masa jabatan selama enam tahun. Kemudian ia mengangkat seorang perdana menteri dan anggota kabinet.  

Salah satu Perdana Menteri Sri lanka yang cukup kontroversial karena membuat Sri Lanka seperti perusahaan Keluarga adalah Mahinda Rajapaksa.

Beliau juga pernah dicekal pengadilan Sri Lanka bersama putranya Namal, dan 15 orang-orang kepercayaannya untuk meninggalkan negara itu karena mereka diduga kuat terlibat dalam tindakan kekerasan terhadap demonstran anti-pemerintah.

Diawal masa jabatannya,  Rajapaksa merupakan seseorang Perdana Menteri yang sangat diandalkan oleh rakyatnya. Penarasan dengan profil lengkapnya nya ? Simak profilnya lengkapnya dibawah ini sambil mendengarkan lagu Chord Buih Jadi Permadani  

Profil Mahinda Rajapaksa

Rajapaksa menghabiskan masa remajanya di rumah keluarga di Medamulana. Pada usia enam tahun, ia dikirim ke sekolah ayahnya Richmond College di Galle. Awalnya, dia dan kakak laki-lakinya tinggal di sebuah keluarga di Galle, kemudian ibu mereka menyewa sebuah rumah di Galle yang disebut 'Singapore House' dan pindah ke sana untuk memfasilitasi pendidikan keluarga yang sedang tumbuh. 

Pada pertengahan tahun lima puluhan, Rajapaksa bersama keluarganya pindah ke Kolombo. Disana, Mahinda Rajapaksa diterima di Nalanda College. Kemudian pada tahun 1957, ia dipindahkan ke Thurstan College. Dia dikenal cukup aktif dalam olahraga seperti kriket, rugger dan atletik. Bahkan pernah menjuari lari estafet 400m.

Pada pertengahan tahun enam puluhan, ia mulai bekerja sebagai asisten perpustakaan di Vidyodaya Pirivena dan segera menjadi aktif dalam politik sayap kiri. Ia menjadi anggota Ceylon Mercantile Union dan terpilih sebagai sekretaris cabangnya pada 1967. 

Ayahnya yang kehilangan kursi parlemen dalam pemilihan umum 1965, meninggal pada November 1967. Pemimpin partai Sri Lanka Freedom Party (SLFP) Sirima Bandaranaike menawarkan jabatan ayahnya sebagai penyelenggara partai SLFP untuk pemilih Beliatta kepada kakak laki-lakinya Chamal. Chamal yang telah bergabung dengan Kepolisian Sri Lanka sebagai Sub-inspektur, menolak tawaran tersebut demi adiknya. Akhirnya, jabatan tersebut diserahkan kepada Mahinda Rajapaksa dan ditunjuk sebagai perwakilam SLFP untuk Beliatta pada tahun 1968.


Karir Mahinda Rajapaksa

Pria yang lahir pada 18 November 1945 ini memasuki dunia politik sejak usia muda. Bahkan ia pernah menjadi anggota parlemen termuda di usia 24 di kursi yang dulu diduduki ayahnya. 

Setelah kehilangan kursi pada 1977, Mahinda fokus pada karier hukumnya.  Ia kembali ke parlemen pada 1989. 

Mahinda Rajapaksa sendiri lahir dari keluarga yang menguasai dunia politik Sri Lanka selama lebih dari dua dekade. Ia merupakan putra pertama dari 9 bersaudara. 

Ayah dan pamannya sempat menjabat sebagai anggota parlemen negara. Hampir semua saudara-saudaranya memiliki catatan karier politik yang cemerlang

Pada April 2004, ia dilantik sebagai Perdana Menteri Kabinet yang terbentuk setelah pembubaran pemerintahan Wickremesinghe oleh President Chandrika Kumaratunga. 

Setahun setelah menjabat sebagai Perdana Menteri, Mahinda terpilih untuk menjadi kandidat calon presiden dari Partai Kebebasan Sri Lanka. Ia mengalahkan capres Ranil Wickremesinghe dari Partai Persatuan Nasional dalam pemilu Sri Lanka November 2005. Dia menjabat sebagai Presiden Sri Lanka dari 2005 hingga 2015

Posting Komentar

0 Komentar