Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi Gotabaya Rajapaksa, Presiden Sri Lanka


Saat ini, dunia tengah ramai memperbincangkan Negara Sri Lanka, terkait dengan masalah krisis kategori terburuk dan terparah sepanjang sejarah Negara tersebut.


Semakin buruknya masalah krisis yang ada di Negara tersebut memaksa warga untuk terus berunjuk rasa tepat di depan kediaman sang kepala Negara, Gotabaya Rajapaksa.


Masalah krisis di negara dengan julah penduduk kurang lebih 20 juta ini terjadi karena terjadi kelangkaan devisa yang tergolong sangat parah, yang membuat Negara ini mengalami kesulitan untuk mengimpor bahan bakar, pangan dan obat-obatan, serta menjerumuskannya dalam krisis finansial terburuk dalam tujuh dasawarsa terakhir.


Atas tersebut, banyak masyarakat yang menyakahkan sang kepala Negara karena dianggap gagal dalam mengola Negara, sehingga dipaksa untuk turun dari jabatannya sebagai presiden.


Masyarakat bahkan sudah memulai aksi demon untuk menurunkan jabatan Gotabaya Rajapaksa sebagai presiden sejak bulan Maret yang lalu dengan menyerbu langsung kediaman kepala Negara Sri Lanka tersebut.


Lantas, bagaimana sebenarnya biografi dan perjalanan karir sang kepala Negara Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa ini? penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.


Biografi Gotabaya Rajapaksa

Gotabaya Rajapaksa lahir pada 20 Juni 1949. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai sosok yang sangat aktif dan suka memecehkan pendapat pengamat dalam dunia perpolitikan.


Gotabaya Rajapaksa terlahir berasal dari keluarga politik yang memang sudah terpandang dan membawa pengaruh yang besar di Negara Sri Lanka.


Mengapa tidak? Bayangkan saja, ayah dari Gotabaya Rajapaksa merupakan seorang anggota parlemen dan juga menteri cabinet.


Sedangkan kakak laki-lakinya sendiri, Mahinda merupakan Presiden Sri Lanka dua kali dan dua saudara lelaki lainnya memegang posisi tinggi di pemerintahan sebelumnya.


Ketika Gotabaya Rajapaksa udah menjabat sebagai seorang kepala Negara, sang kakak, Mahinda menduduki posisi sebagai Perdana Menteri Sri Lanka.


Sedangkan untuk posisi menteri Keuangan dan juga Menteri Pertanian di duduki oleh saudara Gotabaya Rajapaksa sendiri. Sedangkan unuk posisi Menteri Olahraga di isi oleh keponakannya sendiri.


Perjalanan Karier Gotabaya Rajapaksa

Di tahun 1971, Gotabaya bergabung dengan tentara. Gotabaya berlatih di Akademi Militer Sri Lanka (SLMA). Selama 20 tahun dirinya menjalani profesi sebagai tentara, Gotabaya kemudian naik pangkat. Ia bahkan menerima sejumlah penghargaan untuk kegagahannya. 


Kemudian, pada tahun 1998, anak ke-5 dari 9 bersaudara ini beserta keluarganya memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat dan kembali pulang ke kampung halamannya di tahun 2005.


Dimana saat kepulangan mereka ke Sri Lanka, sang kakak laki-lakinya sudah menjabat sebagai kepala Negara. Di bawah pimpinan sang kakak, Mahinda, Gotabaya Rajapaksa diangakat sebagai seorang menteri pertahanan.


Sang kakak dan Gotabaya Rajapaksa bekerja sama dengan keras dalam mengawasi operasi militer dan mengakhiri serta memberantas konflik separatis Tamil di tahun 2009, dimana, Konflik tersebut sudah berlangsung lebih dari 25 tahun dan diperkirakan telah merenggut sekitar 100.000 jiwa.


Peristiwa pengakhiran konflik tersebut tentu sangat disambut sangan antusias oleh warga Sri Lanka kala itu dengan membuat sebuah perayaan secara besar-besaran.


Namun sangat disayangkan, kala itu pihak PBB justru menuduh kedua belah pihak melakukan kekejaman, terutama selama tahap konflik perang pada tahun 2009.


Setelah hal tersebut berlalu, Gotabaya Rajapaksa kembali beralih jabatan, dari yang semula adalah seorang Menteri Pertahanan, kini menjabat sebagai ketua organisasi Viyathmaga.


Nah, organisasi inilah yang menjadi pusat dari kinerja Gotabaya Rajapaksa untuk mendukung pembangunan Negara Sri Lanka. Hingga akhirnya, pada bulan November 2019 lalu, Gotabaya menjabat sebagai seorang kepala Negara hingga saat ini.


Kiprah di Dunia Politik

Gotabaya Rajapaksa telah lama terjun dalam dunia perpolitikan, dimana hal tersebut membuatnya sudah dikenal baik oleh masyarakat, bahkan sebelum ia menjabat sebagai kepala Negara. Kiprah politik Gotabaya di Sri Lanka telah berlangsung sejak lama dan cukup menonjol di mata publik.


Sebelum Gotabaya Rajapaksa mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menduduki posisi kepala Negara, ia sempat memangku jabatan sebagai seorang Menteri Pertahanan Sri Lanka di tahun 2005 lalu.


Selama berkarir, presiden Gotabaya Rajapaksa banyak menuai pujian dari para pendukungnya atas keberhasilannya dalam memberantas kasus pemberontakan separatis Macan Tamil dan telah mengakhiri perang saudara yang berlangsung lama di Sri Lanka pada tahun 2009 lalu saat dirinya menjabat menjadi seorang menteri pertahanan.


Namun, dibalik prestasi yang telah ditorehkannya, disisi lain, Presiden Gotabaya juga dituduh melakukan pelanggaran HAM dalam penumpasan tersebut. Namun, Presiden Gotabaya membantah tuduhan tersebut dengan tegas.


Itulah sekilas biografi presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa. Semoga menambah pengetahuan kamu seputar kepala negara yang ada di dunia ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah