Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Joyce Banda, Presiden Perempuan Pertama di Republik Malawi


Malawi atau Republik Malawi adalah sebuah negara yang berada di daratan Afrika bagian Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Tanzania (sebelah utara), Zambia (barat laut) dan Mozmabik (timur, selatan dan barat).


Nama Malawi berasal dari bahasa suku setempat yang memiliki arti Cahaya Matahari yang Menyinari Danau. Namun, sebelumnya negara ini bernama Nyasaland.


Kepemimpinan Republik Malawi pernah dipegang oleh seorang wanita. Ia menjadi presiden wanita pertama dan wanita pertama yang menjadi wakil presiden di negaranya. Wanita yang dimaksud adalah Joyce Banda.


Joyce Banda adalah seorang politikus asal Malawi dan juga menjabat sebagai Presiden Malawi ke-4. Awalnya, selama pernikahan pertamanya dengan Roy Kachale membuatnya aktif dalam gerakan perempuan atau bisa dikatakan sebagai seorang aktivis persamaan gender.


Sejak pernikahan pertamanya itulah ia tumbuh dan berkembang sebagai aktivis dan seorang politik akar rumput. Lalu Joyce menikah untuk kali kedua dengan pria bernama Richard Banda, seorang pengacara yang kemudian menjadi Hakim Agung Malawi sejak tahun 1992 sampai 2002.


Sebelum menjadi aktivis, Joyce hanyalah pebisnis biasa. Ia menekuni dunia bisnis dibidang manufaktur garmen, took roti, Asosiasi Wanita Bisnis Nasional Malawi hingga mendirikan sebuah Yayasan Joyce Banda, yang bergerak mengembangkan dan meningkatkan kehidupan pedesaan dari wanita dan anak-anak.


Di tahun 2004, wanita pejuang persamaan gender ini didaulat menjadi anggota Majelis Nasional yakni sebagai anggota Fornt Demokratik Bersatu (UDF). Pada tahun berikutnya, ia memutuskan pindah partai ke Partai Progresif Demokratik (DPP), yang dibentuk oleh Pres Bingu wa Mutharika.


Dari situ dia berputar haluan menjadi politisi dan Menteri Luar Negeri selama 3 tahun (2006-2009). Ketika menjabat sebagai menteri, ia merancang Kampanye Tanpa Toleransi terhadap Pelecehan Anak dengan menggandeng China daratan.


Pada bulan Mei 2009, ia dan Mutharika mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan wakil presiden. Mereka berdua memenangkan pemilihan tersebut. Itulah kali pertama Republik Malawi memiliki wakil presiden soerang wanita.


Karena berselisih paham dengan Mutharika, diakhir tahun 2010 Joyce dikeluarkan dari DPP. Namun popularitasnya tidak menurun. Hal itu terjadi karena sikapnya yang tegas terhadap korupsi di pemerintahan dan kampanye pembangunan akar rumput serta kesetaraan gender yang masih diperjuangkannya.


Dengan kakinya sendiri, Joyce memutuskan mendirikan Partainya sendiri. Partai Rakyat (PP) resmi berdiri pada April 2011 dan secara luas dianggap sebagai oposisi untama untuk Peter Mutharika, saudara presiden dan kemungkinan menjadi calon presiden DPP pada pemilu mendatang, kala itu.


Di tanggal 7 April 2012, Joyce Banda diangkat menjadi presiden ke-4 Malawi menggantikan Presiden Mutharika yang meninggal akibat serangan jantung pada 5 April 2012.


Biografi Joyce Banda

Lahir di Zomba, Nyasaland, 12 April 1950, pemilik nama asli Joyce Hilda Banda pernah menikah sebanyak 2 kali. Yang pertama dengan Roy Kachele dan bercerai. Kemudian menikah lagi dengan Richard Banda, seorang Kepala Pensiunan Republik Malawi.


Tak banyak informasi seputar orang tua dan keluarga Joyce yang lainnya. Hanya saja Joyce pernah menumpuj pendidikan di Cambridge School, lalu melanjut ke Colombus University. Setelah itu menyelesaikan seluruh studinya di Atlantik Internasional University.


Joyce Banda terkenal akan usaha-usaha yang telah dilakukan bagi negaranya. Oleh karena itulah ia mendapat pernghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut beberapa penghargaan yang pernah diraihnya.


1997 – 1998: Woman of the Year, Malawi

1998: 100 Heroine Award, New York

2012: Martin Luther King Drum Major Award, Washington DC


Itulah biografi singkat Joyce Banda pejuang kesetaraan gender di tanah Malawi. Semoga bermanfaat dan menambah informasi kamu seputar kepala-kepala negara yang ada di dunia ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran