Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi Joyce Banda, Presiden Perempuan Pertama di Republik Malawi


Malawi atau Republik Malawi adalah sebuah negara yang berada di daratan Afrika bagian Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Tanzania (sebelah utara), Zambia (barat laut) dan Mozmabik (timur, selatan dan barat).


Nama Malawi berasal dari bahasa suku setempat yang memiliki arti Cahaya Matahari yang Menyinari Danau. Namun, sebelumnya negara ini bernama Nyasaland.


Kepemimpinan Republik Malawi pernah dipegang oleh seorang wanita. Ia menjadi presiden wanita pertama dan wanita pertama yang menjadi wakil presiden di negaranya. Wanita yang dimaksud adalah Joyce Banda.


Joyce Banda adalah seorang politikus asal Malawi dan juga menjabat sebagai Presiden Malawi ke-4. Awalnya, selama pernikahan pertamanya dengan Roy Kachale membuatnya aktif dalam gerakan perempuan atau bisa dikatakan sebagai seorang aktivis persamaan gender.


Sejak pernikahan pertamanya itulah ia tumbuh dan berkembang sebagai aktivis dan seorang politik akar rumput. Lalu Joyce menikah untuk kali kedua dengan pria bernama Richard Banda, seorang pengacara yang kemudian menjadi Hakim Agung Malawi sejak tahun 1992 sampai 2002.


Sebelum menjadi aktivis, Joyce hanyalah pebisnis biasa. Ia menekuni dunia bisnis dibidang manufaktur garmen, took roti, Asosiasi Wanita Bisnis Nasional Malawi hingga mendirikan sebuah Yayasan Joyce Banda, yang bergerak mengembangkan dan meningkatkan kehidupan pedesaan dari wanita dan anak-anak.


Di tahun 2004, wanita pejuang persamaan gender ini didaulat menjadi anggota Majelis Nasional yakni sebagai anggota Fornt Demokratik Bersatu (UDF). Pada tahun berikutnya, ia memutuskan pindah partai ke Partai Progresif Demokratik (DPP), yang dibentuk oleh Pres Bingu wa Mutharika.


Dari situ dia berputar haluan menjadi politisi dan Menteri Luar Negeri selama 3 tahun (2006-2009). Ketika menjabat sebagai menteri, ia merancang Kampanye Tanpa Toleransi terhadap Pelecehan Anak dengan menggandeng China daratan.


Pada bulan Mei 2009, ia dan Mutharika mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan wakil presiden. Mereka berdua memenangkan pemilihan tersebut. Itulah kali pertama Republik Malawi memiliki wakil presiden soerang wanita.


Karena berselisih paham dengan Mutharika, diakhir tahun 2010 Joyce dikeluarkan dari DPP. Namun popularitasnya tidak menurun. Hal itu terjadi karena sikapnya yang tegas terhadap korupsi di pemerintahan dan kampanye pembangunan akar rumput serta kesetaraan gender yang masih diperjuangkannya.


Dengan kakinya sendiri, Joyce memutuskan mendirikan Partainya sendiri. Partai Rakyat (PP) resmi berdiri pada April 2011 dan secara luas dianggap sebagai oposisi untama untuk Peter Mutharika, saudara presiden dan kemungkinan menjadi calon presiden DPP pada pemilu mendatang, kala itu.


Di tanggal 7 April 2012, Joyce Banda diangkat menjadi presiden ke-4 Malawi menggantikan Presiden Mutharika yang meninggal akibat serangan jantung pada 5 April 2012.


Biografi Joyce Banda

Lahir di Zomba, Nyasaland, 12 April 1950, pemilik nama asli Joyce Hilda Banda pernah menikah sebanyak 2 kali. Yang pertama dengan Roy Kachele dan bercerai. Kemudian menikah lagi dengan Richard Banda, seorang Kepala Pensiunan Republik Malawi.


Tak banyak informasi seputar orang tua dan keluarga Joyce yang lainnya. Hanya saja Joyce pernah menumpuj pendidikan di Cambridge School, lalu melanjut ke Colombus University. Setelah itu menyelesaikan seluruh studinya di Atlantik Internasional University.


Joyce Banda terkenal akan usaha-usaha yang telah dilakukan bagi negaranya. Oleh karena itulah ia mendapat pernghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut beberapa penghargaan yang pernah diraihnya.


1997 – 1998: Woman of the Year, Malawi

1998: 100 Heroine Award, New York

2012: Martin Luther King Drum Major Award, Washington DC


Itulah biografi singkat Joyce Banda pejuang kesetaraan gender di tanah Malawi. Semoga bermanfaat dan menambah informasi kamu seputar kepala-kepala negara yang ada di dunia ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah