Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Biografi Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan Peraih Nobel Perdamaian


Nama Nelson Mandela sudah tidak asing lagi ditelinga seluruh warga di dunia. Hal ini dikarenakan dirinya yang terpilih menjadi salah satu peraih Nobel Perdamaian oleh Komite Nobel Norwegia atas upaya terbesar dan terbaiknya dalam mempererat persaudaraan antar bangsa.


Sosok Nelson semakin dikenal karena menjadi orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang terpilih menjadi presiden melalui pemilihan keterwakilan penuh pada sebuah pemilu multiras.


Kala itu, sistem pemerintahan yang dijalankannya fokus terhadap penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial.


Sebelum menjabat sebagai presiden Afrika Selatan, Nelson yang pernah belajar hukum di  Fort Hare University dan University of Witwatersrand, memilih menetap di Johannesburg dan justru terlibat dalam politik antikolonial yang kemudian bergabung dengan Kongres Nasional Afrika (ANC), serta menjadi pendiri Liga Pemuda ANC.


Disaat kaum nasionalis Afrikaner dan Partai Nasional berkuasa pada tahun 1948, kemudian menerapkan kebijakan apartheid, popularitas Mandela melejit di Defiance Campaign ANC tahun 1952. Dari tahun 1991 hingga 1997, ia terpilih menjadi Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC).


Sebagai seorang pengacara, Mandela kerap ditahan karena melakukan ativitas mengasut dan posisinya sebagai kutua ANC. Ia diadili di Pengadilan Penghianatan di tahun 1956 sampai 1961. Meski telah sampai ke pengadilan, ia akhirnya dinyatakan tidak bersalah.


Nelson pernah menjalani masa kurungan selama 27 tahun di Pulau Robben, di Penjara PollSmoor dan Penjara Victor Verster. Saat itu, ia dan partai Komunis Afrika Selatan melakukan unjuk rasa tanpa kekerasan dan mendirikan militant Umkhonto we Sizwe (MK) tahun 1961.


Ia juga diketahui memimpin kampanye pengeboman kepada target-target pemerintaha. Oleh karena inilah dia akhirnya dituduh dan ditahan dengan alasan melakukan sabotase yang kemudian bersekongkol menggulingkan pemerintaha di tahun 1962.


Presiden Afrika Selatan ini kemudian dibebaskan pada tahun 1990 setelah adanya Kampanye Internasional yang menuntut pembebasannya.


Setelah itu ia menerbitkan autobiografi, lalu bernegosiasi dengan Presiden F.W. de Klerk untuk mengahpus apartheid dan melaksanakan pemilu multiras tahun 1994. Dari sinilah dia terpilih menjadi presiden Afrika Selatan, dengan membentuk Pemerintahan Persatuan Nasional.


Sebagai presiden terpilih, ia kemudian menyusun konstitusi baru, membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi yang bertujuan  untuk menyelidiki pelanggaran-pelanggaran HAM dipemerintahan sebelumnya.


Tidak sampai disitu, Ia juga memperkenalkan kebijakan reformasi lahan, pemberantasan kemiskinan, dan perluasan cakupan layanan kesehatan.


Di akhir jabatannya sebagai presiden, ia menolak untuk menjabat kedua kalinya. Nelson memilih jalan sebagai negarawan ulung yang fokus terhadap aktivitas amal dalam memberantas kemiskinan dan HIV/AIDS melalui Nelson Mandela Foundation.


Semua kontroversi yang diciptakannya, sempat memberi kesan buruk terhadap namanya. Para politikus sayap kanan menyebut ia seorang teroris dan simpatisan komunis. Berbanding terbalik dengan pengakuan internasional, menyebutkan Nelson memiliki sikap antikolonial dan antiapartheidnya, serta menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Perdamaian Nobel 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan Order of Lenin dari Uni Soviet.


Berkat semua pencapaian yang diraihnya, hingga kini Nelson Mandela dikenal dengan nama Klan Xhosa, dan dijuluki Bapak Bangsa.


Biografi Nelson Mandela

Lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918, Nelson Rolihlahla Mandela merupakan putra dari pasangan Nkosi Mphakanyiswa Gadla Mandela dan Nonqaphi Nosekeni.


Ayah Nelson Mandela adalah seorang penasihat utama Pejabat Raja rakyat Thembu, Jongintaba Dalindyebo. Ia pernah menempuh pendidikan di sekolah dasar di Qunu. Kemudian melanjut menyelesaikan Sertifikat Juniornya di Clarkebury Boarding Institue, lalu ke Healdtown.


Ia juga melanjutkan studinya di beberapa Universitas, seperti di University College of Fort Hare, University of the Witwatersrand, University of London External System, dan University of South Africa.


Nelson Mandela, tercatat telah menikah sebanyak tiga kali. Yang pertama dengan Evelyn Ntoko Mase dari tahun 1944 sampai 1957. Lalu dengan Winnie Madikizela pada tahun 1958 hingga 1996 dan yang terakhir Gra├ža Machel  sejak 1998 hingga akhir hayatnya di tahun 2013.


Dari hasil pernikahannya tersebut, ia memiliki anak yang cukup banyak dari ibu yang berbeda, yakni Madiba Thembekile, Makgatho Lewanika, Makaziwe, Maki, Zenani, dan Zindziswa.


Nah, itulah biografi singkat dan perjalanan karir Nelson dari muda hingga akhirnya menjadi seorang presiden di Afrika Selatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah