Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Ram Nath Konvid, Presiden India dari Kalangan Dalit


Negara penghasil film Bollywood, India, kembali mencatat sejarah. Untuk kali kedua negara ini dipimpin oleh presiden yang berasal dari kalangan Dalit, yang sebelumnya ada Kocheril Raman Narayanan menjabat dari tahun 1997-2002.


Kalangan Dalit merupakan orang-orang yang biasa diharamkan untuk disentuh atau yang tidak memiliki varna (tidak memiliki keyakinan/bukan Hindu).


Kini yang menjadi pemimpin di negara Hindustan ialah Ram Nath Konvid, seorang pengacara yang lahir dari keluarga petani sederhana di Uttar Pradesh.


Di India sendiri, presiden dipilih langsung oleh electoral college yang anggotanya terdiri atas majelis parlemen dan majelis negara. Berbeda dengan beberapa negera lainnya, presiden di negara ini hanya bertugas sebagai kepala negara. Untuk kekuasaan eksekutif dipegang oleh perdana menteri yang saat ini dijabar oleh Narendra Modi.


Sebelum menjabat sebagai presiden India, Ram Nath Konvid memulai karir di Delhi Free Legal Aid Society pada tahun 1971. Sembari bekerja disana, ia juga dipilih sebagai sekretaris jendral Akhil Bharatiya Koli Samaj, sebuah organisasi yang melayani kepentingan komunitas Koli, sebuah subkasta Dalit.


Kemudian di tahun 1977 sampai 1979, Konvid telah menjadi pengacara pemerintah serikat di Pengadilan Tinggi Delhi. Dan pada tahun 1978, resmi tercatat sebagai pengacara di Mahkamah Agung India.


Tidak berhenti sampai disitu, presiden India ke-14 ini mencoba maju menjadi penasihat pemerintah serikat di Mahkamah Agung pada tahun 1980. Saat itu dia terus berlatih hingga tahun 1993.


Di tahun 1991, Ram Nath Konvid memilih bergabung dengan BJP. Dan tiga tahun kemudian terpilih menjadi Rajya Sabha atau secara umum dikenal sebagai majelis tinggi parlemen India dari Uttar Pradesh.


Menjalankan tugas di dunia advokat selama 12 tahun, menjadikannya sebagai delegasi India untuk PBB. Setelah itu, tahun 2015, Kovind didaulat sebagai gubernur negara bagian Bihar.


Selain itu, Ram Nath Konvid juga pernah menjabat sebagai asisten eksekutif Perdana Menteri Morarji. Keterlibatannya terhadap dunia politik yang damai, membuatnya dipuji seluruh ruang lingkup politik.


Konvid memiliki beberapa prestasi yang sangat membanggakan, salah satunya adalah pembentukan komisi yudisial dalam penyelidikan korupsi yang terjadi di Universitas.


Sepak terjang Konvid sebagai presiden ke-14 negera Hindustan, bermula dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mengumumkan kandidiat partai mereka dalam menggantikan Pranab Mukherjee di tahun 2017. Ia dipilih untuk mengalahkan Meira Kumar, seorang mantan ketua Lok Sabha.


Ia tidak menyangka jika dirinya berhasil memenangkan hampir dua pertiga suara dari seluruh India, mengingat latar belakangnnya yang hampir tidak dikenal.


Pada bulan Juli 2017, akhirnya Ram Nath Konvid resmi dilantik. Dan di bulan Agustus 2019 melalui perintah presiden, ia mencabut otonomi dari Jammu dan Kashmir.


Biografi Ram Nath Konvid

Ram Nath Konvid yang lahir di Desa Paraunkh, Derapur, Provinsi Bersatu, Kemaharajaan Britania (sekarang menjadi Uttar Pradesh) India, 1 Oktober 1945 adalah presiden India ke-14 yang tumbuh dan berkembang dikeluarga berkecukupan di sebuah desa agraris kecil.


Ayahnya yang bernama Maiku Lal merupakan seorang petani dan pemilik took kelontong. Sementara sang ibu, Kalawati telah meninggal dunia saat ia masih kecil.


Konvid menyelesaikan pendidikannya dari Universitas Kanpur dengan gelar perdagangan dan hukum.


Ia telah menikah dengan pujaan hatinya, gadis Hindusta bernama Savita Kovind pada tahun 1974. Dari penikahan itu, mereka dikaruniai dua orang buah hati, bernaman Prashant Kumar dan Swati.


Itulah sekilas biografi dari presiden India ke-14, Ram Nath Konvid. Semoga menambah informasi kamu seputar kepala negara yang ada di dunia ini.

Posting Komentar

0 Komentar