Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Ram Nath Konvid, Presiden India dari Kalangan Dalit


Negara penghasil film Bollywood, India, kembali mencatat sejarah. Untuk kali kedua negara ini dipimpin oleh presiden yang berasal dari kalangan Dalit, yang sebelumnya ada Kocheril Raman Narayanan menjabat dari tahun 1997-2002.


Kalangan Dalit merupakan orang-orang yang biasa diharamkan untuk disentuh atau yang tidak memiliki varna (tidak memiliki keyakinan/bukan Hindu).


Kini yang menjadi pemimpin di negara Hindustan ialah Ram Nath Konvid, seorang pengacara yang lahir dari keluarga petani sederhana di Uttar Pradesh.


Di India sendiri, presiden dipilih langsung oleh electoral college yang anggotanya terdiri atas majelis parlemen dan majelis negara. Berbeda dengan beberapa negera lainnya, presiden di negara ini hanya bertugas sebagai kepala negara. Untuk kekuasaan eksekutif dipegang oleh perdana menteri yang saat ini dijabar oleh Narendra Modi.


Sebelum menjabat sebagai presiden India, Ram Nath Konvid memulai karir di Delhi Free Legal Aid Society pada tahun 1971. Sembari bekerja disana, ia juga dipilih sebagai sekretaris jendral Akhil Bharatiya Koli Samaj, sebuah organisasi yang melayani kepentingan komunitas Koli, sebuah subkasta Dalit.


Kemudian di tahun 1977 sampai 1979, Konvid telah menjadi pengacara pemerintah serikat di Pengadilan Tinggi Delhi. Dan pada tahun 1978, resmi tercatat sebagai pengacara di Mahkamah Agung India.


Tidak berhenti sampai disitu, presiden India ke-14 ini mencoba maju menjadi penasihat pemerintah serikat di Mahkamah Agung pada tahun 1980. Saat itu dia terus berlatih hingga tahun 1993.


Di tahun 1991, Ram Nath Konvid memilih bergabung dengan BJP. Dan tiga tahun kemudian terpilih menjadi Rajya Sabha atau secara umum dikenal sebagai majelis tinggi parlemen India dari Uttar Pradesh.


Menjalankan tugas di dunia advokat selama 12 tahun, menjadikannya sebagai delegasi India untuk PBB. Setelah itu, tahun 2015, Kovind didaulat sebagai gubernur negara bagian Bihar.


Selain itu, Ram Nath Konvid juga pernah menjabat sebagai asisten eksekutif Perdana Menteri Morarji. Keterlibatannya terhadap dunia politik yang damai, membuatnya dipuji seluruh ruang lingkup politik.


Konvid memiliki beberapa prestasi yang sangat membanggakan, salah satunya adalah pembentukan komisi yudisial dalam penyelidikan korupsi yang terjadi di Universitas.


Sepak terjang Konvid sebagai presiden ke-14 negera Hindustan, bermula dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mengumumkan kandidiat partai mereka dalam menggantikan Pranab Mukherjee di tahun 2017. Ia dipilih untuk mengalahkan Meira Kumar, seorang mantan ketua Lok Sabha.


Ia tidak menyangka jika dirinya berhasil memenangkan hampir dua pertiga suara dari seluruh India, mengingat latar belakangnnya yang hampir tidak dikenal.


Pada bulan Juli 2017, akhirnya Ram Nath Konvid resmi dilantik. Dan di bulan Agustus 2019 melalui perintah presiden, ia mencabut otonomi dari Jammu dan Kashmir.


Biografi Ram Nath Konvid

Ram Nath Konvid yang lahir di Desa Paraunkh, Derapur, Provinsi Bersatu, Kemaharajaan Britania (sekarang menjadi Uttar Pradesh) India, 1 Oktober 1945 adalah presiden India ke-14 yang tumbuh dan berkembang dikeluarga berkecukupan di sebuah desa agraris kecil.


Ayahnya yang bernama Maiku Lal merupakan seorang petani dan pemilik took kelontong. Sementara sang ibu, Kalawati telah meninggal dunia saat ia masih kecil.


Konvid menyelesaikan pendidikannya dari Universitas Kanpur dengan gelar perdagangan dan hukum.


Ia telah menikah dengan pujaan hatinya, gadis Hindusta bernama Savita Kovind pada tahun 1974. Dari penikahan itu, mereka dikaruniai dua orang buah hati, bernaman Prashant Kumar dan Swati.


Itulah sekilas biografi dari presiden India ke-14, Ram Nath Konvid. Semoga menambah informasi kamu seputar kepala negara yang ada di dunia ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran