Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Emmanuel Macron, Presiden Prancis Termuda


Saat ini, negara Prancis dipimpin oleh seorang mantan banker investor bernama Emmanuel Macron. Ia merupakan presiden termuda yang tercatat dalam sejarah kepemimpinan negara itu.


Sebelum menjabat sebagai pemimpin negara, Emmanuel bekerja sebagai Inspektur Keuangan dalam Kementerian Ekonomi Prancis periode 2004 dan 2008. Kemudian ia beralih sebagai deputi rapporteur untuk komisi dalam mempengaruhi pertumbuhan negara Prancis di tahun 2007.


Ia juga diketahui terjun ke dunia politik dan memilih Partai Sosialis sejak tahun 2006 hingga 2009. Dan di tahun 2012 sampai 2014, ia menjabat sebagai deputi sekretaris jenderal Élysée, yang merupakan anggota senior staf Presiden Hollande.


Selain itu, Emmanuel Macron pernah menjabat sebagai Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri dan Urusan Digital pada 26 Agustus 2014 dimasa pemerintahan Manuel Valls, menggantikan Arnaud Montebourg.


Pada tahun 2017, masa pemilihan umum Presiden Prancis, ia berhasil mengungguli Marine Le Pen dengan perolehan suara sebanyak 66,06 persen. Macron resmi dilantik diusianya yang masih 39 tahun.


Untuk mengenal lebih dekat sosok Presiden Prancis yang satu ini, yuk simak biografi Emmanuel Macron berikut ini.


Biografi Singkat Emmanuel Macron

Lahir di Amiens, Prancis, 21 Desember 1977, pemilik nama asli Emmanuel Jean-Michel Frédéric Macron ini merupakan putra dari Jean-Michel Macron, seorang Profesor Neurologi di Universitas Picardy, dan Françoise Macron-Noguès, MD.


Ia tumbuh dan berkembang ditengah-tengah keluarga kelas menengah dari kalangan akademis. Emmanuel Macron (sapaan akrabnya)lebih banyak menghabiskan masa kecilnya bersama sang nenek yang merupakan seorang kepala sekolah.


Sejak dini Emmanuel sudah berlatih bermain piano hingga akhirnya piawai dan meraih posisi ketiga di Konservatori Amiens. Selain mendapat pendidikan non-formal, ia juga menyelesaikan studinya di lycée La Providence in Amiens.


Setelah itu melanjut ke sekolah tinggi élite Lycée Henri-IV di Paris. Macron juga mempelajari ilmu Filsafat di Universitas Paris-Nanterre, hingga akhirnya meraih gelar DEA.


Usai menyelesaikan seluruh studinya, ia bekerja sebagai asisten Paul Ricoeur pada tahun 1999 dan 2001. Saat itu Emmanuel Macron bertugas menyunting buku karya Ricoeur La Mémoire, l'histoire, l'oubli. Dari kegiatan yang dijalaninya, membuat Macron mendapat gelar dalam bidang urusan Publik di Sciences Po.


Kini Emmanuel Macron telah menikah dengan seorang wanita yang lebih tua 25 tahun darinya, bernama Brigitte Trogneux. Saat memutuskan menikah di tahun 2007, usia Macron masih 15 tahun, sementara sang istri Brigitte sudah berusia 39 tahun.


Istri Emmanuel sebelumnya pernah menikah  dan telah berstatus janda saat akan menikah dengannya. Hal yang lebih mengejutkan lagi, ternyata Brigitte Trogneux adalah  gurunya di Sekolah Menengah Atas La Provicende di Amiens.


Dari pernikahan keduanya, presiden Prancis dan sang istri masih belum dikaruniai anak. Akan tetapi, Macron memiliki anak tiri, dari pernikahan Brigitte dengan suaminya terdahulu.


Itulah sekilas biografi dan perjalanan karir Emmanuel Macron, Presiden Prancis Termuda. Semoga dapat menambah informasi kamu seputar sosok pemimpin negara yang ada di dunia ini.

Posting Komentar

0 Komentar