Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Singkat Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46


Sempat menjadi wakil presiden semasa kepemimpinan Barack Obama, kini Joe Biden menjadi pesaing Donald Trump dalam memperebutkan posisi sebagai pemimpin Amerika Serikat ke-46 pada tahun 2020 lalu. Dan ia memenangkan pemilihan tersebut.


Sebelum akhirnya menjadi presiden Amerika Serikat dengan pemilih terbanyak sepanjang sejarah negara tersebut, Joe juga pernah mencalonkan diri dalam pemilihan presiden di tahun 1988 dan 2008, akan tetapi memilih mengundurkan diri.


Pada tanggal 22 Agustus 2008, Barack Obama mengumumkan bahwa telah memilih Joe iden sebagai pasangannya kala mencalon saat itu.


Kemudian Joe mengumumkan pencalonannya pada pemilihan presiden ke-46 tahun 2020 pada bulan April 2019. Saat itu, ia berhasil meraih mayoritas delegasi yang diperlukan untuk mengamankan pencalonan Partai Demokrat pada Juni 2020.


Saat mencalonkan untuk yang ketiga kalinya ini, Joe memilih Senator AS Kamala Harris dari Kalifornia sebagai pasangannya. Pasangan tersebut memenangkan pemilihan tersebut dan Joe Biden menjadi presiden non-pertahanan kedua yang terpilih setelah Richard Nixon di tahun 1968.


Itulah sekilas perjalanan karir dari Joe Biden, presiden Amerika Serikat ke-46 yang terpilih. Berikut biografi singkat sang presiden.


Biografi Singkat Joe Biden

Pemilik nama asli Joseph Robinette Biden Jr. lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942. Ia adalah seorang politikus Amerika yang kini menjabat sebagap Presiden Amerika Serikat.


Joe Biden panggilan akrab Joseph Robinette Biden Jr.merupakan sulung dari 4 bersaudara dan terlahir dari pasangan Joseph R. Biden, Sr. dan Catherine Eugenia Finnegan. Joe bersaudara tumbuh dan berkembang ditengah-tengah keluarga yang menganut agama Katolik Roma.


Diketahui ia memiliki satu saudara perempuan dan dua saudara laki-laki. Ayah Joe merupakan tulang punggung keluarga dan beberapa kali berganti pekerjaan agar dapat menghidupi keluarganya.


Saat dia masih kecil, orang tuanya memutuskan untuk pindah ke Delaware. Disana Joe menyelesaikan pendidikannya di Claymont dan berhasil lulus dari Archmere Academy pada tahun 1961.


Di tahun 1965, ia juga lulus dari Universitas Delaware di Newark. Dan kemudian meneruskan pendidikan ke Syracuse University College of Law dengan gelar Sarjana Hukum, lulus pada 1968.


Ketika masih kuliah, ia bertemu dengan gadis bernama Neilia Hunter, yang pada akhirnya menjadi istrinya. Keduanya resmi mengikat janji pernikahan pada tahun 1966. Kini mereka dikaruniai tiga orang buah hati.


Ketiga anaknya tersebut diberi nama Joseph R. III (Beau), Robert Hunter, dan Naomi.


Pada bulan Desember 1972, sebuah kecelakaan menimpa istri dan anak-anaknya. Naomi perempuannya yang saat itu masih bayi meninggal bersama Neilia. Sementara kedua anak laki-lakinya mengalami luka berat. Kejadia tersebut sempat membuat Joe terpuruk.


Lima tahun setelah tragedy tersebut, Joe Biden akhirnya memutuskan untuk menikah untuk kedua kalinya dengan seorang profesor Bahasa Inggris dengan gelar doctor dari Universitas Virginia, bernama Jill Tracy Jacobs.


Dari pernikahannya yang kedua ini, mereka dikaruniai seorang anak perempuan, dan diberi nama Ashley.


Di tahun 2015, presiden Amerika Serikat ke-46 ini kembali kehilangan anaknya. Beau Biden, putra sulungnya meninggal dunia karena penyakit kanker otak yang dideritanya selama dua tahun terakhir. Hal inilah yang menginspirasi Joe untuk melanjutkan perjuangan sang anak dalam memperjuangkan penanganan penyakit kanker di dunia.


Joe Biden terkenal sebagai Family man, karena ia begitu sangat menyayangi dan setia kepada keluarganya.


Itulah biografi singkat Presiden Amerika Serikat ke-46, Joseph Robinette Biden Jr. alias Joe Biden. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu seputar kepala negara yang ada di dunia ini.

Posting Komentar

0 Komentar