Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

UNICEF : Sejarah, Tujuan, dan Program Kerja


Siapasih yang tak pernah mendengar kata UNICEF? Organisasi UNICEF atau United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) adalah sebuah organisasi dunia yang dibentuk  setelah berakhirnya perang dunia yang ke-2.


Pada mulanya UNICEF dibentuk atas dasar keputusan dari Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membentuk organisasi yang fokus membantu dan mendukung anak-anak di negara yang hancur akibat perang.


Lantas, apa sebenarnya tujuan, program kerja, hingga sejarah terbentuknya UNICEF? Penasaran? yuk simak penjelasan berikut ini.


Sejarah UNICEF

UNICEF awal mulanya didirikan di tanggal 11 Desember 1946 oleh organisasi PBB, yakni bertepatan saat terjadinya perang dunia yang ke-2 dan menjadi sebuah respon pihak PBB terhadap dampak krisis pangan dan medis pasca perang.


Dikutip dari laman UNICEF, usai krisis pada akhir 1940-an teratasi, organisasi ini melanjutkan peran untuk membantu anak-anak di berbagai negara.


"Selama 75 tahun, UNICEF bekerja tanpa Lelah untuk hak-hak anak dan kesejahteraan setiap anak. Siapa pun mereka. Di mana pun mereka tinggal," demikian dilansir dari laman UNICEF.


Kala itu, disepanjang tahun 1970, UNICEF sudah mulai aktif dalam mendampingi dan juga menyuarakan hak-anak anak. Selanjutnya selama 1980-an, organisasi ini membantu Komisi Hak Asasi Manusia PBB menyusun Konvensi Hak Anak.


Semenjak didirikannya UNICEF dari tahun 1946 sampai saat ini, UNICEF menjangkau lebih 191 negara dan wilayah mengerjakan pelbagai misi kemanusiaan untuk membantu anak-anak yang rentan.


Tujuan Didirikannya UNICEF

Adapun tujuan dari dibentuknya UNICEF adalah untuk mengupayakan berbagai bantuan untuk anak-anak mulai dari yang jangka pendek selama konflik bersenjata, bencana alam dan krisis kemanusiaan, hingga program kelangsungan hidup dan jangka panjang.


"Kami telah membantu membangunsistem kesehatan anak dan kesejahteraan yang tangguh di seluruh dunia," tulis UNICEF di laman resminya.


Program Kerja UNICEF

Ada begitu banyak program kerja dari UNICEF, salah satunya yakni untuk membantu memberikan penanganan terhadap suatu penyakit tertentu, memberikan pelayanan vital bagi anak, jaminan pendidikan bagi anak, dan juga menunjang lingkungan yang sehat untuk tumbuh kembang anak.


Namun tak sampai hanya disitu saja, masih ada begitu banyak program kerja dari oragnisasi dunia yang satu ini, penasaran apa saja? Berikut daftarnya.


1. Perlindungan dan Inklusi Bagi Anak

Program kerja dari UNICEF yang pertama adalah memastikan bahwa anak tumbuh di lingkungan yang aman dan inklusif. Untuk itu, UNICEF bekerja bersama mitra di seluruh dunia untuk mempromosikan kebijakan dan memperluas aksis ke layanan yang melindungi seluruh anak.


2. Kelangsungan Hidup Anak

Program kerja UNICEF yang berikutnya adalah membantu anak untuk bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, UNICEF menyatakan telah berkontribusi membantu mengurangi kematian anak di seluruh dunia dengan menjangkau anak-anak yang paling rentan dimanapun mereka berada. Mereka juga memastikan bahwa anak mendapat nutrisi makanan yang cukup.


3. Pendidikan Anak

Tak hanya menjamin kelangsungan hidup anak, UNICEF juga memiliki sebuah program kerja untuk menjamin semua anak mendapatkan pendidikan yang layak. Untuk mencapai hal tersebut, UNICEF mendukung pembelajaran berkualitas untuk setiap anak baik perempuan maupun laki-laki di seluruh dunia. Terutama mereka yang paling terancam dan berisiko tertinggal.


4. Kebijakan Sosial

Kita semua sepakat bahwa pada dasarnya semua anak berhak untuk mendapatkan kesempatan yang sama tanpa adanya pembeda-bedaan. Salah satu program kerja dari UNICEF adalah mencoba untuk mengurangi kemiskinan pada anak dan melindungi anak perempuan juga laki-laki dari konsekuensi risiko kemiskinan seumur hidup. Salah satu contoh seperti inisiatif Kota Ramah Anak.


5. Peran UNICEF dalam Situasi Darurat

Tak hanya beberapa program kerja diatas, salah satu hal yang menjadi program kerja dari UNICEF adalah membuat sebuah perencanaan yang berisikan perihal jangkauan bagi setiap anak dalam situasi atau keadaan darurat untuk aksi-aksi kemanusiaan atau bantuan lain.


Organisasi memastikan, perwakilan UNICEF hadir di lapangan sebelum, selama dan, setelah keadaan darurat untuk memberikan bantuan penyelamatan jiwa hingga bantuan jangka panjang pada anak-anak dan keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah