Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Woodrow Wilson: Presiden ke-28 Amerika Serikat

 



Woodrow Wilson dikenal sebagai  Presiden Amerika Serikat ke-28 yang memimpin Amerika ketika menghadapi  Perang Dunia I. Ia menjabat dua periode dari tahun 1913 hingga 1921. Wilson dinominasikan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat pada platform New Freedom pada tahun 1912, bersaing dengan petahana dari partai Republik  bernama William Howard Taft.

Namun, Theodore Roosevelt, pendahulu Taft, tidak puas dengan kinerjanya sebagai presiden dan melaksanakan kampanye pihak ketiga. Ini membagi suara Partai Republik, memastikan kemenangan Wilson. yang kemudian dilantik pada 4 Maret 1913.

Presiden yang menyusun "Empat Belas Poin" Perjanjian Versailles, menjadi pencetus untuk menciptakan Liga Bangsa-Bangsa yang berfungsi untuk menjaga dan memastikan perdamaian dunia.

Woodrow Wilson  dikenal sebagai sosok yang terpelajar. Ia bahkan  menjadi satu-satunya presiden AS dalam sejarah yang mempunyai gelar doktor.  Menurut catatan, ia sempat menempuh pendidikan di Davidson College di Carolina Selatan antara 1870-1874, sebelum akhirnya pindah ke Universitas Princeton. Di Princeton, Woodrow Wilson belajar tentang filsafat politik dan sejarah. Ia juga aktif dalam kegiatan organisasi, seperti menjabat sebagai sekretaris asosiasi sepak bola sekolah, Presiden Asosiasi Bisbol Sekolah, dan Redaktur Pelaksana Surat Kabar Mahasiswa.

Banyak warisan yang ditinggalkan beliau yang tercatat dalam sejarah. Diantaranya adalah reformasi besar-besaran untuk kelas menengah, hak suara untuk perempuan dan ajakan untuk menjaga perdamaian dunia.  Namun, Wilson juga dikenal karena catatan negatif yang berhubungan  dengan ras.

Masa kecil

Wilson lahir pada 28 Desember 1856, dari pasangan Jessie Janet Woodrow dan Joseph Ruggles Wilson. Ayahnya meruakan seorang pendeta Presbiterian. Wilson merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Pada masa mudanya, Wilson dipanggil dengan nama Tommy . Wilson dididik secara ketat oleh ayahnya dalam pidato dan debat.


Pendidikan

Awalnya, wilson mendaftar di Davidson College yang berdekatan dengan tempat tinggalnya, namun dipindahkan ke Princeton pada tahun 1875 (dikenal sebagai College of New Jersey sampai 1896).  Setelah menyelesaikan pendidikan disana, Wilson melanjutkan studinya di jurusan hukum pada University of Virginia dan berhasil meraih gelar Ph.D.

 

Karier di Dunia Akademik

Wilson berhasil meraih pekerjaan impiannya  dengan ditunjuk untuk mengajar di Bryn Mawr dan Wesleyan. Pada tahun 1890, dia dianugrahkan gelar profesor dari Princeton dan pada tahun 1902, dia menjadi presiden universitas ke-13.

Selain fokus pada peningkatan kurikulum yang inovatif, ia sering terpilih sebagai guru paling populer di kampus, terkenal karena sikap peduli dan cita-citanya yang tinggi. Keahliannya dalam berpidato membuatnya terkenal di luar lingkungan universitas.

Pada Mei 1906, Wilson  sempat diserang panyakit Stroke untuk pertama kali saat berada di Princeton. Penyakit ini sempat mengancam nyawanya.

Sebagai seorang sarjana yang teliti, ia banyak membaca dan belajar dari buku-buku Wilson termasuk biografi George Washington dan lima jilid History of the American People.

Ambisi politik dan politik universitas telah mengubah Wilson menjadi sosial Demokrat, dan dia berhasil menduduki jabatan gubernur New Jersey pada tahun 1910.

Posting Komentar

0 Komentar