Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Daftar Organisasi Dunia yang Diikuti Indonesia


Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sebuah kepualauan di Asia Tenggara yang dilintasi garis Khatulistiwa dan berada di daratan benua Asia dan Oseania. Negara ini merupakan negara terluas ke-14, sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan total luas wilayahnya mencapai 1.904.560 km2.


Tidak hanya itu, Indonesia juga termasuk negara yang memiliki pulau terbanyak ke-6 di dunia dengan jumlah keseluruhan 176.504 pulau.


Indonesia yang menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, memilih untuk mengikuti dan menjadi anggota dibeberapa organisasi dunia. Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, Indonesia memiliki cita-cita yang besar dalam upaya menegakkan perdamaian di atas seluruh dunia.


Dengan mengikuti organisasi, Indonesia juga dapat menerima dukungan dalam bentuk apapun dari organisasi tersebut dan juga terlibat langsung dalam menolong negara yang seorganisasi. 


Selain itu keikutsertaan Indonesia dalam organisasi internasional merupakan bagian dari kepentingan antar negara untuk mewujudkan hubungan bilateral, ekspor impor, dan sebagainya. Di sisi lain, Indonesia berharap dapat membawa dampak positif dalam keberadaan Indonesia di organisasi tersebut.


Berikut daftar organisasi Internasional (Dunia) yang diikuti Indonesia.


1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Indonesia resmi menjadi anggota Organisasi terbesar di dunia yakni Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 28 September 1950, setelah mendapat suara buat dari para negara anggota yang sudah ikut bergabung sebelumnya.


Bentuk prestasi yang pernah diraih negara kesatuan ini ialah ketika Menteri Luar Negeri Indonesia, Adam Malik Menjabat sebagai ketua siding Majelis Umum PBB pada tahun 1974. Dan Indonesia terlibat langsung dalam pasukan perdamaian PBB.


2. Association of South East Asian Nations (ASEAN)

Organisasi internasional berikutnya yang diikuti oleh Indonesia adalah Association of South East Asian Nations atau yang biasa disingkat ASEAN. FYI, Indonesia merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN.


ASEAN didirkan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pembentukan ASEAN ini diwakili oleh lima wakil negara dari negara-negara di Asia Tenggara. Lima wakil tersebut yaitu:


Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia

Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri Malaysia

Narciso Ramos, Menteri Luar Negeri Filipina

Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura

Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri Thailand


Kelima negara tersebut kemudian menandatangani deklarasi ASEAN atau The ASEAN Declaration, dan lebih dikenal dengan Deklarasi Bangkok.


3. International Labour Organization (ILO)

Awal berdirinya International Labour Organization (ILO) ini dengan tujuan untuk membawa keadilan sosial dalam perdamaian dan dikhususkan untuk para buruh di seluruh dunia.


Sedangkan untuk visinya adalah ingin dicapainya stabilitas sosial dalam sistem ekonomi yang wajin diikutsertakan guna menunjang tingkat kesejahteraan buruh di seluruh dunia.


Dan untuk misinya, adalah untuk menyusun hukum dan peraturan tentang buruh dunia yang sekaligus menjalankan visi yang diinginkan seperti diatas. ILO sendiri didirikan pada tanggal 19 April 1919.


4. ASIA PACIFIC ECONOMIC COOPERATION (APEC)

Asia pacific economic cooperation didirikan pada bulan November 1989 dalam upaya peningkatan kesejahteraan negara berkembang di belahan dunia asia pasifik.


Didirikannya APEC atas dasar alasan negara-negara berkembang di asia pasifik selatan memerlukan perbaikan keadaan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan yang akan menjadi tolak ukur perkembangan dari suatu negara.


5. FOOD AND AGRICULTURAL ORGANIZATION (FAO)

Pangan merupakan kebutuhan utama manusia yang harus tercukupi dalam upaya kesiapsiagaan pangan melalui pertanian yang baik.


Untuk mewujudkan koordinasi pertanian yang baik, dibentuklah organisasi internasional yang diberi nama Food And Agriculture Organization pada tanggal 16 Oktober 1945.


FAO dibentuk atas dasar tujuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia dengan tujuan, visi, dan misi memajukan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, sistem bercocok tanam, pengairan, dan lainnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan di seluruh dunia.


6. Asia Pacific Economic Coorperation (APEC)

Asia Pacific Economic Coorperation atau APEC adalah Organisasi Internasional berikutnya yang diikuti Indonesia. APEC sendiri didirikan pada tahun 1989, dan pada tahun itu juga Indonesia bergabung menjadi anggota APEC. APEC merupakan organisasi kerjasama di bidang ekonomi untuk wilayah Asia Pasifik.


7. Konferensi Asia Afrika (KAA)

Organisasi Internasional yang diikuti oleh Indonesia sebagai bentuk hubungan Internasional dalam upaya menegakkan perdamaian dunia selanjutnya adalah Konferensi Asia Afrika. Selain sebagai anggota Konferensi Asia Afrika, Indonesia juga berperan sebagai pelopor terbentuknya Konferensi Asia Afrika ini.


Konferensi Asia Afrika pertama kali diselenggarakan pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia. Konferensi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperjuangkan kepentingan bersama, terutama kedaulatan negara-negara Asia Afrika dalam melawan imperialisme dan Rasialisme.


8. General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)

Dalam perdagangan kerap kali kita tidak dapat menghindari persaingan. Dan hal tersebut tidak hanya terjadi d pasar lokal saja, namun juga terjadi di pasar internasional.


Agar tidak terus terjadi persaingan dan dikhawatirkan dapat terjadi perpecahan, maka dari itu dibentuklah GATT. Pada dasarnya dibentuknya organisasi ini agar ada kesepakatan tentang penetapan tarif dasar perdagangan untuk menentukan besaran tarif dagang internasional.


9. International Badminton Federation (BWF)

Tidak hanya bekerjasama dalam hal ekonomi, politik dan perdamainan dunia, Indonesia juga menjadi salah satu anggota Organisasi internasional berbasis olahraga bernama International Badminton Federation (BWF).


BWF bergerak di bidang olahraga bulutangkis, banyak negara-negara yang ikut bergabung untuk penyelenggaraan perlombaan yang dilakukan hampir setiap tahun olimpiade dan perebutan piala thomas dan uber.


FYI, Kantor pusat international badminton federation berada di Kuala Lumpur, Malaysia dengan jumlah anggota sebanyak 176 negara.


10. United Nations Children’s Fund (UNICEF)

Organisasi internasional yang diikuti indonesia dan tidak kalah pentingnya dibanding organisasi lainnya adalah United Nations Children’s Fund (UNICEF). Organisasi ini bergerak di bidang kemanusiaan dan pembangunan untuk memenangkan hak setiap anak-anak di seluruh dunia.


11. WORLD TRADE ORGANIZATION (WTO)

Tujuan Indonesia mengikuti World Trade Organization adalah untuk memajukan perdagangan secara internasional dengan cara menetapkan batasan peraturan untuk melancarkan pertukaran barang-barang internasional dan berusaha meningkatkan volume perdagangan.


12. INTERNATIONAL DEVELOPMENT ASSOCIATION (IDA)

Kemajuan ekonomi negara berkembang khususnya negara seperti indonesia memerlukan pinjaman modal untuk peningkatan industri. Dalam hal ini, INTERNATIONAL DEVELOPMENT ASSOCIATION (IDA) menyediakan pinjaman modal dengan syarat ringan kepada negara-negara berkembang yang mengajukan pinjaman modal.


Itulah beberapa organisasi Internasional (Dunia) yang diikuti Indonesia. semoga menambah pengetahuan kamu seputar organisasi dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah