Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Daftar Organisasi Dunia yang Diikuti Indonesia


Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sebuah kepualauan di Asia Tenggara yang dilintasi garis Khatulistiwa dan berada di daratan benua Asia dan Oseania. Negara ini merupakan negara terluas ke-14, sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan total luas wilayahnya mencapai 1.904.560 km2.


Tidak hanya itu, Indonesia juga termasuk negara yang memiliki pulau terbanyak ke-6 di dunia dengan jumlah keseluruhan 176.504 pulau.


Indonesia yang menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, memilih untuk mengikuti dan menjadi anggota dibeberapa organisasi dunia. Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, Indonesia memiliki cita-cita yang besar dalam upaya menegakkan perdamaian di atas seluruh dunia.


Dengan mengikuti organisasi, Indonesia juga dapat menerima dukungan dalam bentuk apapun dari organisasi tersebut dan juga terlibat langsung dalam menolong negara yang seorganisasi. 


Selain itu keikutsertaan Indonesia dalam organisasi internasional merupakan bagian dari kepentingan antar negara untuk mewujudkan hubungan bilateral, ekspor impor, dan sebagainya. Di sisi lain, Indonesia berharap dapat membawa dampak positif dalam keberadaan Indonesia di organisasi tersebut.


Berikut daftar organisasi Internasional (Dunia) yang diikuti Indonesia.


1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Indonesia resmi menjadi anggota Organisasi terbesar di dunia yakni Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 28 September 1950, setelah mendapat suara buat dari para negara anggota yang sudah ikut bergabung sebelumnya.


Bentuk prestasi yang pernah diraih negara kesatuan ini ialah ketika Menteri Luar Negeri Indonesia, Adam Malik Menjabat sebagai ketua siding Majelis Umum PBB pada tahun 1974. Dan Indonesia terlibat langsung dalam pasukan perdamaian PBB.


2. Association of South East Asian Nations (ASEAN)

Organisasi internasional berikutnya yang diikuti oleh Indonesia adalah Association of South East Asian Nations atau yang biasa disingkat ASEAN. FYI, Indonesia merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN.


ASEAN didirkan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pembentukan ASEAN ini diwakili oleh lima wakil negara dari negara-negara di Asia Tenggara. Lima wakil tersebut yaitu:


Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia

Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri Malaysia

Narciso Ramos, Menteri Luar Negeri Filipina

Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura

Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri Thailand


Kelima negara tersebut kemudian menandatangani deklarasi ASEAN atau The ASEAN Declaration, dan lebih dikenal dengan Deklarasi Bangkok.


3. International Labour Organization (ILO)

Awal berdirinya International Labour Organization (ILO) ini dengan tujuan untuk membawa keadilan sosial dalam perdamaian dan dikhususkan untuk para buruh di seluruh dunia.


Sedangkan untuk visinya adalah ingin dicapainya stabilitas sosial dalam sistem ekonomi yang wajin diikutsertakan guna menunjang tingkat kesejahteraan buruh di seluruh dunia.


Dan untuk misinya, adalah untuk menyusun hukum dan peraturan tentang buruh dunia yang sekaligus menjalankan visi yang diinginkan seperti diatas. ILO sendiri didirikan pada tanggal 19 April 1919.


4. ASIA PACIFIC ECONOMIC COOPERATION (APEC)

Asia pacific economic cooperation didirikan pada bulan November 1989 dalam upaya peningkatan kesejahteraan negara berkembang di belahan dunia asia pasifik.


Didirikannya APEC atas dasar alasan negara-negara berkembang di asia pasifik selatan memerlukan perbaikan keadaan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan yang akan menjadi tolak ukur perkembangan dari suatu negara.


5. FOOD AND AGRICULTURAL ORGANIZATION (FAO)

Pangan merupakan kebutuhan utama manusia yang harus tercukupi dalam upaya kesiapsiagaan pangan melalui pertanian yang baik.


Untuk mewujudkan koordinasi pertanian yang baik, dibentuklah organisasi internasional yang diberi nama Food And Agriculture Organization pada tanggal 16 Oktober 1945.


FAO dibentuk atas dasar tujuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia dengan tujuan, visi, dan misi memajukan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, sistem bercocok tanam, pengairan, dan lainnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan di seluruh dunia.


6. Asia Pacific Economic Coorperation (APEC)

Asia Pacific Economic Coorperation atau APEC adalah Organisasi Internasional berikutnya yang diikuti Indonesia. APEC sendiri didirikan pada tahun 1989, dan pada tahun itu juga Indonesia bergabung menjadi anggota APEC. APEC merupakan organisasi kerjasama di bidang ekonomi untuk wilayah Asia Pasifik.


7. Konferensi Asia Afrika (KAA)

Organisasi Internasional yang diikuti oleh Indonesia sebagai bentuk hubungan Internasional dalam upaya menegakkan perdamaian dunia selanjutnya adalah Konferensi Asia Afrika. Selain sebagai anggota Konferensi Asia Afrika, Indonesia juga berperan sebagai pelopor terbentuknya Konferensi Asia Afrika ini.


Konferensi Asia Afrika pertama kali diselenggarakan pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia. Konferensi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperjuangkan kepentingan bersama, terutama kedaulatan negara-negara Asia Afrika dalam melawan imperialisme dan Rasialisme.


8. General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)

Dalam perdagangan kerap kali kita tidak dapat menghindari persaingan. Dan hal tersebut tidak hanya terjadi d pasar lokal saja, namun juga terjadi di pasar internasional.


Agar tidak terus terjadi persaingan dan dikhawatirkan dapat terjadi perpecahan, maka dari itu dibentuklah GATT. Pada dasarnya dibentuknya organisasi ini agar ada kesepakatan tentang penetapan tarif dasar perdagangan untuk menentukan besaran tarif dagang internasional.


9. International Badminton Federation (BWF)

Tidak hanya bekerjasama dalam hal ekonomi, politik dan perdamainan dunia, Indonesia juga menjadi salah satu anggota Organisasi internasional berbasis olahraga bernama International Badminton Federation (BWF).


BWF bergerak di bidang olahraga bulutangkis, banyak negara-negara yang ikut bergabung untuk penyelenggaraan perlombaan yang dilakukan hampir setiap tahun olimpiade dan perebutan piala thomas dan uber.


FYI, Kantor pusat international badminton federation berada di Kuala Lumpur, Malaysia dengan jumlah anggota sebanyak 176 negara.


10. United Nations Children’s Fund (UNICEF)

Organisasi internasional yang diikuti indonesia dan tidak kalah pentingnya dibanding organisasi lainnya adalah United Nations Children’s Fund (UNICEF). Organisasi ini bergerak di bidang kemanusiaan dan pembangunan untuk memenangkan hak setiap anak-anak di seluruh dunia.


11. WORLD TRADE ORGANIZATION (WTO)

Tujuan Indonesia mengikuti World Trade Organization adalah untuk memajukan perdagangan secara internasional dengan cara menetapkan batasan peraturan untuk melancarkan pertukaran barang-barang internasional dan berusaha meningkatkan volume perdagangan.


12. INTERNATIONAL DEVELOPMENT ASSOCIATION (IDA)

Kemajuan ekonomi negara berkembang khususnya negara seperti indonesia memerlukan pinjaman modal untuk peningkatan industri. Dalam hal ini, INTERNATIONAL DEVELOPMENT ASSOCIATION (IDA) menyediakan pinjaman modal dengan syarat ringan kepada negara-negara berkembang yang mengajukan pinjaman modal.


Itulah beberapa organisasi Internasional (Dunia) yang diikuti Indonesia. semoga menambah pengetahuan kamu seputar organisasi dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran