Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

Profil WHO, Badan Kesehatan Dunia

 


Pandemi Covid-19 masih melanda banyak negara di dunia dan semua pihak terus bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak terkecuali dan memainkan peran penting dalam urusan kesehatan masyarakat global. Usulan, rekomendasi, dan larangan yang dikeluarkan oleh salah satu badan PBB tersebut menjadi acuan bagi pemerintah untuk selanjutnya diterapkan kepada masyarakat di bidang ini.

Namun baru-baru ini, beberapa negara mengancam akan menarik diri dari keanggotaan WHO, dengan alasan serangkaian ketidaksepakatan tentang cara menangani pandemi. Misalnya, di Amerika Serikat, Presiden Donald Trump mengancam akan mengakhiri hubungan dengan WHO karena gagal menerapkan reformasi yang diperlukan. Salah satunya meminta China untuk memberikan informasi setransparan mungkin tentang virus corona yang pertama kali terdeteksi di China. Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, juga mengancam akan meninggalkan badan kesehatan ini setelah niatnya untuk melonggarkan penguncian ditolak karena tingginya angka kematian di wilayah tersebut.

Tentang WHO


WHO adalah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didirikan pada tahun 1948, beberapa tahun setelah berdirinya PBB. Tujuan dari WHO adalah mengkoordinasikan kebijakan kesehatan internasional, khususnya di bidang penyakit menular. Keanggotaan WHO mencakup 194 negara di seluruh dunia yang tergabung dan menjalankan juga mengatur organisasi. Setiap negara anggota memilih delegasi yang ahli dibidangnya terutama bidang kesehatan untuk mewakilinya dalam badan pembuat kebijakan dan keputusan, Majelis Kesehatan Dunia.

Negara-negara Anggota ini memiliki kendali langsung atas kepemimpinan dan tata kelola organisasi. Majelis Umum bertanggung jawab untuk menunjuk Direktur Jenderal WHO, menetapkan agenda dan prioritas, serta meninjau dan menyetujui anggaran.

Keberhasilan WHO


WHO memiliki 150 kantor di seluruh dunia dan staf bekerja dengan pemerintah daerah untuk memberikan saran dan perawatan kesehatan. Dalam 70 tahun sejak berdirinya, WHO telah menorehkan banyak prestasi. Dari pemberantasan cacar, pengurangan kasus polio hingga hampir 100%, hingga merintis pemberantasan epidemi seperti Ebola dan demam berdarah. Namun WHO juga dikritik karena terlalu birokratis, dipolitisasi, dan bergantung pada donor besar.

Organisasi ini sebenarnya didanai oleh berbagai sumber termasuk organisasi internasional, sektor swasta, Negara Anggota dan PBB sebagai organisasi induk. Setiap Negara Anggota harus membayar biaya untuk bergabung dengan organisasi ini. Kontribusi ini disebut "kontribusi bernilai" dan dihitung berdasarkan kekayaan dan populasi masing-masing negara. Secara total, total kumulatif donasi yang dikumpulkan dari semua Negara Anggota hanya merupakan seperempat dari total anggaran atau pendanaan yang dipegang oleh WHO. Sebagian besar sisanya adalah karena “sumbangan sukarela” dari negara anggota dan mitra.

Amerika Serikat sejauh ini merupakan donor terbesar di antara semua Negara Anggota WHO. Pada 2018-2019, negara itu menyuntikkan $893 juta ke WHO. Mayoritas pendanaan bersifat sukarela, dengan kontribusi wajib sebesar $237 juta dan sisanya sebesar $656 juta dalam bentuk kontribusi. Sumbangan ini berjumlah 14,67% dari total sumbangan sukarela seluruh negara anggota. Sumbangan terbesar kedua, setelah Amerika Serikat, datang dari Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan memberi WHO $531 juta dalam pendanaan selama periode yang sama. Besar kecilnya dana sukarela ini sangat bergantung pada kemauan masing-masing negara.

Kontribusi lainnya dari total negara-negara utama kepada WHO (2018-2019)

* Amerika Serikat: 893 juta dollar AS

* Inggris Raya: 435 juta dollar AS

* Jerman: 292 juta dollar AS

* Jepang: 214 juta dollar AS

* China: 86 juta dollar AS

* Perancis: 76 juta dollar AS

* Rusia: 57 juta dollar AS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah