Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

ILO: Sejarah, Tujuan, Visi dan Misi Organisasi


ILO merupakan singkatan dari International Labour Organization atau dalam bahasa Indonesia disebut Organisasi Buruh Internasional. ILO adalah badan khusus pertama dan tertua dari PBB (1946), yang berdiri pada tahun 1919.


Organisasi Buruh Internasional ( ILO ) adalah sebuah badan PBB yang mandatnya untuk memajukan keadilan sosial dan ekonomi melalui penetapan standar perburuhan internasional.


Hingga kini, organisasi tertua ini telah memiliki 187 negara anggota dari 193 negara anggota di PBB. ILO berkantor pusat di Jenewa, Swiss, dengan sekitar 40 kantor lapangan di seluruh dunia, dan mempekerjakan sekitar 3.381 staf di 107 negara, 1.698 di antaranya bekerja dalam program dan proyek kerjasama teknis.


Sejarah ILO

ILO dibentuk sebagai bagian dari Perjanjian Versailles yang mengakhiri Perang Dunia I, untuk mencerminkan keyakinan bahwa perdamaian universal dan abadi hanya dapat dicapai jika didasarkan pada keadilan sosial.


Para pendiri ILO telah berkomitmen untuk memasyarakatkan kondisi kerja yang manusiawi serta memerangi ketidakadilan, penderitaan dan kemiskinan.


Selama Perang Dunia Pertama, gerakan buruh internasional mengusulkan program perlindungan yang komprehensif bagi kelas pekerja, yang dipahami sebagai kompensasi atas dukungan buruh selama perang.


Rekonstruksi pasca perang dan perlindungan serikat pekerja menjadi perhatian banyak negara selama dan segera setelah Perang Dunia I.


Tujuan ILO

Dari awal didirikannya Organisasi Buruh Internasional ini adalah untuk memerangi kemiskinan dan ketidakadilan yang dialami setelah perang dunia pertama. Dan dari situ para pendiri membuat kesepakatan perihal tujuan utama Organisasi Buruh Internasional ini.


Tujuan ILO adalah untuk mendorong pertumbuhan sosial dan ekonomi secara global. Dialog antara pemerintah dengan kedua "mitra sosial" ini akan mempromosikan pembentukan konsensus dan keterlibatan demokratis mereka di dunia kerja.


Visi dan Misi ILO

Visi: Mewujudkan pekerjaan yang layak untuk perempuan dan laki-laki.


Artinya, kondisi universal yang manusiawi untuk para pekerja sebagai sebuah ekspresi dari keadilan sosial dan kondisi damai antara bangsa-bangsa.


Misi: Mempromosikan keadilan sosial serta menghargai dan mengakui hak-hak asasi manusia dan buruh secara internasional. Hal itu merupakan tindak lanjut dari misi para pendirinya, yakni mewujudkan perdamaian buruh yang dipandang penting untuk kemakmuran bersama.


Direktur Jenderal ILO

Pada bulan Oktober 2022 akan ada pergantian direktur jendral ILO, dari masa kepemimpinan Guy Ryder yang telah menjabat selama dua periode (satu periode lima tahun) ke pemimpinan Gilbert Fossoun Houngbo yang telah terpilih pada 25 Maret 2022 lalu.


Gilbert Fossoun Houngbo akan menjadi direktur jenderal ILO pertama yang berasal dari Afrika. Berikut daftar nama direktur jenderal ILO besarta asal dan masa jabatannya.


1. Albert Thomas, berasal dari Perancis dengan masa jabatan 1919 – 1932

2. Harold Butler, berasal dari Britania Raya dengan masa jabatan 1932 – 1938

3. John G. Winant, berasal dari Amerika Serikat dengan masa jabatan 1939 – 1941

4. Edward J. Phelan, berasal dari Irlandia dengan masa jabatan 1941 – 1948

5. David A. Morse, berasal dari Amerika Serikat dengan masa jabatan 1948 – 1970

6. Clarence Wilfred Jenks, berasal dari Britania Raya dengan masa jabatan 1970 – 1973

7. Francis Blanchard, berasal dari Perancis dengan masa jabatan 1974 – 1989

8. Michel Hansenne, berasal dari Belgium dengan masa jabatan 1989 – 1999

9. Juan Somavia, berasal dari Chili dengan masa jabatan 1999 – 2012

10. Guy Ryder, berasal dari Britania Raya dengan masa jabatan 2012 – 2022

11. Gilbert Hongbo, berasal dari Afrika dengan masa jabatan 2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

  Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes? Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya. Profil Sri Mulyani Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semaran