Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal OPEC: Sejarah, Tujuan, dan Syarat untuk Bergabung


OPEC adalah singkatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries. . OPEC adalah organisasi yang mencakup negara-negara pengekspor minyak di dunia. Indonesia bergabung dengan OPEC pada tahun 1962. Pada tahun 2008, Indonesia secara sukarela setuju untuk meninggalkan organisasi tersebut karena tidak lagi menjadi pengekspor minyak. 

Namun, Indonesia hanya dibekukan sementara dari keanggotaan OPEC setelah anggota OPEC merundingkan masalah tersebut. Indonesia kemudian diaktifkan kembali menjadi anggota dari OPEC pada tahun 2014, namun mundur kembali pada November 2016. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah pendirian OPEC, tujuan OPEC, dan anggota OPEC, baca artikel berikut.

Sejarah OPEC


Pembentukan OPEC dipicu oleh keputusan sepihak oleh perusahaan minyak multinasional yang dikenal sebagai The Seven Sisters. Perusahaan tersebut mengendalikan industri minyak dan membuat harga di pasar minyak dunia dengan tidak memperdulikan proposal dari negara lain. 

Menurut Buku Pengetahuan Sosial Sejarah oleh Tugiyono, OPEC didirikan di Irak pada tanggal 14 September 1960. Negara-negara pendiri OPEC adalah Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela. Organisasi OPEC didirikan atas dasar sumber daya alam bersama dari negara-negara anggotanya yaitu minyak. Selanjutnya jumlah anggota OPEC bertambah dengan masuknya negara Qatar pada tahun 1960, Libya dan Indonesia pada tahun 1962, Uni Emirat Arab pada tahun 1967, Aljazair pada tahun 1969, Nigeria pada tahun 1971 dan Ekuador pada tahun 1973. Negara Gabon juga berpartisipasi sebagai pengamat atau associate member pada Desember 1973.

Tujuan OPEC


Seperti disebutkan sebelumnya, OPEC menentang penurunan harga minyak secara sepihak oleh The Seven Sister yang beranggotakan Exxon, Texaco, Socal, Gulf, British Petroleum, dan Shell. 

Perusahaan-perusahaan minyak ini adalah raksasa minyak yang sangat besar dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman Barat, dan Jepang. Oleh karena itu, tujuan OPEC adalah untuk bersama-sama menentukan kebijakan mengenai harga dan kuantitas produksi minyak bumi di pasar internasional.

Syarat Menjadi Anggota OPEC


Syarat utama untuk menjadi anggota OPEC adalah negara tersebut harus menjadi pengekspor minyak mentah. Lalu ada syarat lain jika ingin menjadi anggota penuh OPEC. 

- Secara fundamental memiliki kepentingan yang sama dengan anggota OPEC lainnya.

- Keanggotaan disetujui oleh mayoritas anggota lainnya, yaitu setidaknya dua pertiga dari anggota OPEC. 

Kesimpulannya, OPEC adalah organisasi pengekspor minyak mentah dengan tujuan yang sama dalam menentukan kebijakan harga dan jumlah produksi minyak bumi.



Posting Komentar

0 Komentar