Langsung ke konten utama

Sejarah Pembentukan PPKI, Anggota, dan Sidangnya

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang jika dalam bahasa Jepang disebut dengan dokuritsu junbi inkai . PPKI ditugaskan untuk melanjutkan kegiatan BPUPKI setelah BPUPKI dibubarkan oleh pasukan Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI awalnya memiliki 21 anggota, namun akhirnya PPKI menambah 6 anggota lagi tanpa diketahui oleh pihak Jepang. PPKI diresmikan oleh Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Peresmian ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat. PPKI didirikan untuk mendapatkan simpati dari kelompok-kelompok dan orang-orang Indonesia yang ingin membantu Jepang dalam Perang Pasifik 1943. Saat itu, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui Perjanjian Kyoto. Sejarang Pembentukan PPKI Keadaan Jepang pada akhir Perang Dunia II berada di bawah tekanan yang meningkat dari Sekutu. Menyadari posisi Jepang yang melemah dan ketidakpastian nasib Indonesia, para

The World Bank: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Anggota, Presiden Bank Dunia


Di dunia ini terdapat satu lembaga yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang berupa program pemberian modal. Lembaga tersebut ialah The World Bank (dalam baha Indonesia: Bank Dunia).


Bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bank Dunia memberi dukungan berupa berbagai upaya Indonesia untuk mengurangi dampak perubahan maupun beradaptasi terhadap iklim dalam rangka menjalankan suatu aksi iklim yang berdampak di sektor-sektor seperti tata guna lahan, kelautan, dan energi, serta dengan menggerakkan keuangan untuk iklim (climate financing).


Bank Dunia ini memang sangat membantu negara-negara yang membutuhkan. Nah, untuk mengenal lebih jauh organisasi bertaraf internasional yang satu ini, yuk simak sejarah, tujuan, fungsi, anggota, dan daftar presiden bank dunia berikut ini.


Sejarah The World Bank

Berdirinya The World Bank berdasarkan perjanjian Internasional yang diadakan oleh sebuah konferensi pada tanggal 1-22 Juli 1944 di kota Bretton Woods. Sehingga lemabaga ini resmi didirikan pada tanggal 27 Desember 1945. Dan masih dibawah naungan organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).


Lembaga internasional ini dibentuk dengan memiliki dua lembaga utama, yakni International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang berfungsi memberikan bantuan kepada negara-negara berpenghasilan menengah yang layak kredit. Sedangkan yang kedua adalah International Development Association (IDA) yang bertugas untuk membantu negara-negara ekonomi termiskin.


Semenjak didirikan, Bank Dunia ini berkantor di Washington, DC, Amerika Serikat dan kini telah memiliki 184 negara anggota, salah satunya negara Indonesia. Indonesia termasuk ke dalam International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Dan resmi kembali menjadi anggota pada bulan September 1966, setelah adanya pergantian pemerintah dari Orde Lama ke Orde Baru.


Selain itu, Indonesia juga mendaftar sebagai anggota International Development Association (IDA) pada tahun 1968.


Tujuan The World Bank

Bank Dunia didirikan bukan tidak memiliki tujuan, justru lembaga inilah yang banyak membantu perekonomian negara-negara yang membutuhkan. Berikut tujuan utama didirikannya The World Bank.


• Membantu rekonstruksi dan pembangunan dengan cara memfasilitasi investasi modal untuk tujuan tertentu suatu negara.

• Mendorong investasi lewat jaminan atau pinjaman.

• Membantu perdagangan internasional dengan cara mempertahankan keseimbangan saldo pembayaran.

• Menyusun pinjaman internasional yang dapat membiayai proyek negara baik besar ataupun kecil dengan jaminan.

• Kegiatannya pada dasarnya untuk mempengaruhi investasi internasional sehingga tercipta keadaan ekonomi yang damai.


Fungsi The World Bank

Selain memiliki tujuan mulia, The World Bank juga berfungsi dalam menuntaskan kemiskinan khususnya di negara-negara berkembang dan negara miskin lainnya. Tidak hanya itu, Bank Dunia juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti.


• Meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui kesehatan dan pendidikan.

• Turut serta mengembangkan bidang kehidupan sosial, pemerintahan dan membangun sebagai cara untuk mengurangi kemiskinan.

• Membantu kemampuan pemerintah untuk memberikan pelayanan berkualitas, efisien dan transparan.

• Melestarikan lingkungan hidup.

• Mendukung pengembangan bisnis di sektor swasta.

• Turut andil dalam pembentukan stabilitas ekonomi supaya tetap dalam kondisi stabil untuk investasi dan perencanaan jangka panjang.


Daftar Presiden The World Bank

Semenjak berdiri, The World Bank sudah beberapa kali berganti pemimpin. Berikut daftar nama presiden The World Bank beserta masa jabatannya.


1. Eugene Meyer (Juni 1946–Desember 1946)

2. John J. McCloy (Maret 1947–Juni 1949)

3. Eugene R. Black, Sr. (Juni 1949–Januari 1963)

4. George D. Woods (Januari 1963–Maret 1968)

5. Robert McNamara (April 1968–Juni 1981)

6. Alden W. Clausen (Juli 1981–Juni 1986)

7. Barber B. Conable (Juli 1986–Agustus 1991)

8. Lewis T. Preston (September 1991–Mei 1995)

9. James D. Wolfensohn (Juni 1995–Mei 2005)

10. Paul Wolfowitz (Juni 2005–Mei 2007)

11. Robert Zoellick (Juni 2007–Juni 2012)

12. Jim Yong Kim (Juni 2012- 2019)

13. David Malpass 2019–Sekarang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah