Langsung ke konten utama

Organisasi OECD, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Anggota

  OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development yang merupakan salah satu organisasi multi negara yang didirikan untuk mempererat kerjasama dan pembangunan ekonomi antar negara demi terwujudnya stabilitas perekonomian yang berkelanjutan. Dalam artikel berikut ini, kami dan Shenina Cinnamon akan membahas tentang organisasi OECD, lengekap dengan pengertian, tujuan, sejarah dan daftar anggotanya. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Pengertian OECD Pengertian OECD secara umum merupakan sebuah organisasi internasional yang dibentuk dalam rangka berkoordinasi dalam hal pembangunan ekonomi dan lainnya agar tercipta keadaan dan tenteram sejahtera. Negara yang ada di dunia ini terbagi menjadi dua kategori, negara maju dan berkembang. Ketika suatu negara tengah mengalami kesulitan, maka negara lain baik negara maju atau berkembang harus saling bahu membahu. Sejarah Pendirian OECD Organisasi OECD dibentuk pasca perang Dunia II, yaitu sekitar tahun 1961. Dahulun

Tugas dan Kebijakan International Maritime Organization (IMO)


International Maritime Organization (IMO) atau Organisasi Maritim Internasional adalah badan khusus dari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab atas langkah dan keputusan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran internasional dan mencegah pencemaran laut oleh kapal.

Lebih khusus lagi, IMO adalah badan penetapan standar global untuk kinerja keselamatan dan lingkungan pelayaran internasional. Tujuan dari Organisasi Maritim Internasional tersebut terangkum dalam slogan, “Safe, secure, and efficient shipping on clean oceans” yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dapat berarti “Pelayaran yang selamat, aman, dan lautan yang efisien dan bersih”.

IMO menetapkan kerangka peraturan yang adil, efektif, diadopsi secara universal dan ditegakkan secara universal untuk industri pelayaran. IMO bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan untuk pelayaran internasional. Memastikan perusahaan pelayaran memperhatikan keselamatan, keamanan dan lingkungan, mendorong inovasi dan efisiensi.

IMO juga menangani masalah hukum pelayaran internasional, seperti masalah kewajiban dan ganti rugi, dan fasilitasi pelayaran internasional. Badan pemerintahan IMO, yang terdiri dari parlemen dari 172 Negara Anggota, biasanya akan bertemu dan melakukan rapat setiap dua tahun.

Kebijakan, Penegakan Hukum, dan Informasi Hukum



Penting untuk dicatat bahwa IMO tidak menegakan atau menegakkan hukum dengan cara apa pun. IMO diciptakan untuk mengadopsi kebijakan, bukan untuk menegakkan kebijakan.

Ketika suatu negara mengadopsi konvensi IMO, pemerintahnya setuju untuk memasukkan kebijakan itu ke dalam hukum domestik dan menegakkan hukum itu. IMO telah mengembangkan program audit yang mulai berlaku pada Januari 2016.

Namun, jika suatu negara tidak menegakkan pedoman yang ditetapkan oleh IMO, badan ini tidak memiliki kekuatan penegakan. Sebaliknya, IMO memberikan umpan balik dan saran tentang kinerja negara setiap saat.

Didirikan oleh Konvensi yang diadopsi di Jenewa pada tahun 1948, IMO mulai beroperasi pada tahun 1958 dan bertemu dan mengadakan rapat untuk pertama kalinya pada tahun 1959. IMO berkantor pusat di Inggris, IMO memiliki 172 Negara Anggota dan 3 Anggota Asosiasi pada tahun 2017.



Sebagai anggota International Maritime Organization (IMO) atau Dewan Organisasi Maritim Internasional, Indonesia berperan aktif dalam mengawasi kepatuhan keselamatan pelayaran internasional.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan keselamatan transportasi laut, khususnya transportasi internasional. Ini termasuk julukan sejarah Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan pertama di dunia yang memiliki bagan pemisahan alur laut pada bulan Juni 2019.

Konvensi-konvensi IMO yang paling penting yang sudah dikeluarkan adalah sebagai berikut.

- Safety Of Life At Sea (SOLAS) Convention 1974

- Marine Pollution Prevention (MARPOL) Convention 1973

- Standard of Training Certification and Watchkeeping for Seafarers (SCTW) Convention 1978

Ketiga konvensi tersebut sebagai peraturan keselamatan kerja di laut, pencegahan pencemaran perairan dan persyaratan pengetahuan dan skill minimum yang harus dipenuhi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah