Langsung ke konten utama

Organisasi OECD, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Anggota

  OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development yang merupakan salah satu organisasi multi negara yang didirikan untuk mempererat kerjasama dan pembangunan ekonomi antar negara demi terwujudnya stabilitas perekonomian yang berkelanjutan. Dalam artikel berikut ini, kami dan Shenina Cinnamon akan membahas tentang organisasi OECD, lengekap dengan pengertian, tujuan, sejarah dan daftar anggotanya. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Pengertian OECD Pengertian OECD secara umum merupakan sebuah organisasi internasional yang dibentuk dalam rangka berkoordinasi dalam hal pembangunan ekonomi dan lainnya agar tercipta keadaan dan tenteram sejahtera. Negara yang ada di dunia ini terbagi menjadi dua kategori, negara maju dan berkembang. Ketika suatu negara tengah mengalami kesulitan, maka negara lain baik negara maju atau berkembang harus saling bahu membahu. Sejarah Pendirian OECD Organisasi OECD dibentuk pasca perang Dunia II, yaitu sekitar tahun 1961. Dahulun

9 Daftar Pemimpin Dunia yang Dikenal Diktator


Pemimpin yang diktator adalah pemimpin yang memerintah negara atau wilayahnya dengan caranya sendiri, seperti menindas rakyatnya. Tak sedikit kepala negara yang memiliki sikap layaknya seorang diktator.


Biasanya pemimpin diktator naik tahta secara demokrasi dan ada juga dengan cara kudeta. Mereka akan membuat ideologi dan peraturannya sendiri. Jika rakyat menolak aturan yang telah dibuatnya, maka ia akan memberi sangsi yang berat.


Berikut beberapa daftar kepala negara yang gaya kepemimpinannya layaknya seorang diktator.


1. Kim Jong-un

Jika mendengar nama Kim Jong-un, apa yang pertama sekali yang terlintas dibenakmu? Tentunya pemimpin Korea Utara yang kejam. Kekejamannya sudah terlihat sejak masa jabatan sang kakek, Kim Il-sung.


Jika warga Korea Utara tak menuruti perintahnya, akan dijatuhi hukuman 7 turunan. Dengan alasan inilah tidak ada rakyatnya yang tidak patuh akan perintahnya. Aturan tersebut tidak hanya berlaku kepada warganya saja. Warga negara asing yang ketahuan melanggar aturan, mereka akan disiksa disana.


Bukti kediktatoran Kim Jong-un lainnya ialah dia tidak akan berpikir dua kali untuk meluncurkan roket kepada siapa pun yang membelot.


2. Soeharto

Pemimpin negara yang terkenal diktator berikutnya berasal dari Indonesia dan kamu pasti sangat mengenalnya. Ya, presiden yang dimaksud adalah Soeharto. Soeharto menjadi satu-satunya presiden yang memipin Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 32 tahun.


Dengan kekuatan yang dimilikinya, ia memusnahkan Partai Komunis Indonesia. Jika terdapat warga negara yang menentang kebijakannya, dengan tegas di penjara dan juga diculik, karena terindikasi termasuk golongan komunis.


3. Adolf Hitler

Hitler yang dilantik pada tahun 1933 sebagai kanselir Jerman dengan cepat mengkonsolidasi kekuatannya.


Posisi-posisi penting di birokrasi, seperti kehakiman, dan pemerintah provinsi diberikan kepada loyalis Nazi. Semua partai politik diberangus, segala aktivitas ekonomi, media, dan kebudayaan dikontrol oleh Nazi.


4. Saddam Hussein

Saddam Hussein merupakan mantan kepala negara Arab yang terkenal kontroversial karena menentang Amerika dan Barat. Ia juga melawan Iran dan pasukan multinasional di tahun 1980-an.


Presiden Arab ini dijadikan simbol ketangguhan Arab karena telah berani melawan agresi Barat.


5. Jacob Zuma

Pemimpin dunia yang diktator berikutnya adalah Jacob Zuma. Mantan Presiden Afrika Selatan ini dikenal sebagai dewa seks. Ia memiliki enam istri. Bahkan karena kebejatannya, ia dikabarkan telah beberapa kali memperkosa orang lain.


6. Bashar al Assad

Presiden diktator selanjutnya berasal dari Suriah bernama Bashar al Assad. Kepemimpinannya yang mengubah konstitusi membuat warganya menghadapi kesulitan. Caranya mengendalikan sebuah wilayah adalah dengan cara menggunakan militer.


7. Thaksin Shinawatra

Bak cerita sinetron dimana terdapat seorang pemimpin yang melakukan kejahatan dan menyembunyikan semuanya dengan apik. Begitulah yang dilakukan Thaksin Shinawatra yang merupakan menteri Thailand.


Dirinya dikenal sebagai pemimpin yang kejam. Ia tak segan-segan memberi hukuman penjara bagi siapa saja yang menentangnya. Kekejaman Thaksin Shinawatra yang lain adalah dia telah menyembunyikan semua bukti kekejamannya.


8. Mustafa Kemal Ataturk

Republik Turki dipromosikan pada tahun 1923 setelah kesultanan Usbani runtuh di tahun 1922. Mustafa Kemal Ataturk yang didaulat sebagai pemimpin kala itu langsung membentuk Partai Rakyat dan membentuk rezim partai tunggal.


Ataturk pernah bercita-cita menjadikan negaranya modern dan sekunder. Dan dengan menggunakan wibawa serta kharismanya, ia memperkenalkan program reformasi secara luas, termasuk penghapusan kekhalifahan, yang mendasari otoritas religius para sultan, dan institusi Islam.


9. Muammar al Gaddafi

Kepala negara yang bersikap diktator selanjutnya adalah Muammar al Gaddafi. Ia merupakan presiden egois, yang hanya memikirkan dirinya sendiri daripada rakyatnya.


Kesan yang diciptakannya selama menjabat lebih dari empat dekade tidak ada yang baik. Dia justru dikenal sebagai presiden yang buruk.


Itulah sederet pemimpin diktator yang ada di dunia ini. Kita hanya bisa berharap tidak ada lagi pemerintah seperti itu, agar rakyat bisa hidup aman, damai dan makmur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah