Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia, Ada Indonesia


Timah merupakan salah satu bahan atau unsur kimia yang disimbolkan dengan Sn pada tabel periodik.


Dalam kehidupan sehari-hari, timah dijadikan sebagai campuran untuk logam lainnya ketika akan menghasilkan sebuah benda. Timah banyak digunakan karena tahan terhadap karat, mudah dibentuk, bisa mencair, dan termasuk konduktor listrik yang baik.


FYI, timah memiliki warna yang sangat putih dan mengkilap seperti berwarna perak. Biasa timah bisa kamu jumpai pada lapisan baja yang diperuntukkan untuk keperluan industri otomotif dan listrik. Selain itu, bahan kimia ini juga dijadikan produk aluminium foil atau bahan pembuatan kertas / lapisan pembungkus makanan.


Namun tidak semua negara menjadi penghasil maupun pengekspor timah. Hanya ada beberapa negara yang menjadi komoditas timah tebesar di dunia. Berikut beberapa daftar negara yang menjadi pengekspor timah terbesar di dunia.


1. China

Hingga tahun 2021, negara Tirai Bambu ini telah menghasilkan timah sebanyak 91 ribu ton. Angka tersebut terus meningkat dari tahun sebelumnya yang sudah mencapai angka 84 ribu ton.


Produksi timah di China bertumbuh menjadi 8,33 persen. Meski demikian, negara tersebut masih memiliki cadangan timah sebanyak kurang lebih 1,1 juta ton.


2. Indonesia

Indonesia terpilih menjadi penghasil timah terbesar kedua di dunia. Hasil produksi tambang timah di Indonesia hingga tahun 2021, tercatat telah mencapai 71 ribu ton, yang artinya mengalami peningkatan 33.96 persen dari tahun-tahun sebelumnya.


3. Peru

Negara penghasil timah terbesar di dunia berikutnya adalah Peru. Meski memiliki perbedaan yang jauh dengan Indonesia, Peru tetap bisa menghasilkan timah sebanyak 30 ribu ton per tahun 2021. Dan sampai saat ini, Peru masih memiliki cadangan timah sebanyak 21 ribu ton.


4. Myanmar

Myanmar berada diurutan keempat sebagai negara penghasil timah terbesar di dunia. Anggota organisasi ASEAN ini telah menghasilkan timah sebanyak 28 ribu ton hingga tahun 2021.


Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Myanmar mengalami kenaikan hasil tambang. Karena tahun sebelumnya negara ini mengalami penurunan hasil tambang sebanyak 3,45 persen. Kini Myanmas sudah memiliki cadangan timah sebanyak kurang lebih 700 ribu ton.


5. Brasil

Negara penghasil timah terbesar di dunia selanjutnya ialah Brasil. Negeri Samba ini menghasilkan 22 ribu ton timah per tahun 2021. Hasil tambang tersebut mengalami pertumbuhan sebanyak 20,18 persen. Dan memiliki cadangan timah sebanyak 420 ribu ton.


6. Bolivia

Negara berikutnya yang menjadi penghasil timah terbesar di dunia yakni Bolivia. Negara tetangga Brasil ini telah menghasilkan timah sebanyak 18 ribu ton hingga tahun 2021. Dan kini telah memiliki cadangan timah kurang lebih 400 ribu ton.


7. Kongo

Kongo merupakan negara terakhir yang memiliki tambang timah dengan hasil yang dicapai kira – kira 16.000 ton per tahun 2021. Hasil tambang tersebut juga mengalami peningkatan, meski pernah turun sebanyak 7,51 persen.


Itulah daftar negara yang menjadi penghasil timah terbesar di dunia. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu seputar dunia pertambangan yang ada.

Posting Komentar

0 Komentar