Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei Darussalam

 


Sultan adalah kepala negara dengan kekuasaan eksekutif penuh, termasuk kekuasaan darurat sejak tahun 1962. Dilaporkan, Sultan Hassanal Bolkiah mengubah konstitusi Brunei untuk membuat dirinya sempurna di bawah hukum Brunei.

Tahukah kamu bahwa Sultan yang satu ini pernah dinobatkan sebagai raja paling tajir se Asia Tenggara. Kekayaannya mencapai US$ 28 miliar atau setara dengan Rp 411 triliun, dikutip dari Indonesiasia.com.

Penasaran dengan sosoknya? Dalam kesempatan kali ini, kami dan Jourdy Pranata akan membagikan informasi tentang biografi Sultan Hassanal Bolkiah, lengkap dengan pendidikan dan keluarganya. Langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Biografi Sultan Hassanal Bolkiah

Biografi Sultan Hassanal Bolkiah memiliki nama lengkap Jenderal Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah GCB GCMG. Sultan itu lahir pada 15 Juli 1946. Ia menjadi Sultan ke-29 yang di Pertuan Brunei Darussalam serta Perdana Menteri pertama Brunie Darussalam.

Sultan menerima pendidikan pertamanya di sekolah private di Istana Daru hana. Selanjutnya, Sultan melanjurkan sekolah menengah di sekolah utama Lembaga Victoria Malaysia di Kuala Lumpur, di mana saat itu dirinya bergabung dengan Korps Kadet (Band).

Setelah menerima pendidikan swasta di Brunei, Sultan melanjutkan studinya di Royal Akademi Militer Sandhurst pada Oktober 1967. Namun kembali ke rumah untuk menjadi Putra Mahkota beberapa bulan sebelum dirinya lulus.

Pada 1961, sebagai anak tertua, secara otomatis Sultan diangkat menjadi putra mahkota. Sultan Hassanal Bolkiah naik tahta pada 5 Oktober 1967, setelah ayahnya Almarhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien turun tahta secara sukarela. Profesi penobatan itu diadakan pada 1 Agustus 1968.

Acara itu diadakan secara besar-besaran, dan disambut dengan sukacita oleh rakyat Brunei, seperti tempat wisata di Turkmenistan. Tak hanya menjadi Sultan dan penguasa negeri Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah juga menjabat sebagai Perdana Menteri, Menteri Pertahanakan, Menteri Keuangan, sekaligus sebagai Kepala Agama di Brunei Darussalam.

Saat ini, Sultan memiliki satu istri yang bernama Majesty Raja Isteri Pengiran Anak Hajjah Saleha yang ditunjuk sebagai istri pertama. Mantan istri keduanya, Her Royal Highness Pengiran Isteri Hajjah Mariam merupakan mantan pramugari maskapai nasional, Royal Brunei Airlines (RBA) namun, kedua bercerai pada 2003.

Pada Agustus 2005, Sultan menikahi mantan presenter TV3 Malaysia, Azrinaz Mazhar Hakim, usianya saat itu 33 tahun lebih muda dari Sultan. Namun, kembali bercerai pada 2010. Dari ketiga istrinya, Sultan memiliki 12 orang anak.

Pendidikan

  • Sekolah pribadi di Istana Darul Hana.
  • Sekolah menengah di sekolah utama Lembaga Victoria Malaysia di Kuala Lumpur.
  • Sandhurst Royal Military Academy (1967).

Penghargaan

  • Gelar Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'Izzaddin Waddaulah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar 'Ali Saifuddien Sa'adul Khairi Waddien.
  • Gelar Yang Di-Pertuan Sultan Negara Brunei Darussalam.
  • Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Rusia.
  • Gelar Kehormatan Doktor Hukum dari Universitas Oxford, Inggris
  • Gelar Doktor Kehormatan Sastra dari Universitas Aberdeen, Skotlandia
  • Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Chulalongkorn Thailand.
  • Gelar Kehormatan Doktor Humaniora dan Budaya dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Republik Indonesia.
  • Gelar Doktor Kehormatan Hukum dari Universitas Nasional Singapura.
  • Gelar Doktor Kehormatan Hukum dari King's College London.
  • Gelar Doktor Kehormatan Philoposhy dan Humaniora dari Universitas Indonesia.

Demikianlah sekilas tentang biografi Sultan Hassanal Bolkiah. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca sampai selesai sambil bermain hantu slot.

 

Posting Komentar

0 Komentar