Langsung ke konten utama

Organisasi OECD, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Anggota

  OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development yang merupakan salah satu organisasi multi negara yang didirikan untuk mempererat kerjasama dan pembangunan ekonomi antar negara demi terwujudnya stabilitas perekonomian yang berkelanjutan. Dalam artikel berikut ini, kami dan Shenina Cinnamon akan membahas tentang organisasi OECD, lengekap dengan pengertian, tujuan, sejarah dan daftar anggotanya. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Pengertian OECD Pengertian OECD secara umum merupakan sebuah organisasi internasional yang dibentuk dalam rangka berkoordinasi dalam hal pembangunan ekonomi dan lainnya agar tercipta keadaan dan tenteram sejahtera. Negara yang ada di dunia ini terbagi menjadi dua kategori, negara maju dan berkembang. Ketika suatu negara tengah mengalami kesulitan, maka negara lain baik negara maju atau berkembang harus saling bahu membahu. Sejarah Pendirian OECD Organisasi OECD dibentuk pasca perang Dunia II, yaitu sekitar tahun 1961. Dahulun

Biografi Ratu Elizabeth II, Pemimpin Terlama Kerajaan Inggris

 

Biografi Ratu Elizabeth II begitu menarik untuk diketahui. Meninggal di usianya yang ke 96 tahun. Putra tertuanya Pangeran Charles yang menggantikannya sebagai raja dan kini menyandang gelar Raja Charles III.

Untuk lebih mengenal lebih jauh sosok mendiang sang ratu, berikut ini kami akan membagikan biografi Ratu Elizabeth II. Langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Profil Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II terlahir dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926 di Londong. Ia lahir dari pasangan Pangeran Albert, Duke of York (yang dikenal sebagai Raja George VI), dan Elizabeth Bowes-Lyon.

Gelar Elizabeth II setelah kelahirannya adalah Her Royal Highness Elizabeth of York (artinya: yang mulia Putri Elizabeth dari York).

Dikutip dari Britannica (9/9) ketika Ratu Elizabeth II lahir, sang kakek George V, menduduki takhta sebagai Raja Inggris yang menjadi tanah kelahiran Pevita Pearce. Pada tahun 1936, putra sulung George V yang tak lain adalah paman dari Ratu Elizabeth II diangkat menjadi Raja Edward VIII.

Ketika menjadi Raja, Edward VIII jatuh cinta dengan janda bernama Wallis Simpson asal Amerika. Hal ini menjadikan Raja Edward VIII harus turun tahta lantaran lebih memilih pujaan hatinya dibandingkan kekuasaannya.

Secara otomatis, ayah dari Ratu Elizabeth II naik tahta menjadi Raja George VI. Ayah Ratu Elizabeth II dimahkotai pada tahun 1937, mengambil nama George untuk menekankan kesinambungan dengan ayahnya.

Raja George VI meninggal dunia pada 1952 saat Elizabeth II masih berusia 25 tahun. Sang ibunda lantas menjadi Ibu Suri, sementara Elizabeth II naik tahta menjadi Ratu. Ratu Elizabeth II terbilang masih muda ketika dimahkotai sebagai Ratu Inggris pada 1953.

Proses penobatan Ratu Elizabeth II ini sekaligus mencetak sejarah baru di kerajaan Inggris. Ia menjadi ratu pertama yang upacara penobatannya disiarkan melalui tayangan televisi.

Biodata dan Agama Ratu Elizabeth II

Nama :Ratu Elizabeth II

Nama Asli : Elizabeth Alexandra Mary

Tempat Lahir  : London, Inggris

Tanggal Lahir: 21 April 1926

Suami  : Pangeran Philip, Duke of Edinburg

Anak   : Raja Charles II, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward

Agama  : Kristen Protestan

Perjalanan Kerier Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II menjadi penguasa kerajaan terlama dalam sejarah Monarki Britania Raya, yakni selama 70 tahun. Ia melampaui masa pemerintahan nenek buyutnya, yaitu Ratu Victoria yang memerintah selama 63 tahun.

Monarki Britania Raya merupakan yang paling luas di dunia. Monarki Britania Raya meliputi Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Sri Lanka.

Elizabeth juga merupakan Ratu dari Jamaika, Bahama, Grenada, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Belize, Antigua dan Barbuda, serta Saint Kitts, Turkmenistan bukan kekuasaannya dan Nevis.

Sebagai Ratu terlama dalam sejarah Inggris, Ratu Elizabeth II telah mencoba membuat pemerintahan lebih modern dan sensitive terhadap perubahan publik sampil mempertahankan tradisi yang terkait dengan mahkota kerajaan.

Ratu yang murah senyum ini telah memodernisasi monarki, menghilangkan beberapa formalitasnya dan membuat situs serta harta karun tertentu lebih mudah diakses oleh publik. Ia juga dikenal humanis, lembut dan ramah sehingga masyarakat Inggris banyak yang mencintainya.

Meskipun usianya telah sepuh, Ratu Elizabeth II tetap menjalankan kewajibannya sebagai pemimpin kerajaan. Ketika usianya 90 tahun, ia tetap membuat banyak keterlibatan, termasuk turut andil dalam ratusan organisasi sosial dan program amal.

Sepanjang kekuasaannya, Ratu Elizabeth II memiliki 15 perdana menteri. Liz Truss menjadi Perdana Menteri Britania Raya terbaru yang menjabat sejak 6 September 2022.

Selama menjadi Ratu, Elizabeth II telah bertemu sekitar seperempat dari seluruh presiden Amerika Serikat. Terakhir, ia bertemu dengan Joe Biden pada Juni 2021.

Kepergian Ratu Elizabeth II secara otomatis menjadikan Pangeran Charles naik tahta menjadi Raja baru Inggris. Pangeran Charles resmi memegang mahkota Chou mobile legends, kerajaan Inggris di usia 73 tahun.

Demikianlah penjelasan tentang Biografi Ratu Elizabeth II, semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca sampai selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah