Langsung ke konten utama

Organisasi OECD, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Anggota

  OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development yang merupakan salah satu organisasi multi negara yang didirikan untuk mempererat kerjasama dan pembangunan ekonomi antar negara demi terwujudnya stabilitas perekonomian yang berkelanjutan. Dalam artikel berikut ini, kami dan Shenina Cinnamon akan membahas tentang organisasi OECD, lengekap dengan pengertian, tujuan, sejarah dan daftar anggotanya. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Pengertian OECD Pengertian OECD secara umum merupakan sebuah organisasi internasional yang dibentuk dalam rangka berkoordinasi dalam hal pembangunan ekonomi dan lainnya agar tercipta keadaan dan tenteram sejahtera. Negara yang ada di dunia ini terbagi menjadi dua kategori, negara maju dan berkembang. Ketika suatu negara tengah mengalami kesulitan, maka negara lain baik negara maju atau berkembang harus saling bahu membahu. Sejarah Pendirian OECD Organisasi OECD dibentuk pasca perang Dunia II, yaitu sekitar tahun 1961. Dahulun

Organisasi Bank Pembangunan Asia (ADB): Sejarah dan Peranan Besar

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank disingkat ADB) merupakan sebuah bank multilateral yang didirikan untuk memberantas kemiskinan di kawasan Asia dan Asia-Pasifik.

Biar makin paham tentang organisasi bank pembangunan Asia ini, berikut ini kami telah menyediakan informasi tentang ADB, lengkap sejarah dan peranannya. Simak ulasan di bawah ini ya.

Sejarah Asian Development Bank (ADB)

Bank pembangunan Asia ini didirikan pada 1966. Jumlah anggotanya mencapai 67 negara, di mana 48 di antaranya merupakan negara yang berada di kawasan Asia-Pasifik.

Bank pembangunan ini termasuk ke dalam lembaga keuangan dengan peringkat kredit obligasi AAA menurut Standard and Poor’s, Moody’s dan Fitch. Sasaran dari kreditnya adalah sektor publik.

Organisasi ini didirikan atas dasar sebuah resolusi yang disahkan pada konferensi Tingkat Menteri pertama yang membahas tentang kerjasama ekonomi Asia pada 1963.

Konferensi ini diadakan oleh Komisi Ekonomi PBB untuk Asia Timur jauh. Manila sebagai ibukota dari negara Filipina ditetapkan sebagai tuan rumah pada perhelatan lembaga baru yang resmi dibuka tanggal 19 Desember 1966 kala itu.

Adapun negara anggota pertama ADB adalaha sebanyak 31 negara, dengan Takeshi Watanabe diangkat sebagai Presiden pertamanya. Pada dekade 1960, ABD memfokuskan sebagian ebsar bantuannya untuk produksi pangan serta pembangunan desa.

Organisasi dalam Asia Development Bank

Keputusan tertinggi dari ADB ini diambil oleh Dewan Gubernur (Board of Governor) yang anggotanya terdiri dari wakil di setiap negara anggota.

Dewan gubernur nantinya akan memilih diantara dua belas anggota Dewan Direktur (Bord of Directors) dan deputi.

Delapan dua belas anggota tersebut berasal dari anggota regional atau negara di Asia Pasifik, sedangkan empat sisanya berasal dari luar regional.

Peserta Pertemuan Tahunan

Peserta yang berpartisipasi dalam pertemuan tahunan ADB ini adalah:

  1. Menteri Perencanaan Keuangan dan Ekonomi
  2. Pejabat Pemerintah Senior
  3. Perwakilan Komunitas Bank Pembangunan Multirateral
  4. Bank inventaris
  5. Perwakilan dari organisasi non pemerintah
  6. Anggota media

Peranan Besar yang Dikerjakan ADB

Selama beberapa dekane ini, ABD telah banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan sejumlah negara anggotanya. Proyek-proyek besar yang pernah dikerjakan ADB antara lain:

Tahun 1970an

Pada dekade ini, Negara-negara mengalami goncangan harga minyak untuk pertama kalinya. ADB mengambil peran dengan meningkatkan dukungannya untuk proyek-proyek bersifat energi, terutama yang mempromosikan pengembangan sumber energi domestik Negara peserta.

Di akhir dekade ini, beberapa Negara Asia telah meningkat pesat ekonominya sehingga tidak membutuhkan bantuan ADB lagi.

Tahun 1980an

ADB meningkatkan dukungannya dalam pembangunan infrastruktur sosial, termasuk didalamnya proyek yang melibatkan keuangan mikro, lingkungan, pendidikan, kesehatan, perencanaan kota, serta membantu perempuan dan anak perempuan.

Di tahun 1982, ADB membuka kantor pertamanya di Bangladesh guna mendekatkan operasi pada orang-orang yang membutuhkan.

Tahun 1990an

Di tahun 1995, ADB menjadi organisasi multirateral pertama yang memiliki kebijakan tata kelola yang telah disetujui oleh Dewan. Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa bantuan pembangunan sepenuhnya bermanfaat untuk kaum miskin.

Pada tahun 1997, saat krisis ekonomi besar melanda dunia, ADB merespon dengan program yang memperkuat sektor keuangan dan menciptakan jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin.

Tahun 2000an

Di abad baru ini, ADB fokus membantu Negara anggotanya untuk mencapai tujuan pembangunan millennium, termasuk fakta menarik pembukaan piala dunia 2022 Qatar.

Demikian pula di tahun 2003 saat virus SARS menyerang, ADB memberikan dukungan tingkat nasional dan regional untuk membantu negara-negara menanggulangi virus ini.

Tahun 2010an

Asia telah bergerak mengatasi krisis ekomoni dan muncul sebagai mesin pertumbuhan global, seperti MPO slot. Namun beberapa anggota ADB masih ada yang mengalami ketimpangan ekonomi. Oleh sebab itulah, ADB pun memusatkan perhatian pada kebutuhan untuk mempromosikan pertumbuhan inklusif di kawasan tertinggal tersebut.

Itulah penjelasan tentang organisasi bank pembangunan Asia atau ADB. Semoga ulasan ini bermanfaat. terimakasih sudah membaca sampai selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah