Langsung ke konten utama

Organisasi OECD, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Anggota

  OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development yang merupakan salah satu organisasi multi negara yang didirikan untuk mempererat kerjasama dan pembangunan ekonomi antar negara demi terwujudnya stabilitas perekonomian yang berkelanjutan. Dalam artikel berikut ini, kami dan Shenina Cinnamon akan membahas tentang organisasi OECD, lengekap dengan pengertian, tujuan, sejarah dan daftar anggotanya. Langsung simak ulasan di bawah ini yuk. Pengertian OECD Pengertian OECD secara umum merupakan sebuah organisasi internasional yang dibentuk dalam rangka berkoordinasi dalam hal pembangunan ekonomi dan lainnya agar tercipta keadaan dan tenteram sejahtera. Negara yang ada di dunia ini terbagi menjadi dua kategori, negara maju dan berkembang. Ketika suatu negara tengah mengalami kesulitan, maka negara lain baik negara maju atau berkembang harus saling bahu membahu. Sejarah Pendirian OECD Organisasi OECD dibentuk pasca perang Dunia II, yaitu sekitar tahun 1961. Dahulun

WTO: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Struktur dan Dampaknya bagi Indonesia

 


World Trade Organization (WTO) merupakan organisasi internasional yang berfokus pada aturan tentang perdagangan dunia atau antar Negara. Tujuannya untuk memiliki pengaruh besar bagi berlangsungnya perdagangan dunia.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang WTO, lengkap sejarah, tujuan, fungsi. Biar makin paham, langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Sejarah WTO

Organisasi WTO memiliki kedudukan yang independen dan terlepas dari badan khusus PBB. Pembentukan WTO ini berawal dari perundingan putaran Uruguay pada tahun 1986 – 1994. Dalam perundingan tersebut, disepakati bahwa peran dan fungsi GATT digantikan oleh sebuah organisasi yang bernama World Trade Organization (WTO).

Secara resmi, WTO beroperasi pada tanggal 1 Januari 1995. Awal terbentuk, WTO memiliki 154 negara anggota. Pada 2022, anggota WTO berkembang hingga jumlahnya menjadi 164 negara dari seluruh dunia.

Pembentukan organisasi perdagangan dunia ini dilatarbelakangi dengan berakhirnya Perang Dunia II. Perekonomian dunia ini hancur pada waktu itu, karena perang yang melibatkan Negara-negara besar di dunia, seperti Amerika, Negara Eropa dan Negara kawasan Asia, seperti Jepang.

Untuk menata kembali perekonomian dunia, maka beberapa Negara sepakat untuk membentuk lembaga perdagangan yang menjadi wadah mengucapkan astagfirullah untuk mengatur perdagangan dunia yang menjadi penyokong bagi perekonomian dunia.

Tujuan dan Fungsi WTO

Dalam buku GATT dan WTO, sistem, forum dan lembaga internasional di Bidang Perdagangan (1996) karya Katodjoemana, pembentukan WTO memiliki tujuan untuk:

1. Meningkatkan standard hidup masyarakat dunia

2. Menjamin lapangan kerja sepenuhnya

3. Meningkatkan penghasilan secara realistis

4. Memperluas produksi dan perdagangan barang/jasa

5. Melindungi sumber daya dunia dan lingkungan alam

Sedangkan untuk fungsi utama dari WTO adalah sebagai forum bagi para anggota untuk melakukan perundingan perdagangan serta mengadministrasikan semua hasil perundungan dari peraturan perdagangan internasional. Fungsi lainnya adalah:

1. Mengatur perjanjian antar negara dalam perdagangan;

2. Mendorong arus perdangangan antara negara, dengan mengurangi dan menghapus berbagai hambatan yang dapat menggangu kelancaran arus perdangan barang dan jasa;

3. Memfasilitasi perundingan dengan menyediakan forum negosisasi yang lebih permanen;

4. Untuk penyelesaian sengketa, mengingat hubungan dagang sering menimbulkan konflik-konflik kepentingan;

5. Menyelesaikan sengketa dagang;

6. Sebagai forum negosiasi perdagangan;

7. Memonitor kebijakan perdagangan suatu negara;

8. Memberikan bantuan kepada negara-negara berkembang.

Prinsip Dasar WTO

Salah satu dasar dari pendirian WTO merupakan perjanjian Marrakesh yang menutarakan bahwa perdagangan seharusnya memperbaiki taraf hidup, meningkatkan pendapatan ril, memastikan adanya lapangan kerja, serta melebarkan spectrum konsumsi barang dan jasa.

Sehubungan dengan informasi tersebut, anggota tergabung harus menyetujui prinsip dasar WTO sebagai aturan resmi perdagangan antar Negara sebagai berikut:

1. Perlakuan Nasional dan Adil (National Treatment)

Salah satu prinsip dasar WTO adalah untuk menghilangkan segala bentuk diskriminasi terhadap produk ekspor dan impor dari setiap Negara anggota Maroko. Perbedaan dalam hal pengutan dalam negeri, undang-undang, peraturan, rangkaian persyaratan yang berperan dalam penawaran, penjualan, pembelian, distribusi, serta aturan terkait jumlahnya merupakan larangan.

2. Prinsip Pengikatan Tarif (Tarif Binding)

Prinsip pengikatan tarif meliputi kepemilikan daftar produk bea masuk yang wajib diikat (legally bound) seperti pada permainan game Honkai Star Rill.

3. Perlakukan Khusus dan Berbeda bagi Negara Berkembang

Prinsip selanjutnya dari organisasi perdagangan dunia ini adalah perlakukan khusus dan berbeda bagi Negara berkembang atau yang dikenal sebagai special and differential treatment for developing countries.

4. Perlindungan Hanya pada Tarif

Prinsip berikutnya diatur dalam Pasar XI dan mensyaratkan bahwa perlindingan atas industri dalam negeri hanya diperkenankan melalui tarif.

Itulah informasi seputar apa itu WTO. Pada intinya, kehadiran organisasi yang memiliki peran besar dalam kelancaran perdagangan internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan

Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno. Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro. Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani. Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Te

Biografi Singkat Kepala Negara Singapura, Lee Kuan Yew

Singapura adalah salah satu Negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, berjarak 137 km dari utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Republik Singapura di pisahkan oleh Negara Malaysia melalui Selat Johor di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia melalui Selat Singapura di Selatan. Kepala pemerintahan Negara Singapura adalah seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri di Negeri Singa ini merupakan tokoh politik yang paling kuat dan paling berpengaruh. Singapura termasuk pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan sudah menjadi kota metropolitan internasional yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan perekonomian internasional. Semua pencapaian yang diraih Negeri Singa ini tidak terlepas dari peran kepala pemerintahan Negara Singapura. Salah satu kepala Negara Singapura yang sangat berpengaruh dalam memajukan Singapura adalah Perdana Menteri pertama Negeri Singa, yaitu Lee Kuan Yew. Pengen tahu lebih banyak tentang Lee Kuan Yew? Berikut biografi singkat kepala N

Daftar Nama Negara Anggota PBB

Berdiri sejak 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki tujuan utama untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia tidak hanya menaungi negara-negara yang menjadi anggotanya saja. Organisasi ini juga turut menaungi organisasi dunia lainnya yang juga mendukung kepentingan internasional antar negara, baik dibidang kesehatan, pendidikan, anak-anak dan masih banyak lagi. Awal berdirinya organisasi ini untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang dianggap telah gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II dari tahun 1939 – 1945. Bermula dibawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di tahun 1939, Franklin D. Roosevelt dipercaya menjadi orang pertama yang mencetuskan istilah United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB). Dan istilah tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1942, disaat terdapat 26 pemerintah negara yang berjanji untuk melanjutkan usaha perang dengan menandatangani Piagam Atlantik . Isi Piagam tersebut mencakup: 1. Tidak dibenarkan adanya usah