Ticker

6/recent/ticker-posts

World Bank: Sejarah, Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

 


Nama World Bank pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita dan Gisella Anastasia. Pada dasarnya, bank dunia ini merupakan suatu organisasi internasional yang didalmnya memberikan dukungan dana, penasihat, dan juga penelitian untuk segera berkembang dalam memajukan ekonomi.

Tujuan organisasi World Bank adalah untuk mengentaskan kemiskinan di berbagai negara seperti Maroko, dengan pendapatan yang rendah dan menengah. Pada 2018 lalu, negara yang menerima pinjaman paling banyak dari bank dunia adalah negara India dan China.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang World Bank, lengkap dengan pengertian, tujuan, sejarah, dan fungsinya. Langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Sejarah World Bank

Awalnya, bank dunia dikenal sebagai International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Bank ini tergabung dalam bank dunia grup yang telah dikembangkan menjadi lima lembaga pembanguann yang terkait dengan erat.

Saat itu, pinjaman diberikan untuk membantu membangun kembali negara-negara yang hancur akibat Perang Dunia II. Namun, seiring waktu fokus bergeser dari rekonstruksi ke pembanguann dengan penekanan besar pada infrastruktur, seperti bendengan, jaringan listrik, sistem irigasi, dan jalan.

Berdirinya Internasional Finance Corporatioan (IFC) pada 1956, lembaga tersebut dapat memberikan pinjaman kepada perusahaan swasta dan lembaga keuangan lainnya untuk negara berkembang.

Pendirian International Development Association (IDA) pada 1960 memberikan penekanan yang lebih besar pada negara-negara miskin, bagian dari pergeseran yang mantap menuju pengentasan kemiskinan yang menjadi tujuan utama Grup Bank.

Peluncuran berikutnya yaitu International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) dan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) semakin melengkapi kemampuan Grup Bank untuk menghubungkan sumber daya keuangan global dengan kebutuhan negara-negara berkembang.

Lima Lembaga Bank Dunia

Terdapat lima lembaga internasional yang dimiliki oleh World Bank adalah sebagai berikut:

1. Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah suatu badan yang mampu memberikan pinjaman uang pada pihak pemerintah di dalam suatu negara yang memiliki pendapatan dalam kategori kelas menengah. Badan ini dibuat bersamaan dengan badan World Bank di tahun 1944 lalu.

2. Asosiasi Pembangunan Internasional

International Development Association (IDA) adalah suatu lembaga keuangan internasional yang mampu memberikan pinjaman dana pada pihak pemerintah negara dalam kategori negara berkembang dan miskin. Lembaga ini dibuat pada tahun 1960 agar bisa melengkapi lembaga IBRD, namun dengan sasaran yang berbeda, yakni negara-negara miskin saja.

3. International Finance Corporation (IFC)

IFC adalah suatu lembaga keuangan World Bank yang lebih fokus pada sektor privat, menyediakan investasi keuangan dan juga layanan konsultasi keuangan pada seluruh negara berkembang.

4. Badan Penjamin Investasi Multilateral

Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) adalah suatu lembaga yang bertugas dalam memberikan jaminan pada investor untuk melindungi investasi asing langsung dari resik politik dan juga dari non-komersial yang ada pada negara berkembang.

5. International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID)

ICSID adalah suatu lembaga yang melayani urusan arbitrase ataupun penyelesaian hukum dalam suatu sengketa investasi internasional.

Fungsi Bank Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bank dunia merupakan suatu lembaga internasional yang bertugas membantu berbagai negara dengan pembiayaan dan juga menjadi nasihat keuangan.

Tujuannya adalah guna membantu negara berkembang utnuk merancang pembangunan dan bisa membangun infrastruktur dan juga ekonomi agar bisa mengurangi tingkat kemiskinan pada taraf hidup warga negaranya yang tak bisa bermain game mobile legends.

Itulah penjelasan tentang World Bank. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca sampai dengan selesai.

Posting Komentar

0 Komentar