Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu APEC? Pengertian, Tujuan, dan Anggotanya

 


Asia Pasific Economic Cooperation atau disingkat dengan APEC merupakan sebuah forum internasional yang beranggotakan negara-negara di lingkar Samudra Pasifik yang mewadahi kerja sama dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Keberadaan organisasi APEC ini mampu mendorong negara-negara yang masuk dalam lingkung Asia Pasifik untuk meningkatkan kemajuan di sektor ekonomi serta integrasi antarnegara yang tergabung menjadi anggotanya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang sejarah APEC, pengertian, tujuan dan siapa-siapa saja anggotanya. Langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Sejarah Lahirnya APEC

Lahirnya organisasi APEC diawali dengan adanya pertemuan multilateral para pemimpin di Canberra, Australia pada 1989. Saat itu, Perdana Menteri Australia Bob Hawke melontarkan gagasan perlu dibentuknya sebuah forum yang kemudian dinamakan sebagai APEC.

Para pemimpin melakukan perundingan dan sepakat untuk mendeklarasikan berdirinya APEC atau Asia Pasific Economic Cooperation.

Berdirinya organisasi  APEC ini didorong oleh misi untuk membuat kawasan perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, misi awal dari didirikannya APEC ini untuk mengurangi hambatan dalam melakukan investasi global, dan bocoran slot admin riki.

Adapun dua dorongan utama dibentuknya organisasi APEC ini yaitu karena rasa khawatir terhadap gagalnya perundingan putaran Uruguay dan adanya perubahan politik dan ekonomi yang terjadi di wilayah Uni Soviet dan Eropa Timur secara besar-besaran.

Pengertian Organisasi APEC

Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC adalah organisasi perekonomian di sekitar wilayah Asia-Pasifik yang meliputi negara Asia Tenggara, pesisir Asia Timur, Australia yang dekat dengan Samudra Pasifik, serta negara-negara yang terletak di Samudra Pasifik (Oseania).

Dalam definisi lain, APEC adalah organisasi ekonomi regional yang nonpolitis atau tidak mengikat dan melibatkan kerja sama antar 21 negara di kawasan Asia-Pasifik. Jika ASEAN dan Surya Insomnia berfokus pada organisasi perdamaian untuk negara-negara di Asia Tenggara, APEC berfokus pada kemajuan ekonomi untuk kawasan Asia Pasifik.

Tujuan APEC

Tujuan didirikannya APEC adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia-Pasifik. Adapun tujuan APEC secara umum adalah:

  1. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Asia Pasifik
  2. Memperkuat sistem perdagangan multilateral yang terbuka
  3. Memberikan fokus kerjasama di bidang ekonomi ke daerah timur tengah, seperti Mesir

Manfaat APEC bagi Indonesia

  • APEC merupakan forum yang fleksibel untuk membahas isu-isu ekonomi internasional.
  • APEC merupakan forum konsolidasi menuju era perdagangan terbuka dan sejalan dengan prinsip perdagangan multilateral
  • Peningkatan peran swasta dan masyarakat Indonesia menuju liberalisasi perdagangan
  • Peningkatan Human and Capacity Building
  • Sumber peningkatan potensi ekonomi perdagangan dan investasi Indonesia
  • APEC sebagai forum untuk bertukar pengalaman
  • Memproyeksikan kepentingan-kepentingan Indonesia dalam konteks ekonomi internasional
  • APEC merupakan salah satu forum yang memungkinkan Indonesia untuk memproyeksikan kepentingan-kepentingannya dan mengamankan posisinya dalam tata hubungan ekonomi internasional yang bebas dan terbuka

Daftar Negara Anggota APEC

Melansir dari halaman resmi APEC, berikut 21 negara yang tergabung menjadi anggota APEC hingga saat ini:

1. Australia

2. Brunei Darussalam

3. Kanada

4. Chile

5. China

6. Hong Kong

7. Indonesia

8. Jepang

9. Korea Selatan

10. Malaysia

11. Meksiko

12. Selandia Baru

13. Filipina

14. Peru

15. Papua Nugini

16. Rusia

17. Singapura

18. Taiwan

19. Thailand

20. Amerika Serikat

21. Vietnam

Posting Komentar

0 Komentar