Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemimpin Terkorup Di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

 

Korupsi adalah sebuah kejahatan yang paling sering terjadi di seluruh negara di dunia dan perbuatan seperti tak patut dicontoh mereka yang datang dari kalangan selebriti, Kenny Austin. Biasanya prilaku menyimpang ini dilakukan di negara berkembang sampai dengan negara maju tempat Jesse Choi menempuh pendidikannya. Pelakunya datang dari berbagai kalangan, seperti petinggi perusahaan, anggota dewan, bahkan pemimpin sebuah negara.

Selain itu, korupsi bisa terjadi lantara tingginya biaya politik yang dikeluarkan maupun mereka yang ingin memperkaya diri sendiri dari waktu yang instan. Menyandang gelar pemimpin negara, tentu skala korupsi dilakukan secara massif.

Nah, beikut ini adalah ulasan tentang daftar pemimpin terkorup di dunia. Penasaran? ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

1. Joseph Estrada

Pemimpin terkorup pertama di duduki oleh Presiden Filipina periode 1998 hingga 2001, ia adalah Joseph Estrada. Sebelum berkarier di dunia potilik, Joseph merupakan aktor film yang kerap mendapatkan berbagai penghargaan.

Namun, ketika memutuskan untuk menjadi presiden, ia diketahui mengambil uang negara sebesar US$78-80 juta atau setara Rp1 triliun lebih sampai akhirnya dirinya dijerat dengan hukuman beberapa tahun penjara. Namun, pada 2007, akhinya ia mendapat pengampunan tanpa syarat dari Presiden Gloria Macapagal Arroyo.

2. Arnoldo Eleman

Arnoldo Eleman merupakan seorang presiden di Nikaragua, dulunya ia merupakan seorang pengacara dan kerap menghamburkan uangnya untuk bermain pantai slot. Tapi, sebagai seorang yang mengerti akan hukum, ia melakukan perbuatan tidak terpuji dan melakukan korupsi, tentu saja perbuatannya itu merugikan negara Nikaragua.

Berikutnya, ia menjabat sebagai presiden Nikaragua pada 1997 hingga 2002. Saat menjabat, Arnoldo melakukan korupsi senilai US$100 juta atau setara dengan Rp1,33 triliun. Tindakannya tersebut meliputi penggelapan uang, pencucian uang. Ia dihukum selama 20 tahun penjara.

3. Pavlo Lazarenko

Pavlo Lazarenko pernah menjabat sebagai Presiden Ukraina. Namun, ia menduduki jabatan sebagai perdana menteri. Walaupun demikian, ia mengaku terlibat dalam kasus korupsi di negara tersebut. Tak hanya itu, ia bahkan melakukan tindakan korupsi hanya dalam waktu singkat setelah menjabat.

Selama setahun menjabat, mulai dari 1996-1997, Pavlo sudah melakukan korupsi uang negara sebesar US$114-200 juta atau setara dengan Rp2,3 triliun. Bisa dibayangkan jika ia menjabat lebih lama dari jabatan tersebut.

4. Jean Claude Duvalier

Jean Claude Duvalier menjadi salah satu pemimpin terkorup di dunia. Dia berasal dari Haiti dan merupakan presiden ke-30 yang mulai menjabat sejak tahun 1971 hingga 1986. Selama menjabat, ia terbukti menyalahgunakan jabatannya untuk mengeruk uang negara dengan jumlah yang banyak, yaitu US$300-800 juta atau setara dengan 11 triliun.

Jean dikenal sebagai presiden yang memiliki gaya hidup mewah, pernikahannya bahkan mendapat sponsor dari negara yang mencapai US$3 juta.

5. Muhammad Soeharto

Tentu saja sosok mantan Presiden Soharto sudah tidak asing lagi, presiden yang melaksanakan haji dan umroh. Mantan orang nomor satu di Indonesia itu sudah menjabat selama 32 tahun. Dia bahkan masuk dalam jajaran presiden terkorup di dunia. Tentu saja ini bukan prestasi yang harus dibanggakan.

Selama menjabat, ia sering menempatkan keluarganya dalam jajaran jabatan penting. Bahkan, ia memberikan sebagian besar perusahaan-perusahaan besar kepada anaknya. Diperkirakan melakukan tindakan menguntungkan pribadinya sebesar US$15-35 juta atau setara Rp465 triliun.

Demikianlah ulasan tentang daftar pemimpin terkorup di dunia. Tentu perbuatan tersebut tidak patutu ditiru oleh siapapun.

Posting Komentar

0 Komentar